Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Cara Mengedit File Pdf

2 min read

Cara Mengedit File PDF

Apa Anda sedang mencari cara mengedit file pdf yang merupakan hasil scan atau ingin edit pdf ke word? Belakangan format PDF memang digemari semua kalangan.

Bukan karena tampilan yang menarik saja. Namun sistem proteksi yang dimiliki juga bagus dan menjanjikan. Mengkonversi file dokumen menjadi PDF bisa membuat file semakin aman meskipun dikirim via email atau media lainnya.

PDF juga dilengkapi adanya fitur password dengan 3 lapisan khusus yang hanya bisa dibuka orang tertentu saja. Sayangnya kelemahan PDF adalah sulitnya untuk menambah kalimat ataupun mengubah desainnya.

Meskipun demikian, Anda tetap bisa mengubahnya. Hanya saja tidak semua software support untuk mengedit file yang berjenis PDF ini.  Berikut cara mudah mengedit file PDF tanpa ribet.

4 Cara Mudah Mengedit File Pdf Hasil Scan

Bagi yang tidak mau ribet, tentu menscan buku adalah pilihan terbaik. Selain tidak perlu menulis ulang tulisan yang ada, Anda juga bisa mengedit hasil scan sesuai keinginan. Biasanya hasil scan itu adalah PDF.

Jadi yang dibutuhkan sekarang adalah cara mengedit file PDF hasil scan. Jika Anda bingung, berikut 4 cara yang bisa dicoba:

1. Memakai Software

Cara pertama yang paling mudah adalah dengan menggunakan software khusus yang dipakai untuk editor PDF hasil scan. Banyak softwarenya yang telah di rilis, Anda bisa download saja di internet. Berikut contoh software yang bisa dipakai:

  • Free OCR to Word, software ini disebut sebagai yang terbaik karena memiliki tingkat keakuratan yang besar, dimana bisa mencapai 99,8%. Bukan hanya itu, softwarenya juga mampu mempertahankan format asli pada dokumen yang Anda miliki.Cara Mengedit File Pdf Hasil Scan
  • GimageReader, untuk menggunakan software ini Anda juga membutuhkan Google Resseract OCR Engine untuk digunakan. Reader di software ini bekerja sangat baik karena mampu mendeteksi page layout secara otomatis.
  • Capture2text, softwarenya memiliki dua fungsi utama, yakni untuk tool screenshot dan menyalinnya ke clipboard Windows. Selanjutnya juga bisa dipakai untuk teknologi voice recognition untuk mengubah kata-kata menjadi text.

2. Memakai Microsoft Office OneNote

Cara Mengedit File PDF Hasil Scan Memakai OneNote

  • Bagi Anda yang sudah memiliki softwarenya bisa langsung membukanya
  • Buat dokumen baru dengan menekan Ctrl + N di keyboard
  • Selanjutnya pilih “Insert Picture” dan pilih gambar hasil scan yang ingin diubah teksnya.
  • Lalu klik kanan dan arahkan kursor ke pilihan “Copy Text From Picture
  • Selanjutnya pastekan ke aplikasi pengolah kata seperti Word atau Notepad

3. Memakai Situs Online

Jika malas install software tambahan, Anda bisa memanfaatkan layanan online OCR. Banyak layanan situs online yang bisa dipakai, salah satunya Free Online OCR.

Situs tersebut membantu untuk mengubah dokumen PDF, TIFF, PNG, JPG dan sebagainya. Aplikasi situs online ini juga bisa menampilkan sisi OCR yang cukup akurat berdasarkan page layout yang ada.

Nah, cara untuk mengedit menggunakan situs online ini begitu mudah. Anda tinggal membuka situs onlinenya saja. Berikutnya upload file yang mau dijadikan text.

Setelah selesai, Anda bisa melihat sendiri hasil OCR pada gambar dokumen yang tadinya sudah diupload. Disini Anda juga bisa mendownload hasil konversi dengan klik “Download” saja.

4. Menggunakan Software Berbayar

Cara mengubah dan mengedit file terakhir ini memang mirip dengan point yang pertama. Hanya saja jika yang pertama gratis, namun software yang kita pakai kali ini berbayar. Anda bisa menggunakan banyak software.

Namun yang akan dicontohkan disini adalah Nitro PDF Pro. Berikut cara editnya:

  • Siapkan file yang ingin diedit
  • Klik kanan file dan pilih “Convert to PDF with Nitro”. Tunggu sampai proses konversi selesai
  • Klik “Edit” dan pilih OCR
  • Pastikan outputnya adalah “Edittable Text” dan klik “Oke
  • Tunggu sampai prosesnya selesai
  • Nanti akan terbuka tab baru yang menampilkan hasil OCR
  • Selanjutnya Anda bisa edit file PDF tersebut kedalam Word, Notepad dan lainnya.

Cara Mudah Untuk Mengedit File Pdf Ke Word

Cara Mengedit File PDF ke Word

Untuk mengedit file PDF ke Word, Anda harus mengubah format file menjadi word dahulu. Cara mengedit file PDF ke Word ini hanya bisa dilakukan di Microsoft Word 2013 dan juga 2016 saja.

Dimana untuk mengedit file PDF, Anda hanya perlu mengubah filenya menjadi format *.doc ataupun *.docx saja. Berikut langkah mengedit file dan mengubahnya menjadi PDF ke Word:

  1. Buka dulu website konversi PDF online. Anda bisa menggunakan smallpdf.com, pdfonline.com, ilovepdf.com, freepdfconvert.com ataupun pdf2doc.com.
  2. Berikutnya Anda bisa upload file PDF yang Anda miliki tadi ke salah satu situs yang telah disebutkan tersebut
  3. Berikutnya klik tombol konversi ke format Word yang diinginkan
  4. Download file yang telah dikonversikan
  5. Selanjutnya buka Microsoft Word dan edit file sesuai keinginan

Meskipun memang bisa diedit, hanya saja fitur yang telah ada di Microsoft Word masih terbatas sehingga sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Mengingat fiturnya memang dikhususkan untuk mengedit secara sederhana saja. Bagaimana sangat membantu bukan cara mengedit file pdf yang telah kami berikan? Semoga bermanfaat.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *