Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Flashdisk 64 GB

2 min read

Flashdisk 64 GB

Flashdisk merupakan alat yang digunakan untuk melakukan penyimpanan data secara eksternal yang akan dihubungkan melalui port USB.

Untuk format penyimpanannya bisa menggunakan berbagai jenis format data serta mempunyai kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar.

Ada banyak pilihan kapasitas flashdisk yang bisa ditemukan, salah satunya seperti flashdisk 64GB.

Tips Menentukan Pilihan Saat Membeli Flashdisk

Penyimpanan data menggunakan flashdisk bisa disimpan secara permanen meskipun aliran listrik yang terdapat pada rangkaian flashdisk telah terputus.

Hal ini dikarenakan flashdisk sudah dilengkapi dengan memory dan controller yang dapat melakukan penyimpanan data secara permanen meskipun aliran listrik diputus oleh user.

Ada beberapa pertimbangan yang seharusnya dipikirkan dengan matang sebelum menentukan pilihan pada saat Anda hendak membeli flashdisk, diantaranya seperti berikut:

1. Merk Flashdisk

Langkah awal yang perlu dipertimbangkan yaitu pemilihan flashdisk berdasarkan dari segi merek. Untuk merek ini sangat berpengaruh terhadap kualitas dari flashdisk itu sendiri.

Sebaiknya pilihlah jenis merk flashdisk yang paling direkomendasikan supaya Anda tidak salah dalam memilih flashdisk.

Karena mengingat di pasaran banyaknya pilihan flashdisk yang bisa dipilih. Keunggulan Flashdisk Sandisk

2. Kapasitas Penyimpanan

Untuk kapasitas penyimpanan yang ditawarkan oleh flashdisk sangatlah beragam. Mulai dari flashdisk 1 GB hingga flashdisk 128gb.

Untuk masing-masing kapasitas penyimpanan memiliki harga yang tidak sama. Sebab itu agar tidak membuang uang dengan sia-sia, Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan maupun tujuan penggunaannya.

Jika Anda seringkali melakukan transfer dokumen, maka untuk kapasitas flashdisk 1 hingga 2 GB dirasa sudah cukup.

Apabila Anda menggunakan flash disk untuk kebutuhan transfer musik atau foto, maka kapasitas yang dibutuhkan 2 sampai flashdisk 8gb.

Lalu apabila Anda lebih banyak melakukan transfer film maupun video maka flashdisk yang dibutuhkan berukuran 64 GB atau lebih. Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk

3. Lihat Segi Kecepatan Transfer Data

Untuk kecepatan transfer data juga bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum Anda memutuskan melakukan pembelian flashdisk.

Apabila Anda ingin memiliki kecepatan transfer yang lebih cepat, pilihlah USB 3.0.

Bagian kecepatan transfer data ini memang sangat penting diperhatikan, karena hal inilah yang akan menentukan proses dari pemindahan data.

4. Perhatikan Body Flashdisk

Memperhatikan body flashdisk atau dari segi casing juga menjadi bahan pertimbangan, karena Anda disarankan untuk memilih casing yang berkualitas.

Jenis casing yang berkualitas tentunya mempunyai kekuatan dalam melindungi flash disk dari benturan ataupun pada saat flashdisk terjatuh. Dengan body flashdisk yang kuat maka akan menghindari flashdisk dari kerusakan.

Karakteristik Flashdisk

Setelah mengetahui beberapa cara dalam menentukan pilihan flashdisk terbaik dan berkualitas seperti di atas, maka Anda juga perlu mengetahui karakteristik dari flashdisk itu sendiri. Sementara flashdisk memiliki karakteristik seperti berikut:

  • USB flashdisk hanya dapat aktif apabila terdapat arus listrik yang dapat diperolehnya melalui port USB.
  • Ada sebagian flashdisk yang membutuhkan daya listrik lebih besar jika dibandingkan dengan yang lainnya.
  • Flashdisk mempunyai masa pakai atau memiliki umur yaitu 100.000 baca atau tulis maupun ketahanan mencapai hingga 10 tahun.
  • Memiliki kecepatan akses dalam membaca yang jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menulis. Misalnya saja flashdisk 16gb dapat membaca 16 MB/detik dan menulis 4 MB/detik. Akan tetapi untuk kecepatan membaca atau menulis pada setiap flashdisk memiliki perbedaan, karena tergantung merek dan jenisnya, serta kapasitas dari flashdisk itu sendiri.
  • Bagian defragment file yang terdapat pada flashdisk tidak dibutuhkan karena tidak mempengaruhi pada kecepatan akses.
Baca Juga : Flashdisk OTG

Cara Agar Flashdisk Tidak Mudah Rusak

Di balik dari kekuatan flashdisk dalam melakukan penyimpanan data, ternyata juga lebih mudah mengalami kerusakan.

Hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal, misalnya saja seperti terjatuh terendam terkena air, mendapatkan benturan yang keras, ataupun yang lainnya.

Ada beberapa cara supaya flashdisk tidak mudah rusak, diantaranya seperti berikut:

  • Hindari melakukan penyimpanan file dalam jumlah yang terlalu banyak. Apabila memungkinkan Anda dapat membuat format zip pada file tersebut. Hal ini dikarenakan semakin banyak file yang tersimpan di dalam flashdisk, maka untuk proses menulis flashdisk akan lebih banyak pula. Dengan hal ini maka akan sangat berpengaruh terhadap usia atau umur dari flashdisk.
  • Apabila file penting maka jangan mengedit dari flashdisk secara langsung. Akan tetapi Anda dapat mengcopynya di bagian komputer terlebih dahulu, kemudian mengeditnya. Apabila sudah selesai barulah Anda mengcopynya pada flashdisk.
  • Lepaskan flashdisk dari komputer apabila sudah tidak digunakan.
  • Untuk melepaskan flashdisk pada komputer harus melalui ejeck, sehingga jangan asal mencabutnya, karena hal ini dapat merusak flashdisk karena arus listrik.

Perlu untuk diketahui dengan baik bahwa untuk flashdisk memiliki umur serta kecepatan yang tidak sama antara flashdisk yang satu dengan yang lainnya.

Untuk itu bagi Anda yang ingin membeli flashdisk 64GB, jangan melihat dari segi harganya saja, akan tetapi Anda juga harus melihat di berbagai faktor lain supaya flashdisk yang Anda pilih benar-benar berkualitas dan sesuai kebutuhan.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *