Cara Download Jurnal Gratis

Dalam era digital yang semakin maju seperti sekarang, pengembangan teknologi informasi telah memberikan kemudahan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah. Salah satu contohnya adalah jurnal. Jurnal adalah publikasi akademis yang berisi rangkuman penelitian ilmiah dari berbagai bidang atau disiplin ilmu. Jurnal seringkali dijadikan sebagai referensi dalam penelitian, tugas kuliah, skripsi, dan tesis.

Cara Download Jurnal Gratis

Namun, tidak semua orang memiliki akses untuk mengunduh jurnal karena terkendala biaya. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan cara download jurnal gratis dengan mudah dan legal. Terdapat beberapa situs web yang menyediakan akses gratis untuk men-download jurnal-jurnal yang berkualitas. Yuk, simak cara download jurnal gratis berikut ini!

Situs Web Universitas

Universitas seringkali menyediakan akses ke jurnal dengan cara mengintegrasikan perpustakaan digital di situs web mereka. Ada beberapa universitas yang memberikan layanan download jurnal gratis, seperti:

1️⃣. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) memberikan akses ke jurnal-jurnal akademik berkualitas melalui perpustakaan digitalnya, yakni UI Library. Caranya adalah dengan mengunjungi situs web resmi UI Library dan memilih sumber daya digital yang dibutuhkan.

2️⃣. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) memiliki layanan perpustakaan digital bernama Gama Media, dimana pengguna bisa mengunduh jurnal-jurnal akademik secara gratis.

3️⃣. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga (UNAIR) menawarkan akses ke jurnal-jurnal ilmiah internasional melalui situs web resmi UNAIR Library.

Situs Web Hosting Jurnal Gratis

Situs web hosting jurnal gratis biasanya dikelola oleh lembaga atau individu yang mengumpulkan jurnal-jurnal gratis dari berbagai sumber, seperti universitas, perusahaan, dan institusi riset. Beberapa situs yang dapat diakses untuk download jurnal gratis adalah:

1️⃣. JSTOR

JSTOR adalah salah satu situs web penyedia jurnal gratis dengan dua opsi, akses gratis dan berbayar. Dalam akses gratis, setiap pengguna bisa mengunduh sampai tiga artikel dalam rentang waktu dua minggu. JSTOR dapat diakses melalui link [JSTOR](https://www.jstor.org/).

2️⃣. Directory of Open Access Journals

Directory of Open Access Journals (DOAJ) menyediakan akses gratis ke jurnal-jurnal internasional dari berbagai bidang. DOAJ dapat diakses melalui link [DOAJ](https://doaj.org/).

3️⃣. PLOS ONE

PLOS ONE menyediakan ragam jurnal ilmiah dalam berbagai bidang secara gratis, terutama yang berfokus pada ilmu biologi dan kedokteran. PLOS ONE dapat diakses melalui link [PLOS ONE](https://journals.plos.org/plosone/).

Situs Web Repositori Jurnal Gratis

Repositori jurnal gratis biasanya dikelola oleh institusi yang menyediakan akses gratis ke jurnal-jurnal yang telah diterbitkan pada lembaga atau universitas. Berikut beberapa situs web yang menyediakan jurnal gratis dengan cara download:

1️⃣. PubMed Central

PubMed Central adalah situs web yang dikelola oleh National Institute of Health (NIH) dan menyediakan akses gratis ke ratusan ribu jurnal medis dan ilmiah gratis. PubMed Central dapat diakses melalui link [PubMed Central](https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/).

✓ TRENDING :  Cara Cek HP Vivo Asli atau Palsu

2️⃣. SciELO

SciELO adalah situs web penyedia platform berbasis repositori yang menampilkan jurnal-jurnal gratis dari Amerika Latin, Afrika serta Portugal dan Spanyol. SciELO dapat diakses melalui link [SciELO](http://scielo.org/).

3️⃣. Directory of Open Access Repositories (OpenDOAR)

OpenDOAR menyediakan akses ke jurnal-jurnal gratis dari berbagai disiplin ilmu, termasuk ilmu sosial, bisnis, dan teknologi. OpenDOAR dapat diakses melalui link [OpenDOAR](https://opendoar.org/).

Situs Web Portal Jurnal Gratis

Situs web portal jurnal gratis biasanya dikelola oleh lembaga yang menjalankan program untuk memfasilitasi akses gratis ke jurnal-jurnal ilmiah. Berikut beberapa situs web yang menyediakan jurnal gratis dengan cara download:

1️⃣. FreeFullPDF

FreeFullPDF memungkinkan pengguna untuk mencari, men-download, dan membagikan jurnal akademik secara gratis. FreeFullPDF dapat diakses melalui link [FreeFullPDF](https://www.freefullpdf.com/).

2️⃣. CORE

CORE adalah layanan pencarian jurnal ilmiah terbesar di dunia dengan lebih dari 135 juta artikel dalam database mereka. CORE dapat diakses melalui link [CORE](https://core.ac.uk/).

3️⃣. Google Scholar

Google Scholar menampilkan jurnal-jurnal ilmiah dari berbagai disiplin ilmu. Google Scholar dapat diakses melalui link [Google Scholar](https://scholar.google.com/).

Situs Web Jurnal Gratis dalam Bahasa Indonesia

Pengguna di Indonesia dapat dengan mudah men-download jurnal-jurnal gratis dalam bahasa Indonesia dari beberapa situs web, seperti:

1️⃣. Garuda Ristekdikti

Garuda Ristekdikti adalah portal yang dikelola oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Portal ini menyediakan akses gratis ke jurnal-jurnal ilmiah dan penelitian dari institusi dan universitas di Indonesia. Garuda Ristekdikti dapat diakses melalui link [Garuda Ristekdikti](http://garuda.ristekdikti.go.id/).

2️⃣. Jurnal Online UNIM

Jurnal Online UNIM adalah situs web yang dikelola oleh Universitas Negeri Makassar yang menyediakan akses gratis ke jurnal-jurnal akademik dalam bahasa Indonesia. Jurnal Online UNIM dapat diakses melalui link [Jurnal Online UNIM](http://ojs.unm.ac.id/).

3️⃣. Portal Garuda

Portal Garuda adalah portal yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Portal ini menyediakan akses gratis ke jurnal-jurnal ilmiah dari universitas di Indonesia. Portal Garuda dapat diakses melalui link [Portal Garuda](https://garuda.ristekbrin.go.id/).

Situs Web Jurnal Gratis dalam Bahasa Inggris dan Internasional

Jurnal-jurnal internasional dalam bahasa Inggris dapat dengan mudah diakses melalui beberapa situs web penyedia jurnal gratis. Berikut beberapa di antaranya:

1️⃣. SpringerOpen

SpringerOpen merupakan platform publikasi jurnal gratis dari Springer Nature, yang berfokus pada ilmu pengetahuan, teknologi, dan kedokteran. SpringerOpen dapat diakses melalui link [SpringerOpen](https://www.springeropen.com/).

2️⃣. Taylor & Francis Open

Taylor & Francis Open menyediakan akses gratis ke jurnal-jurnal ilmiah dari berbagai bidang, seperti sains, teknologi, ilmu sosial, dan humaniora. Taylor & Francis Open dapat diakses melalui link [Taylor & Francis Open](https://www.tandfonline.com/openaccess).

3️⃣. Wiley Open Access

Wiley Open Access merupakan platform publikasi jurnal gratis dari perusahaan penerbit Wiley. Situs web ini menyediakan akses gratis ke jurnal-jurnal ilmiah dari berbagai bidang, seperti biologi, kimia, kedokteran, dan teknologi. Wiley Open Access dapat diakses melalui link [Wiley Open Access](https://onlinelibrary.wiley.com/page/journal/20426480/homepage/openaccess.html).

Situs Web Jurnal Gratis Berbayar

Selain situs web penyedia jurnal gratis yang telah disebutkan, terdapat juga situs web jurnal gratis yang berbayar. Namun, biasanya situs web ini hanya memungkinkan pengguna untuk membaca abstrak, sedangkan untuk mengunduh jurnal secara penuh harus membayar. Beberapa situs web jurnal gratis berbayar yang dapat diakses antara lain:

1️⃣. Elsevier

Elsevier merupakan salah satu situs web jurnal gratis yang berbayar. Situs web ini menyediakan jurnal-jurnal berkualitas dari berbagai disiplin ilmu, seperti sains, teknologi, dan kedokteran. Elsevier dapat diakses melalui link [Elsevier](https://www.elsevier.com/).

2️⃣. ScienceDirect

ScienceDirect merupakan situs web penyedia jurnal ilmiah dan referensi yang berbayar. Situs web ini menawarkan akses ke jurnal-jurnal berkualitas dalam berbagai bidang, seperti biologi, kedokteran, dan teknologi. ScienceDirect dapat diakses melalui link [ScienceDirect](https://www.sciencedirect.com/).

3️⃣. Wiley Online Library

Wiley Online Library merupakan situs web penyedia jurnal ilmiah dan referensi yang berbayar. Situs web ini menawarkan akses ke jurnal-jurnal berkualitas dari berbagai bidang, seperti sains, teknologi, dan kedokteran. Wiley Online Library dapat diakses melalui link [Wiley Online Library](https://onlinelibrary.wiley.com/).

✓ TRENDING :  Cara Download Video di Twitter

Pertanyaan Pilihan :

1. Apa itu jurnal?

Jurnal adalah publikasi akademik yang berisi rangkuman penelitian ilmiah dari berbagai bidang atau disiplin ilmu.

2. Apa itu situs web hosting jurnal gratis?

Situs web hosting jurnal gratis biasanya dikelola oleh lembaga atau individu yang mengumpulkan jurnal-jurnal gratis dari berbagai sumber, seperti universitas, perusahaan, dan institusi riset.

3. Apa itu situs web repositori jurnal gratis?

Repositori jurnal gratis biasanya dikelola oleh institusi yang menyediakan akses gratis ke jurnal-jurnal yang telah diterbitkan pada lembaga atau universitas.

4. Apa itu situs web portal jurnal gratis?

Situs web portal jurnal gratis biasanya dikelola oleh lembaga yang menjalankan program untuk memfasilitasi akses gratis ke jurnal-jurnal ilmiah.

5. Apa itu situs web jurnal gratis berbayar?

Situs web jurnal gratis berbayar merupakan situs web yang memungkinkan pengguna untuk membaca abstrak jurnal, sedangkan untuk mengunduh jurnal secara penuh pengguna harus membayar.

6. Bagaimana cara download jurnal gratis?

Cara download jurnal gratis dapat dilakukan melalui situs web penyedia jurnal gratis yang telah disebutkan di atas. Pengguna bisa mengakses situs tersebut dan memilih jurnal yang diinginkan untuk di-download.

Dalam artikel ini, telah dijelaskan tentang cara download jurnal gratis secara mudah dan legal. Terdapat berbagai situs web penyedia jurnal gratis, seperti situs web universitas, situs web hosting jurnal gratis, situs web repositori jurnal gratis, dan situs web portal jurnal gratis. Dalam memilih situs web download jurnal gratis, pengguna harus memperhatikan kualitas jurnal dan legalitas situs web. Dengan men-download jurnal gratis dari situs web yang tepat, pengguna bisa menjelajahi pengetahuan berkualitas tanpa harus membayar biaya yang mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *