Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Cara Melihat Product Key Windows 10

2 min read

Cara Melihat Product Key Windows 10

Terkadang Anda membutuhkan product key pada Windows 10 yang Anda gunakan untuk berbagai macam kepentingan.

Akan tetapi, product ini tidak dapat diakses begitu saja karena merupakan salah satu identitas dari komputer. Untuk itu, Anda tidak perlu bingung lagi.

Berikut ini beberapa cara melihat product key Windows 10 yang dapat Anda lakukan.

Cara Melihat Product Key Windows 10 dengan Menggunakan NirSoft ProduKey

Cara pertama yang dapat Anda coba untuk melihat product key Windows 10, adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi yang bernama NirSoft ProduKey.

NirSoft ProduKey tersebut, merupakan sebuah aplikasi khusus yang dibuat untuk melihat berbagai macam product key dalam komputer, termasuk Windows 10 Anda. Maka dari itu, langsung saja berikut cara menggunakannya.

  1. Hal pertama yang perlu untuk Anda lakukan, tentunya adalah mendownload aplikasi NirSoft ProduKey terlebih dahulu.
  2. Setelah proses download selesai, maka ekstrak dan Anda dapat langsung membuka aplikasi tersebut.
  3. Ketika aplikasi ini berjalan, maka semua daftar aplikasi dan juga sistem operasi akan muncul lengkap dengan product key yang digunakan.
  4. Namun perlu untuk Anda ingat, bahwa Anda harus mematikan Antivirus terlebih dahulu sebelum menjalankan NirSoft ProduKey ini. Hal ini dikarenakan Antivirus akan mendeteksi aplikasi ini sebagai virus, karena mengambil product key akan dianggap sebagai suatu hal yang dapat mengancam sistem.

Cara Melihat Product Key Pada Windows 10 dengan Menggunakan Magical Jelly Bean KeyFinder

Aplikasi lain yang dapat Anda coba untuk melihat product key pada Windows 10 yang digunakan, yakni bernama Magical Jelly Bean KeyFinder.

Software yang satu ini memiliki fungsi yang sama dengan NirSoft ProduKey, yang berfungsi untuk melihat product key dari aplikasi yang digunakan. Berikut ini cara untuk menggunakan Magical Jelly Bean KeyFinder.

  1. Pertama, tentunya Anda harus mendownload aplikasi yang bernama Magical Jelly Bean KeyFinder terlebih dahulu.
  2. Sama halnya seperti NirSoft ProduKey, Anda juga harus mematikan Antivirus yang digunakan pada komputer Anda karena software ini akan dianggap sebagai Antivirus.
  3. Setelah itu, ekstrak Magical Jelly Bean KeyFinder dan jalankan aplikasi tersebut.
  4. Nantinya, halaman yang akan muncul pertama kali adalah Licence Agreement. Anda perlu mengubah menjadi “accept the agreement”, lalu klik pada opsi next untuk masuk ke tahapan yang berikutnya.
  5. Dalam jendela yang selanjutnya, silahkan Anda memilih lokasi dari instalasi yang dikehendaki. Anda dapat langsung mengklik next, jika tidak ingin mengubah lokasi instalasinya.
  6. Jendela yang selanjutnya, akan menyuguhkan tambahan tugas yang bisa Anda buat. Setelah menyesuaikan tugas tambahan tersebut, klik pada opsi next.
  7. Pada jendela “Ready to Install”, Anda dapat langsung mengklik opsi Install untuk memulai proses instalasi aplikasi yang satu ini.
  8. Jika proses instalasi sudah selesai maka, centang pada kotak “Lauch KeyFinder” dan klik pada opsi “Finish”.
  9. Setelah itu, aplikasi Magical Jelly Bean KeyFinder ini akan terbuka secara otomatis. Dalam kotak pada bagian kanan, akan muncul beberapa aplikasi yang terinstal pada Windows 10 Anda beserta product key-nya, termasuk juga dengan sistem operasi Windows 10 yang digunakan.

Cara Melihat Product Key Windows 10 Tanpa Software

Jika Anda tidak mau kerepotan untuk mendownload sofware guna melihat product key yang digunakan pada Windows 10 pada komputer Anda, maka Anda dapat mencoba cara yang satu ini.

Walaupun terbilang simpel dan mudah untuk dilakukan, namun Anda tetap harus melakukannya dengan benar agar tidak terjadi kesalahan. Untuk itu, berikut ini penjelasannya.

  1. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan, yakni dengan mengklik menu dengan logo Windows yang ada di bagian pojok kanan bawah.
  2. Kemudian pilih pada menu search yang posisinya berada di bagian desktop bar, tepatnya ada di sebelah tombol Start.
  3. Setelah itu, ketik “Activation” pada kolom search tersebut. Nantinya menu Activation akan tampil.
  4. Ketika menu Activation sudah tampil, Anda sudah dapat melihat deretan kode angka dalam keterangan product key. Itulah lokasi dari angka product key yang digunakan pada Windows 10 Anda.

Cara Melihat Product Key Windows 10 dengan CMD

Selain kedua cara di atas, sebenarnya Anda dapat melihat product key yang digunakan pada Windows 10 Anda dengan menggunakan CMD atau Command Prompt.

Anda perlu melakukan langkah-langkah dalam melihat product key ini dengan hati-hati agar tidak terjadi kesalahan. Maka dari itu, berikut cara untuk melihat product key Windows 10 dengan menggunakan CMD.

  1. Pertama, tentunya Anda perlu membuka CMD atau Command Prompt. Caranya dengan mengklik kanan pada Start Menu dan memilih opsi “Command Prompt (Admin)”. Selain itu, Anda juga dapat mengklik Start Menu kemudian mengetikkan “CMD” lalu klik pada pilihan teratas dan tekan enter.
  2. Setelah Anda menekan enter, nantinya CMD atau Command Prompt akan menampilkan product key yang berupa deretan angka alphanumeric yang saat ini Anda gunakan.

Dengan beberapa cara untuk melihat product key pada Windows 10 di atas, tentunya Anda sudah tidak perlu khawatir lagi jika suatu saat Anda membutuhkan product key ini.

Anda juga tidak perlu kerepotan mencari product key di internet ataupun DVD dari Windows 10 tersebut.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *