Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Cara Ganti Password Gmail

2 min read

Cara Mengganti Password Gmail

Gmail atau Google Mail merupakan salah satu layanan surat elektronik yang banyak dipakai oleh banyak orang.

Sebagai layanan e-mail, maka untuk masuk pengguna membutuhkan password agar bisa diakses secara penuh oleh diri sendiri.

Tahukah anda jika sebagai pengguna anda harus mengganti password secara berkala.

Berikut ini cara ganti password gmail secara mudah dan tepat yang akan kita bahas di bawah.

Pergantian password secara berkala perlu dilakukan untuk melindungi privasi email anda dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang berusaha untuk menjebol email untuk mendapatkan data anda.

Jika hal tersebut terjadi, bisa jadi data anda yang diperoleh dari gmail akan digunakan untuk hal-hal yang negative.

Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas beberapa cara untuk mengganti password gmail yang mudah dan tanpa ribet.

Namun sebelum menuju langkah-langkah ganti password, anda harus mengetahui terlebih dulu apa saja yang harus diperlukan.

Yang anda perlukan hanya satu, yaitu akses ke akun gmail berupa email dan password.

Langkah-langkah Ganti Password Gmail

  • Pertama, cara mengganti password gmail dilakukan dengan cara login terlebih dulu ke akun gmail. Anda bisa melakukannya menggunakan PC atau smartphone melalui browser atau aplikasi yang disediakan lainnya.
  • Setelah masuk ke situs gmail, masukkan alamat email anda beserta passwordnya.
  • Klik tombol berlogo gear pada bagian kanan atas, lalu pilih ‘Setelan’ atau settings.
  • Lalu pilih menu ‘Akun dan Impor’
  • Pada pilihan ‘ubah setelan akun’, pilihlah ‘Ubah Sandi’
  • Akan muncul tab baru. Di sini silahkan anda masukkan password Gmail (dulu) yang anda gunakan. Langkah ini menjadi verifikasi dari pihak Google bahwa benar yang ingin mengganti password gmail adalah anda, dan bukan orang lain. Klik ‘berikutnya’ untuk melanjutkan.
  • Masukkan password anyar untuk menggantikan password lama anda tadi. Isilah dalam kolom yang disediakan. Biasanya anda membutuhkan untuk mengetik sandi baru tersebut dua kali. Lalu klik tombol ‘ubah sandi’.
  • Selesai, password anda telah berubah
  • Untuk mengecek apakah password anda sudah berubah, silahkan melakukan pengecekan dengan cara login kembali gmail melalui perangkat atau browser berbeda, dan masukkan password baru anda.
  • Selesai.

Tips Membuat Password yang Tahan Diretas

Kata sandi atau password sangat penting karena kumpulan karakter tersebut adalah kata kunci yang kita gunakan untuk mengakses sebuah sistem yang terdiri dari banyak user, seperti misalnya pada gmail.

Karena pentingnya peran password sebagai kunci untuk masuk anda ke dalam sistem, maka dalam pembuatan password anda disarankan mengikuti tips-tips berikut ini.

  • Pakailah password unik pada setiap akun yang anda miliki, termasuk akun gmail. Password atau kata kunci tidak berisi kata-kata nyeleneh yang diketahui banyak orang. Usahakan anda sendirilah yang tahu password untuk akun anda, Usahakan juga bedakan password untuk akun satu dengan akun yang lainnya.
  • Gunakan Password Manager. Password Manager di sini adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk me-manage password anda dalam beberapa akun. Jika anda memiliki banyak password unik untuk beberapa akun dan sulit untuk mengingat-ingatnya, password manager akan menyimpankannya untuk anda. Contoh password manager adalah LastPass.
  • Waspada selalu serangan Phising. Phising adalah jenis serangan yang biasanya diluncurkan hacker untuk mengirimkan link yang disusupi kemampuan mengambil data. Kasus phising biasanya terjadi dengan mengirimkan link ke alamat email. Lalu pengguna tidak sengaja membuka email tersebut, maka data anda dapat diambil.
  • Seperti apa email-email yang mengandung phising? Contohnya adalah email-email yang mencurigakan dengan ciri-ciri: garis subjek email terlalu sederhana, email yang meminta data pribadi, email promosi gratis, email undian lotere, email dari keluarga yang meminta bantuan dan email yang memiliki ejaan dan tata bahasa buruk.

Tips tambahan untuk Mengamankan Akun Gmail dari Pencurian Password

Selain cara mengganti password gmail seperti yang sudah disinggung di atas, berikut ini adalah tips tambahan untuk pengamanan akun gmail anda agar terhindar dari pencurian password oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Pencurian ini dapat menyebabkan akun gmail anda di-hack dan data anda dapat digunakan oleh pihak tak bertanggung jawab untuk hal-hal negative.

  • Coba sign out semua session gmail anda
  • Verifikasi jika anda mengenali semua layanan dan orang-orang yang mengakses gmail anda.
  • Aktifkan 2-step authentication atau autentifikasi dua tahap pada gmail untuk melindungi akun anda. Verifikasi dua tahap penting dilakukan untuk mencegah pihak ketiga masuk meskipun mereka berhasil mencuri data kita. Ini bisa diibaratkan sebagai lapisan keamanan tambahan yang membuat akun kita sulit untuk di-hack.

Itulah beberapa cara ganti password gmail yang bisa anda ikuti langkahnya. Password gmail bisa diganti untuk alasan keamanan paling tidak dalam beberapa periode sekali, misalnya dalam 6 bulan sekali.

Anda tentu tidak mau akun gmail anda dihack karena tidak pernah mengganti password bukan? Semoga info yang kami bagikan memberikan banyak manfaat. Salam!

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *