Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Wireless Headphones

2 min read

Wireless Headphones

Perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti saat ini, tentunya mempengaruhi berbagai macam perangkat elektronik yang biasa digunakan.

Salah satu bentuk dari perkembangan ini, yakni hilangnya penggunaan kabel. Hal ini juga terjadi pada headset atau headphones, dengan terciptanya sebuah perangkat yang bernama wireless headphones.

Headphones wireless ini memiliki fungsi yang sama persis seperti headphones atau headset biasa pada umumnya.

Namun yang membedakan dari jenis headphones ini, yakni penggunaan kabel yang digantikan dengan jaringan bluetooth.

Tentunya perangkat tersebut memiliki keunggulan dan juga kekurangan. Ada baiknya, jika Anda mengatahui kedua hal tersebut sebelum menggunakannya.

Kelebihan Wireless Headphones / Headset

Terciptanya sebuah perangkat baru dengan segala pengembangan teknologi yang dilakukan, tentunya memiliki kelebihan yang dapat diunggulkan dari jenis perangkat yang lama.

Jika Anda belum tahu mengenai kelebihan yang dimiliki oleh headphones wireless ini, maka berikut ini beberapa informasil yang perlu untuk Anda ketahui.

  • Keunggulan utama yang dimiliki oleh jenis headphones atau headset ini, yakni sifatnya yang lebih praktis jika dibandingkan dengan jenis headphones tanpa kabel. Dengan ini, Anda dapat melakukan berbagai macam kegiata, seperti mendengarkan musik dan juga melakukan panggilan tanpa perlu menyentuh ponsel sama sekali.
  • Memiliki lingkup ruang gerak yang lebih luas. Tentunya hal ini sangat cocok bagi Anda yang sering melakukan aktifitas dengan mobilitas yang tinggi. Anda dapat menggunakan perangkat yang satu ini, tanpa perlu mengkhawatirkan panjang kabel dari headphoes atau headset tersebut.
  • Lebih aman untuk digunakan. Terkadang Anda akan menerima panggilan yang penting ketika berkendara. Nah, penggunaan headphones dengan kabel tentunya akan terasa ribet dan mengganggu konsentrasi Anda. Berbeda dengan jenis headphones wireless, penggunaan perangkat ini akan lebih simpel dan mudah.
Baca Juga : Download MP3

Kekurangan Wireless Headset / Headphones

Tentunya Anda sudah tahu, bahwa semua perangkat atau alat buatan manusia pasti memiliki kekurangan. Hal ini juga berlaku pada jenis headphones baru ini.

Jika Anda ingin beralih untuk menggunakan jenis headphones wireless, maka ada baiknya jika mengetahui kelemahan yang dimiliki terlebih dahulu.

Langsung saja, berikut ini kekurangan dari headphones wireless.

  • Ketika Anda hendak menggunakan headphone biasa, maka Anda hanya perlu langsung menancapkannya saja pada perangkat yang akan digunakan tanpa perlu memikirkan daya yang dibutuhkan. Akan tetapi, hal berbeda untuk penggunaan headphones wireless. Perangkat ini membutuhkan daya baterai dalam penggunaannya.
  • Penggunaan dari headset wireless ini, yakni dengan menggunakan bluetooth yang ada pada perangkat Anda. Maka dari itu, Anda juga perlu untuk memperhatikan versi bluetooth yang terdapat pada perangkat tersebut. Meskipun tetap bisa digunakan, namun jika versi bluetooth yang digunakan tidak sesuai, maka kinerja dari headphones tersebut tidak akan maksimal.
  • Untuk masalah harga, sudah pasti banderol harga dari jenis headphones wireless ini relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan harga headphones biasa. Meskipun terdapat produk headphones wireless yang memiliki harga murah, namun biasanya kualitasnya tidak akan sebagus headphones wireless pada umunya.

Cara Menggunakan Headset / Headphones Wireless

Setelah Anda mengetahui dan memahami beberapa hal mengenai kelebihan dan juga kekurangan dari penggunaan headset wireless ini, tentunya Anda sudah dapat memutuskan untuk menggunakan perangkat tersebut ataupun tidak.

Jika Anda hendak menggunakannya, maka Anda juga harus tahu caranya. Untuk itu, berikut ini cara untuk menggunakan headphones atau headset wireless.

  • Langkah pertama, nyalakan headset atau headphones wireless Anda dengan menekan tombol On / Off yang sudah disediakan. Jika lampu LED pada perangkat tersebut sudah berkedip, maka itu tandanya headphones sudah menyala dan siap untuk digunakan.
  • Setelah itu, Anda perlu mengaktifkan mode pairing. Untuk mengaktifkan mode tersebut, Anda dapat menekan lagi tombol On / Off selama beberapa detik sampai tampil kedipan LED warna biru atau merah, tergantung dengan merek headphones yang Anda gunakan.
  • Ketika Anda sudah mengaktifkan mode pairing, maka Anda perlu menyalakan bluetooth pada perangkat smartphone yang digunakan. Anda dapat mengaktifkannya melalui menu Settings ataupun secara langsung dari menu utama.
  • Setelah itu, tap pada opsi pindai perangkat. Hal ini dilakukan agar smartphone yang kamu gunakan dapat mendeteksi koneksi dari headset wireless tersebut. Untuk itu, pastikan bahwa nama koneksi dari headphones tersebut sudah ada pada pilihan koneksi yang tersedia.
  • Jika opsi nama dari headphones wireless sudah muncul, maka Anda dapat langsung mengklik pada opsi tersebut. Kemudian tap pada opsi “Connect”. Jika muncul pertanyaan mengenai PIN, maka Anda dapat mengisi kode “0000” pada kolom yang tersedia.
  • Headphones atau headset wireless sudah terkoneksi dengan smartphone dan sudah siap untuk digunakan. Anda sudah dapat mendengarkan musik, melakukan panggilan, ataupun berbagai kegiatan yang lain melalui headset atau headphones wireless tersebut.

Dengan menggunakan headset atau headphone wireless ini, tentunya akan membuat Anda lebih mudah untuk mendengarkan musik atau melakukan panggilan.

Namun hal yang perlu Anda perhatikan adalah daya dari headset tersebut. Pastikan dayanya terisi sebelum digunakan.

Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *