Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop

2 min read

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop

Salah satu komponen penting dalam pemakaian laptop adalah aplikasi atau software. Aplikasi laptop biasanya bergantung pada aktifitas macam apa yang kerap dilakukan oleh pemakai laptop.

Kalau seorang desainer, jelas isi aplikasinya berupa macam-macam aplikasi desain. Berbeda dengan penulis, yang ragam aplikasinya tak terlalu banyak.

Kalau laptop sudah berisi aplikasi yang keterlaluan banyaknya maka laptop akan lemot. Sebagai penyikapan akibat terlalu banyak aplikasi, ada baiknya Anda mengetahui cara menghapus aplikasi di laptop agar kinerja laptop kembali normal.

Ketika menghapus aplikasi biasanya terdapat beberapa kendala, berikut kendala yang dimaksud serta langkah penyikapannya.

Menghapus Aplikasi yang Sulit Dihapus

Beberapa aplikasi biasanya ada yang sangat sulit untuk dihapus. Aplikasi-aplikasi semacam ini biasanya terpasang dengan sendirinya tanpa diketahui ketika mendownload sesuatu dari internet.

Namun tidak usah khawatir, berikut ada tips cara menghapus aplikasi di laptop yang susah dihapus agar laptop Anda bernafas lega.

• Menggunakan Windows PowerShell

Cara pertama ini hanya berlaku pada laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10.

Pada dasarnya Windows PowerShell merupakan layanan yang memang sengaja disediakan oleh Windows akibat seringnya aplikasi-aplikasi yang tersemat secara otomatis dari internet atau aplikasi bawaan yang sebenarnya tidak digunakan.

Pertama, temukan dulu software bawaan Windows ini. Caranya yang paling mudah ialah memanfaatkan kolom search di toolbar desktop. Ketik saja ‘windows powershell’. Jika sudah ketemu klik kanan lalu klik ‘Run As Administrator’.

Selanjutnya, ketika sudah masuk di Windows PowerShell klik ‘Get-AppPackage’ lalu tekan tombol enter. Langkah terakhir ialah menempelkan kode uninstal pada aplikasi yang telah dipilih sebelumnya.

• Gunakan Software Unlocker

Software Unlocker sangat mudah digunakan. Pemakaiannya pun tidak berbelit-belit, dan tanpa melakukan pencantuman kode aplikasi.

Unlocker marupakan software yang digunakan menghapus file apapun di dalam Windows, termasuk file yang sebelumnya sangat sulit dihapus.

Caranya Anda tinggal membuka software Unlocker kemudian saat sudah masuk akan ada tampilan list aplikasi-aplikasi di dalam laptop. Termasuk aplikasi di laptop yang tidak terbaca.

Jika sudah tahu aplikasi mana yang hendak dihapus tinggal klik dengan memilih delete. Di kolom pemberitahuan klik saja ‘Oke

Aplikasi Tidak Bisa Diuninstall

Menghapus aplikasi sama halnya dengan melakukan uninstall aplikasi yang terpasang di dalam laptop.

Cara klasik menganjurkan agar masuk ke control panel laptop untuk melakukan penghapusan, namun cara semacam ini tidak berlaku bagi beberapa aplikasi bandel.

Supaya tidak jengkel, inilah cara uninstall aplikasi yang tidak bisa di uninstall.

• Memakai Revo Uninstall Freeware

Menguninstall aplikasi yang tidak dikehendaki biasanya menuntut pengguna laptop memakai aplikasi tambahan. Contohnya Revo Uninstall Freeware.

Anda dapat mendownloadnya di internet dengan mengetikkan ‘Revo Uninstall Freeware’ di kolom search google.

Setelah mendownload, pasang terlebih dahulu Revo Uninstall Freeware di laptop. Jika sudah terpasang jalankan aplikasinya.

Ketika telah masuk di dalam aplikasi, silahkan pilih aplikasi mana yang hendak diuninstall dengan cara klik tombol uninstall. Nanti akan muncul tab baru, pilih mode ‘Advance’ dan klik scan. Selesai.

• Menggunakan Fixit Microsoft

Aplikasi tambahan lain yang dapat membantu menguninstall aplikasi yang tidak mau dihapus ialah Fixit Microsoft.

Anda dapat mendownloadnya secara bebas tanpa berbayar di internet. Apabila sudah terdownload silahkan pasang aplikasi di dalam laptop.

Cara menjalankan aplikasinya ialah Anda tinggal mengklik ‘Advance’ di awal aplikasi, lalu klik centang.

Selanjutnya Fixit Microsoft akan mengerjakan diagnose terhadap laptop untuk mencari aplikasi-aplikasi mana saja yang tidak terlalu dipakai. Setelah itu, silahkan klik uninstall pada aplikasi yang dimaksud.

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Windows 10

Mengingat pengguna laptop di Indonesia rata-rata memakai sistem operasi Windows 10 maka rasanya sangat perlu untuk menyampaikan tips sekaligus cara menghapus aplikasi pada laptop yang memakai sistem operasi Windows 10. Caranya sangat sederhana, berikut langkah-langkahnya.

  • Klik menu start yang berbentuk lambang Windows
  • Klik kanan pada program aplikasi yang hendak dihapus lalu klik Uninstall dengan cara masuk ke menu Program and Features
  • Akan terlihat list-list aplikasi yang ada di dalam laptop, silahkan klik aplikasi yang mau dihapus
  • Langkah terakhir ialah klik tombol uninstall. Silahkan tunggu beberapa saat, dan ikuti instruksi yang tersedia.

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop yang Tidak Ada di Control Panel

Inilah momen yang paling menjengkelkan ketika mau menghapus aplikasi laptop tapi aplikasi tersebut tidak berada di dalam control panel laptop pada menu Program and Features.

Hal ini terjadi biasanya akibat ketidakcocokan nama registry pada aplikasi dengan sistem. Tidak usah takut, masih ada cara untuk menyiasati problem ini.

  • Masuk regedit ke Hkey_Local_Machine/SOFTWARE/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Uninstall
  • Di situ kemudian rename registry key dengan nama yang cocok dan jangan melebihi 60 karakter
  • Klik pada key aplikasi yang hendak diuninstall
  • Double klik pada uninstallString
  • Copy ValueData
  • Masuk ke CMD
  • Paste value data yang telah dicopy
  • Klik enter. Maka proses uninstall sudah berjalan.

Demikian penjelasan cara menghapus aplikasi di laptop yang bisa Anda coba, Semoga berhasil. Salam Aksi Tekno!

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *