Cara Downgrade iOS

Apakah Anda ingin tahu cara downgrade iOS? Dalam panduan ini, kami akan membahas langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk kembali ke versi sebelumnya pada perangkat iOS Anda. Meskipun Apple tidak secara resmi mendukung downgrade, ada beberapa metode yang dapat Anda coba. Mari kita jelajahi cara downgrade iOS dengan langkah-langkah yang jelas dan mudah diikuti.

Sistem operasi iOS yang dikembangkan oleh Apple adalah salah satu sistem operasi mobile paling canggih dan aman di dunia. Namun, kadang-kadang pengguna ingin melakukan downgrade dari versi iOS yang lebih baru ke versi sebelumnya. Alasan umum untuk melakukan downgrade ini termasuk kesalahan sistem, masalah kinerja, atau tidak kompatibilitas dengan aplikasi tertentu.

1️⃣. Mengapa Downgrade iOS?

Cek Downgrade iOS

Sebelum kita melangkah ke langkah-langkah praktis, penting untuk memahami mengapa seseorang mungkin ingin melakukan downgrade pada perangkat iOS mereka. Berikut adalah beberapa alasan umum:

1. Kompatibilitas Aplikasi

Beberapa aplikasi mungkin tidak kompatibel dengan versi iOS yang lebih baru, terutama jika aplikasi tersebut belum diperbarui oleh pengembangnya. Jika Anda mengandalkan aplikasi tertentu untuk keperluan sehari-hari dan menemukan bahwa itu tidak berfungsi dengan baik setelah memperbarui iOS, Anda mungkin ingin melakukan downgrade.

2. Performa yang Buruk

Dalam beberapa kasus, pembaruan iOS baru dapat mempengaruhi kinerja perangkat. Mungkin ada penurunan kecepatan, respons yang lambat, atau masalah lain yang mengganggu pengalaman pengguna. Jika Anda merasa bahwa perangkat Anda tidak berjalan dengan lancar setelah memperbarui iOS, downgrade mungkin merupakan solusi yang baik.

3. Fitur yang Hilang

Pembaruan iOS terkadang dapat mengubah atau menghapus fitur yang digunakan secara aktif oleh pengguna. Jika Anda merindukan fitur tertentu yang dihapus dalam pembaruan terbaru, melakukan downgrade dapat memungkinkan Anda untuk mengakses kembali fitur-fitur tersebut.

4. Kerentanan Keamanan

Meskipun Apple terus memperbarui iOS untuk meningkatkan keamanan perangkat, terkadang ada kerentanan keamanan baru yang muncul dalam versi terbaru. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang kerentanan keamanan atau ingin memastikan bahwa perangkat Anda berjalan pada versi yang lebih stabil secara keamanan, downgrade bisa menjadi pilihan yang masuk akal.

2️⃣. Cara Downgrade iOS menggunakan iTunes

Salah satu metode yang umum digunakan untuk melakukan downgrade iOS adalah dengan menggunakan iTunes, perangkat lunak resmi dari Apple untuk mengelola perangkat iOS. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

1. Persiapkan Perangkat Anda

Sebelum melakukan downgrade, pastikan Anda melakukan cadangan penuh data perangkat Anda. Ini akan memastikan bahwa Anda tidak kehilangan data penting selama proses downgrade. Anda dapat melakukan cadangan menggunakan iTunes atau iCloud.

2. Unduh Firmware yang Sesuai

Kunjungi situs web ipsw.me dan temukan firmware yang sesuai untuk perangkat iOS Anda dan versi yang ingin Anda downgrade. Pastikan Anda memilih firmware yang kompatibel dengan perangkat dan versi iOS yang diinginkan.

3. Buka iTunes dan Sambungkan Perangkat Anda

Buka iTunes di komputer Anda dan hubungkan perangkat iOS Anda menggunakan kabel USB. Pastikan Anda menggunakan versi iTunes terbaru.

4. Masuk ke Mode Pemulihan

Untuk melakukan downgrade, Anda perlu masuk ke Mode Pemulihan. Caranya tergantung pada model perangkat Anda:

  • iPhone 8 atau versi lebih baru, iPad tanpa tombol Beranda, atau iPod touch generasi ketujuh: Tekan dan lepaskan tombol Volume Naik, kemudian tombol Volume Turun. Tahan tombol Sisi sampai Anda melihat layar Mode Pemulihan.
  • iPhone 7 atau iPhone 7 Plus: Tekan dan tahan tombol Sisi dan Volume Turun bersamaan. Tahan kedua tombol tersebut sampai Anda melihat layar Mode Pemulihan.
  • iPhone 6s atau model sebelumnya, iPad dengan tombol Beranda, atau iPod touch generasi keenam atau sebelumnya: Tekan dan tahan tombol Sisi dan Tombol Beranda bersamaan. Tahan kedua tombol tersebut sampai Anda melihat layar Mode Pemulihan.
✓ TRENDING :  Cara Cek Kuota Telkomsel

5. Pilih Perangkat dan Firmware

Setelah perangkat Anda berada dalam Mode Pemulihan, iTunes akan mendeteksi perangkat dan memberi Anda opsi untuk memulihkan atau memperbarui perangkat. Tekan tombol “Alt” (untuk pengguna Mac) atau tombol “Shift” (untuk pengguna Windows) pada keyboard Anda dan klik tombol “Pemulihan” di iTunes.

6. Pilih Firmware yang Telah Diunduh

iTunes akan meminta Anda memilih firmware yang ingin diinstal. Telusuri dan pilih firmware yang telah Anda unduh sebelumnya dari situs web ipsw.me.

7. Mulai Downgrade

Setelah Anda memilih firmware, iTunes akan memulai proses downgrade. Ini dapat memakan waktu beberapa saat, jadi pastikan komputer Anda terhubung ke internet dan tetap terhubung hingga proses selesai.

8. Tunggu dan Jangan Cabut Koneksi

Selama proses downgrade, penting untuk tidak memutuskan koneksi perangkat dari komputer. Biarkan iTunes menyelesaikan prosesnya dengan sendirinya. Perangkat Anda akan mulai memuat ulang beberapa kali selama proses ini.

9. Set Up Perangkat Anda

Setelah downgrade selesai, perangkat Anda akan memuat ulang dan kembali ke versi iOS yang lebih lama. Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan pengaturan awal dan pulihkan data Anda dari cadangan yang telah Anda buat sebelumnya.

Pertanyaan Pilihan Terkait Cara Downgrade iOS

  1. Apakah downgrade iOS dapat menyebabkan hilangnya data?

Ya, proses downgrade dapat menghapus semua data pada perangkat Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan cadangan (backup) data sebelum memulai downgrade.

  1. Apakah saya dapat melakukan downgrade iOS ke versi yang lebih lama dari yang ditawarkan oleh Apple?

Tidak, Anda hanya dapat melakukan downgrade ke versi iOS yang masih didukung oleh Apple. Anda tidak dapat menginstal versi iOS yang tidak lagi ditawarkan oleh Apple.

  1. Apakah melakukan downgrade iOS akan membatalkan jaminan perangkat saya?

Tidak, Apple tidak membatalkan jaminan perangkat hanya karena Anda melakukan downgrade iOS. Namun, jika ada masalah dengan perangkat Anda setelah downgrade, Apple mungkin tidak memberikan dukungan untuk masalah tersebut.

  1. Apakah ada risiko keamanan saat melakukan downgrade iOS?

Ya, ada risiko keamanan saat melakukan downgrade iOS. Versi yang lebih lama mungkin memiliki kerentanan yang telah diperbaiki dalam versi terbaru. Pastikan Anda selalu melakukan downgrade ke versi yang masih mendapatkan pembaruan keamanan.

  1. Apakah ada metode lain untuk melakukan downgrade iOS?

Ya, selain menggunakan iTunes, ada metode lain seperti menggunakan alat pihak ketiga seperti iMazing atau menggunakan jailbreak untuk melakukan downgrade. Namun, metode tersebut tidak direkomendasikan karena dapat berpotensi merusak perangkat Anda.

  1. Apakah saya dapat memperbarui iOS lagi setelah melakukan downgrade?

Ya, setelah melakukan downgrade, Anda masih dapat memperbarui iOS ke versi terbaru yang ditawarkan oleh Apple jika Anda menginginkannya.

  1. Apakah bisa melakukan downgrade aplikasi? 📲⬇️

Tergantung pada kebijakan pengembang aplikasi, tidak semua aplikasi memungkinkan downgrade. Sebagian besar aplikasi di App Store akan meminta Anda untuk mengupgrade ke versi terbaru. Namun, jika Anda memiliki salinan cadangan aplikasi yang lebih lama, Anda mungkin dapat menginstal versi tersebut melalui iTunes atau App Store jika masih didukung.

✓ TRENDING :  Download YouTube Tanpa Software

Downgrade iOS bisa menjadi pilihan yang berguna jika Anda menghadapi masalah dengan versi iOS yang lebih baru. Meskipun Apple tidak secara resmi mendukung downgrade, Anda dapat mencoba metode yang telah kami jelaskan di atas. Ingatlah bahwa melakukan downgrade dapat menghapus data Anda, oleh karena itu selalu lakukan cadangan sebelum memulai proses ini.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, Anda dapat kembali ke versi iOS yang lebih stabil dan kompatibel dengan perangkat Anda. Jangan ragu untuk mengikuti panduan cara downgrade ios ini jika Anda ingin menguji versi iOS sebelumnya dan mengeksplorasi fitur-fitur yang hilang dalam pembaruan terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *