Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

HP Lipat

2 min read

hp lipat

Mungkin bagi Anda, smartphone yang biasa digunakan saat ini, merupakan model HP yang paling canggih.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, muncul sebuah model HP baru yang mungkin dapat menggantikan posisi dari smartphone biasa. Smartphone ini, disebut dengan HP lipat karena bentuknya yang dapat dilipat.

Meskipun dapat dilipat, namun model HP terbaru ini tentunya berbeda dengan ponsel lipat yang dulu sempat banyak digunakan dan menjadi tren.

Ponsel ini, pastinya menggunakan sistem operasi Android dan juga layar sentuh untuk operasionalnya. Bahkan, saat ini sudah banyak produsen smartphone besar yang mulai merilis model ponsel lipat yang satu ini.

Kelebihan Ponsel Lipat

Perkembangan yang terjadi dari smartphone biasa menjadi HP lipat ini, tentunya membawa banyak perubahan.

Jika dibandingkan di antara keduanya, model ponsel yang satu ini memiliki beberapa keunggulan bagi para penggunanya.

Apabila Anda belum mengetahuinya, maka berikut ini beberapa kelebihan dari ponsel lipat yang perlu untuk Anda ketahui.

  • Kelebihan pertama dan yang paling menonjol adalah ukuran layarnya. Jika dilihat secara sekilas saja, sudah pasti smartphone lipat ini memiliki ukuran layar yang lebih dari smartphone biasa. Sama seperti halnya dua layar smartphone yang digabungkan menjadi satu perangkat.
  • Selain itu, spesifikasi yang digunakan oleh rata-rata smartphone lipat ini melebihi spesifikasi smartphone biasa. Bahkan terdapat berbagai macam fitur, yang mungkin tidak akan Anda temukan pada smartphone biasa. Tentunya, berbagai fitur yang ditambahkan tersebut akan membantu semua kegiatan Anda.
  • Kelebihan selanjutnya yang akan Anda temukan pada ponsel lipat ini, yakni bersifat multifungsi. Selain dapat digunakan layaknya smartphone biasa, Anda juga menggunakan model ponsel satu ini sebagai tablet. Maka dari itu, tidak heran jika Anda menemukan fitur tablet atau bahkan fitur PC dan laptop pada ponsel lipat ini.
  • Tidak hanya itu, mungkin Anda akan merasa kerepotan jika harus membawa tablet kemana-mana. Hal tersebut, kini sudah dapat ditangani dengan penggunaan ponsel lipat. Ketika ponsel ini dilipat, maka akan jauh lebih memudahkan Anda ketika membawanya.

Kekurangan Ponsel Lipat

ponsel lipat

Seperti yang telah diketahui, bahwa semua perangkat buatan manusia tidak ada yang sempurna.

Meskipun hadir untuk menyempurnakan model smartphone biasa, namun model ponsel yang satu ini tetap memiliki kekurangan yang perlu untuk Anda pertimbangkan.

Untuk itu langsung saja, berikut ini kekurangan dari ponsel lipat yang perlu Anda ketahui.

  • Kekurangan pertama yang mungkin akan rasakan yakni timbul dari lipatan ponsel tersebut. Lipatan ini, akan menimbulkan garis samar pada bagian layar ketika dibuka. Walaupun garis yang muncul dari lipatan tidak terlelu jelas, namun mungkin hal ini akan terasa cukup mengganggu bagi sebagian orang.
  • Penghubung antara layar satu dengan yang lain ini menggunakan sebuah kabel fleksi. Dengan begitu, Anda perlu berhati-hati ketika melipat HP tersebut. Jika terjadi kesalaha pada kabel fleksi yang digunakan, maka salah satu layar tidak akan dapat bekerja. Meskipun tetap dapat digunakan, namun hal ini akan mengurangi fungsionalitas dari perangkat tersebut.
  • Kekurangan selanjutnya dari ponsel lipat ini, yaitu terdapat pada banderol harganya. Sudah pasti, harga dari ponsel lipat ini relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan smartphone biasa. Hal ini dikarenakan teknologi yang digunakan serta berbgai macam fitur yang disematkan di dalam ponel lipat tersebut.
Baca Juga : Hp untuk Game

Rekomendasi Ponsel Lipat Terbaik

Hp Lipat Samsung Galaxy Fold

Jika Anda sudah mengetahui beberapa hal mengenai kelebihan serta kekurangan dari ponsel lipat seperti yang telah dijelaskan di atas, mungkin Anda masih tertarik untuk mencoba model smartphone terbaru ini.

Maka dari itu, berikut ini rekomendasi ponsel lipat terbaik yang mungkin dapat membantu Anda dalam memilih salah satu ponsel lipat yang paling tepat.

  • Huawei Mate X, sebuah ponsel lipat yang memiliki layar keseluruhan sebesar 8 inch. Ponsel ini dapat dilipat sebesar 6,6 inch pada bagian depan, dan 6,4 di bagian belakang. Smartphone ini menggunakan sistem operasi Android 9.0 (Pie) dengan RAM 8 GB dan memoeri 512 GB. Huwaei Mate X dibanderol dengan harga 37 juta.
  • Samsung Galaxy Fold, smartphone lipat dengan bentangan layar penuh 7,3 inch dan 4,6 ketika dilipat. HP Samsung lipat ini, menggunakan sistem operasi Android 9.0 (Pie) dengan RAM 12 GB dan ROM 512 GB. Untuk keperluan foto, HP ini telah dilengkapu dengan enam kamera yang siap untuk digunakan. HP Samsung Flip ini dibanderol dengan harga 28 juta.
  • Royole Flexpai, merupakan pendatang baru yang siap menggemparkan pasaran smartphone dengan mengusung HP lipat berlayar 7,8 inch. HP ini juga sudah mendukung jaringan 5G dan menggunakan sistem operasi Android 9.0 (Pie). Anda bisa mendapatkan HP ini dengan harga 18 juta.

Selain beberapa rekomendasi ponsel lipat di atas, sebenarnya masih ada Oppo dan Xiaomi yang akan meluncurkan ponsel lipat terbarunya dalam waktu dekat ini.

Untuk harga dan spesifikasi yang dibawa, baik Oppo maupun Xiaomi belum memberi keterangan yang lebih jelas lagi.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *