Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

VPN Windows 10

2 min read

VPN Windows 10

Mungkin sebagian besar dari Anda sudah mengetahui apa itu VPN. VPN atau singkatan dari Virtual Private Network ini, merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengakses internet dengan menggunakan server luar negeri.

Dalam sistem operasi Windows 10, sudah ada VPN bawaan yang siap untuk digunakan. Untuk itu, berikut ini beberapa hal mengenai VPN Windows 10.

Cara Setting VPN di Windows 10

Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan, bahwa dalam Windows 10 sudah ada VPN bawaan. Akan tetapi, VPN bawaan ini tidak dapat aktif secara otomatis dengan sendirinya.

Anda perlu untuk melakukan sebuah pengaturan atau setting, agar VPN ini dapat digunakan.

Maka dari itu, berikut ini langkah-langkah untuk mengaktifkan VPN bawaan dari Windows 10 yang perlu Anda ketahui.

  1. Langkah pertama, Anda perlu masuk ke menu Setting. Tentu saja untuk masuk ke menu ini, Anda perlu mengaktifkan Administrative Priviliges terlebih dahulu.
  2. Ketika sudah masuk di Setting, klik pada opsi “Network and Internet”. Nantinya akan muncul beberapa opsi lanjutan mengenai server dan juga internet yang digunakan oleh PC Anda.
  3. Pada bagian kiri Anda dapat memilih opsi VPN, maka setting pada VPN tersebut akan muncul.
  4. Setelah itu, pilihlah opsi “Add a VPN Connection”. Nantinya akan muncul jendela baru yang perlu untuk Anda setting.
  5. Dalam settingan ini, Anda pilih Windows (bulit – in) yang berada di bawah VPN Provider.
  6. Isikan nama dari Connection Anda.
  7. Lalu masukkan nama server serta alamat server yang akan digunakan
  8. Perhatikan di bagian bawah tulisan “VPN Type”. Pilihlah opsi “Point to Point Tunelling Protocol (PPTP)”.
  9. Kemudian di bagian bawah “Type of sign in info”, pilihlah satu opsi yang sesuai dengan keinginan Anda.
  10. Lanjutkan dengan memasukan username dan juga password apabila dibutuhkan.
  11. Pilihlah opsi “Remember my sign in info” jika Anda takut dengan password yang tadi telah dibuat.
  12. Langkah terakhir klik Save, maka VPN pada Windows 10 ini siap untuk digunakan.

Daftar VPN for Windows 10

Memang Windows 10 sudah dilengkapi dengan VPN bawaan. Namun, tidak sedikit yang menganggap bahwa VPN bawaan tersebut termasuk lambat dan pengaturannya cukup susah.

Jika Anda tidak mau kerepotan dalam mengatur server yang digunakan, maka dapat menggunakan beberapa free VPN for Windows 10 yang tersedia di internet sebagai berikut ini.

  • OpenVPN, merupakan VPN yang paling banyak digunakan. Hal ini dikarenakan Open VPN memiliki kecepatan yang stabil dan aman. Banyak situs di internet yang menyediakan layanan VPN free download for Windows 10, sehingga Anda dapat dengan mudah memperolehnya.
  • Windscribe, adalah sebuah alternatif bagi Anda yang ingin menggunakan paket VPN secara gratis dan dilengkapi dengan 10GB bandwidth. Banyak yang telah membuktikan bahwa kinerja dari VPN satu ini cukup cepat dan juga stabil.
  • Psiphon, mampu memungkinkan Anda untuk melewati batasan pada koneksi internet. Akses yang disediakan oleh Psiphon ini, bersifat lengkap, terbuka, serta tidak terbatas. Meskipun begitu, sistem keamanan yang digunakan juga cukup aman.
  • Hide.me, merupakan sebuah aplikasi VPN yang mampu membuat Anda benar-benar anonim dalam sebuah web. Jadi VPN ini akan menyembunyikan identitas serta lokasi Anda dalam internet.
  • Hola, sebuah VPN yang memberi layanan berbasis komunitas sehingga setiap penggunanya dapat saling membantu dalam sebuah konten di web. Berbeda dengan VPN yang lain, Hola menggunakan jenis jaringan P2P atau peer-to-peer.
  • SurfEasy, adalah VPN yang mampu melakukan unblock akses internet serta mengamankan koneksi situs Anda. Jadi meskipun Anda masuk ke situs yang telah diblokir oleh pemerintah, jaringan yang Anda gunakan tetap aman.

Jenis-jenis VPS Windows

VPS atau singkatan dari Virtual Private Server atau sering dikenal dengan Virtual Machines, merupakan sebuah server yang dapat diinstal sendiri serta dapat digunakan seperti Dedicated Server.

Di internet sendiri, Anda dapat menemui VPS Windows murah hingga yang mahal. Maka dari itu, berikut jenis VPS untuk Windows yang perlu diketahui agar tidak salah dalam membeli.

  • KVM (Kernel Based Virtual Machine), merupakan sebuah VPS yang mampu berinteraksi secara langsung dengan hardware yang digunakan. Oleh karena itu, VPS ini sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan visualisasi secara penuh.
  • OpenZ, merupakan jenis VPS yang menggunakan sistem operasi pada shared kernel. Dapat dikatakan bahwa VPS ini jarang digunakan pada situs-situs besar, dan rata-rata penggunanya adalah golongan menengah ke bawah.
  • HVM (Hardware Virtual Machine), mempunyai virtualitas yang berada pada tingkat kernel. Bahkan HVM juga memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk menggunakan hardwarenya secara penuh.
  • Hyper V, merupakan VPS besutan dari Microsoft. Jadi VPS ini sangat dianjurkan bagi para pengguna Windows karena cocok dengan sistem operasi yang digunakan. Akan tetapi, harga dari VPS ini tergolong mahal dan lebih mahal dari jenis VPS yang lain.

Jika Anda sudah mengetahui beberapa hal mengenai VPN Windows 10 serta VPS untuk Windows tersebut, tentunya Anda akan lebih nyaman dan aman ketika Anda menggunakan internet.

Namun, Anda tetap harus menggunakannya untuk hal yang positif dan bermanfaat.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *