Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Cara Download MP3 dari Youtube

2 min read

Cara Download MP3 dari Youtube

Youtube saat ini merupakan platform media dengan jumlah kunjungan terbanyak yang diakses selama 24 jam non-stop di berbagai belahan dunia.

Meskipun begitu, ia tetap tidak lepas dari fitur utamanya yang selalu menghadirkan berbagai konten musik yang menarik untuk dinikmati.

Untuk mengunduh konten tersebut tanpa video yang menyertainya, Anda perlu mengetahui mengenai cara download MP3 dari Youtube.

Cara Download dari Youtube ke MP3

Jutaan bahkan miliaran view seringkali menghinggapi berbagai konten video musik kesayangan penikmat musik. View tersebut didapatkan dari akses penikmat musik akan lagu-lagu dari artis-artis kesukaan mereka.

Sayangnya, ada beberapa kendala yang mungkin menjadi perhatian utama.

Yang pertama, konten tersebut harus dinikmati secara online, dan yang kedua adalah apabila didownload, file akan berukuran sangat besar.

Anda dapat mengatasi hal-hal tersebut dengan cara download lagu dari Youtube menjadi MP3.

Cara ini terbilang ampuh untuk mengatasi permasalahan kuota internet dan memori yang terus menghantui kaum penikmat musik.

Cara-caranya juga terbilang mudah dan sangat bervariatif, sehingga Anda bebas untuk memilih cara yang sesuai dengan keinginan dan ketersediaan Anda.

Berikut ini cara-caranya:

1. Cara Download Lagu dari Youtube Tanpa Aplikasi

Download lagu dari Youtube dapat dilakukan dengan mudah tanpa aplikasi. Namun, sebagaimana untuk mengakses konten yang diinginkan membutuhkan koneksi internet, cara ini juga tentu memerlukan koneksi internet.

Cara download dari Youtube ke MP3 tanpa aplikasi mengharuskan Anda untuk mengetahui URL atau Link dari konten yang ingin Anda download.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Akses konten yang Anda inginkan di Youtube, kemudian copy link yang tertera di kolom browser Anda.
  • Masuk ke situs penyedia layanan download dari Youtube ke MP3 seperti ytmp3.cc.
  • Paste-kan link URL yang sudah Anda copy tadi ke kolom yang tersedia. Apabila benar, maka konten yang Anda inginkan akan tampil di halaman web tersebut. Selanjutnya, Anda hanya perlu meng-klik pada tombol download pada layar Anda. Proses download akan segera dimulai.

2. Cara Download Lagu dari Youtube dengan Aplikasi

Untuk cara download dari Youtube ke MP3 dengan aplikasi dapat Anda lakukan lewat perangkat apapun yang Anda miliki, baik laptop maupun handphone.

Karena itu, cara ini akan terbagi menjadi dua bagian sesuai dengan jenis perangkatnya. Mari simak cara-cara tersebut dari langkah-langkah di bawah ini:

Untuk pengguna laptop atau PC, Ada beberapa jenis aplikasi yang dapat Anda pilih sebagai cara download lagu dari Youtube menjadi MP3.

Salah satu dari sekian banyak aplikasi tersebut adalah aplikasi bernama UMMY Video Downloader.

Jangan khawatir, sebab meskipun namanya “Video downloader”, aplikasi yang satu ini juga mendukung unduhan ke dalam bentuk MP3.

  • Bagi yang belum memiliki aplikasinya, Anda dapat mengunduhnya secara mudah dan gratis dengan mencarinya lewat kata kunci UMMY Video Downloader di Google. Setelah itu, lakukan langkah instalasi seperti pada umumnya.Cara Download MP3 dari Youtube
  • Apabila aplikasinya sudah terinstal, jalankan hingga Anda dapat melihat interface utamanya.
  • Seperti langkah sebelumnya, Anda harus meng-copy alamat atau link URL dari konten yang ingin Anda unduh. Salin URL tersebut, lalu paste-kan ke aplikasi UMMY Video Downloader yang sudah terbuka tadi.
  • Berikutnya, ubah format video tersebut menjadi MP3. Langkah selanjutnya, klik tombol download yang sudah tersedia di aplikasi tersebut. MP3 dari konten yang Anda inginkan akan segera terunduh dalam perangkat Anda.

Cara download lagu MP3 dari youtube melalui handphone juga tidak kalah mudah dengan download dari laptop atau PC.

Bahkan, cara ini terbilang sangat mudah untuk pengguna handphone terutama bagi mereka yang sudah sangat sering menggunakan handphone setiap harinya.

Apabila Anda salah satunya, simak langkah-langkah mengenai cara download lagu MP3 dari Youtube berikut ini:

  • Masuk ke dalam PlayStore bagi pengguna Android, kemudian lakukan pencarian aplikasi bernama “SnapTube”. Setelah Anda menemukannya, lakukan pengunduhan seperti pada umumnya.
  • Apabila aplikasi telah selesai diunduh, buka dan jalankan aplikasi tersebut.
  • Ketikkan judul lagu yang ingin Anda cari di kolom pencarian yang tersedia di aplikasi ini.
  • Apabila konten yang Anda cari sudah muncul, Anda hanya perlu menekan tombol download yang ada pada layar smartphone Anda. Sesaat kemudian, konten yang Anda inginkan akan terunduh pada perangkat Anda dengan format MP3 seperti yang Anda inginkan.

Selain SnapTube, ada juga beberapa aplikasi yang layak untuk Anda coba seperti VidMate, NewPipe, VideoDer, YT3, dan lain sebagainya. Aplikasi-aplikasi ini dapat dengan mudah Anda temukan di PlayStore Anda.

Mengenai cara-cara download MP3 dengan menggunakan aplikasi tersebut dapat Anda coba dengan mudah setelah Anda mendownloadnya.

Dengan adanya cara-cara yang sudah diberikan dan dijelaskan di atas, menikmati konten musik kesayangan Anda sudah bukan masalah lagi sekarang.

Ucapkan selamat tinggal pada pemborosan kuota dan memori, karena Anda dapat mendownload MP3 dari Youtube dengan mudah sekarang.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *