Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Aplikasi Perekam Layar PC

2 min read

Aplikasi Perekam Layar PC

Pada suatu kesempatan, seperti untuk merekam presentasi, game, membuat video tutorial, tentunya Anda membutuhkan sebuah aplikasi yang dapat merekam segala aktivitas dalam layar PC tersebut.

Dengan aplikasi perekam layar PC ini, maka segala kegiatan yang terlihat di layar PC dapat direkam dan bentuk filenya diubah menjadi video.

Aplikasi Untuk Merekam Layar PC Terbaik

Sebenarnya terdapat banyak aplikasi perekam layar PC yang bisa digunakan. Berbagai aplikasi ini sudah dirancang secara khusus agar mampu menyimpan rekaman pergerakan yang dilakukan.

Jika merasa bingung untuk memilih salah satu darinya, maka berikut penjelasan mengenai beberapa aplikasi untuk merekam layar PC yang dapat Anda sesuaikan.

1. VLC Media Player

Aplikasi Perekam Layar PC VLC Media Player

Selain berfungsi sebagai pemutar video, VLC Media Player juga dapat digunakan untuk merekam segala aktivitas yang dilakukan dalam layar PC. VLC Media Player ini juga tergolong dalam aplikasi perekam layar PC ringan.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa VLC Media Player ini banyak digunakan.

Tidak hanya itu, pengaturan perekaman yang perlu dilakukan juga tidak sulit sehingga mudah dipahami oleh para pemula. Jadi, Anda dapat memperoleh software pemutar video dan perekam layar PC dalam satu aplikasi.

2. Open Broadcaster Software

Dapat dikatakan jika Open Broadcaster Software merupakan salah satu aplikasi untuk merekam layar PC terbaik. Sofware ini bersifat multiplatform dan open source sehingga dapat dipasang pada berbagai platform seperti OSX, Windows, maupun Linux.

Antarmuka yang diusung dari software ini juga cukup sederhana sehingga mudah digunakan dan juga memiliki banyak fitur.

3. WM Capture

WM Capture adalah sebuah aplikasi untuk merekam layar yang dapat digunakan untuk merekam pada bagian tertentu.

Tidak hanya itu, software ini juga mempunyai fitur schedule recording sehingga Anda dapat menjadwalkan kapan PC memulai rekaman.

Jadi perekaman yang dilakukan akan berjalan secara otomatis tanpa perlu repot-repot menekan tombol record.

4. Action!

Software perekam layar PC bernama Action! ini memiliki kelebihan yaitu mampu melakukan perekaman dengan hasil video beresolusi HD.

Selain itu, aplikasi ini dapat melakukan siaran langsung secara real-time. Software ini juga mempunyai fitur yang berfungsi untuk mengambil gambar dengan tepat.

5. Windows 10 Game Bar / Game DVR

Jika sudah menggunakan sistem operasi Windows 10 pada PC Anda, maka tidak perlu kesulitan lagi jika ingin merekam aktivitas yang dilakukan pada layar.

Hal ini dikarenakan Windows 10 sudah menyediakan fitur yang bernama Windows 10 Game Bar atau Game DVR yang memungkinkan penggunanya untuk merekam segala aktivitas pada layar.

Tentunya fitur dalam sistem operasi Windows 10 ini sangat membantu Anda dalam membuat video berupa rekaman segala aktivitas yang ditampilkan pada layar PC tanpa perlu menggunakan bantuan dari aplikasi lain. Cara menggunakan fitur ini juga cukup mudah.

6. XSplit Gamecaster

Sesuai dengan namanya, XSplit Gamecaster ini merupakan aplikasi untuk merekam video yang sering digunakan oleh para gamers.

Aplikasi ini memiliki keunggulan berupa streaming yang kuat dan Anda dapat merekam layar sambil bermain game. Penggunaan dari aplikasi ini juga sangat mudah karena hanya perlu menekan satu tombol saja.

7. Nvidia GeForce Experience (ShadowPlay)

ShadowPlay merupakan hardware accelerated screen recording untuk platform PC bersistem operasi Windows yang menggunakan GPU GeForce besutan Nvidia.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah memiliki fitur perekaman mundur hingga 20 menit sebelumnya. Dengan ini, maka momen berharga yang sudah terlewatkan tetap dapat diabadikan dalam bentuk video.

8. DXTory

Selain ringan, DXTory ini memiliki tampilan antarmuka serta pengaturan yang sangat sederhana sehingga mudah digunakan bahkan oleh para pemula.

Aplikasi ini juga dapat mengangkat video pada kualitas tertinggi sesuai dengan PC yang digunakan. DXTory ini juga dapat merekam dua suara bersamaan dan diedit secara terpisah.

9. Bandicam Screen Recorder

Bandicam Screen Recorder termasuk dalam aplikasi untuk merekam layar PC yang paling populer, karena kemampuannya dalam merekam dengan bitrate dan framerate yang cukup tinggi.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk merekam video dengan kualitas 4K UltraHD. Meskipun kualitas video yang dihasilkan sangat tinggi, namun ukuran file video tersebut tidaklah besar.

10. CamStudio

Dapat dikatakan jika CamStudio merupakan aplikasi untuk merekam layar PC yang paling sederhana dan mudah digunakan pada PC berspesifikasi standar. Selain itu, aplikasi ini juga bersifat gratis.

Dengan download aplikasi perekam layar PC gratis ini, maka Anda dapat merekam segala aktivitas yang dilakukan dalam layar PC secara mudah.

Dengan menggunakan berbagai aplikasi perekam layar PC di atas, tentunya segala keperluan yang berhubungan dengan perekaman pada layar PC dapat dilakukan dengan mudah.

Anda hanya perlu memilih salah satu dari aplikasi di atas yang dirasa cocok dan nyaman digunakan.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *