Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Aplikasi Android Untuk PC

2 min read

Aplikasi Android Untuk PC

Pastinya Anda pernah berpikir jika sebuah aplikasi di platform Android akan lebih asyik jika dimainkan di laptop atau PC, misalnya saja seperti game mobile yang menjadi trend belakangan ini. Keinginan tersebut sekarang sudah dapat menjadi kenyataan karena ada beberapa aplikasi Android untuk PC mampu memaksimalkan jalannya permainan atau aplikasi Android.

Yang dimaksud dengan aplikasi Android pada PC ini yaitu semacam emulator seperti emulator play station yang memungkinkan para penggunanya untuk menjalankan sistem operasi Android dalam PC. Dengan emulator ini, maka segala app yang bekerja dalam OS Android dapat dijalankan pada PC. Oleh karena itu langsung saja, berikut daftar aplikasi atau emulator Android untuk PC.

Daftar Aplikasi Android Untuk PC

1. Bluestack

Aplikasi Android Untuk PC Bluestack

Dapat dikatakan bahwa Bluestack merupakan emulator Android yang terbaik. Hal ini dikarenakan pengguna dari aplikasi yang satu ini sangatlah banyak. Namun, jika Anda ingin menggunakan Bluestack secara lancar tanpa adanya lagging, maka komputer yang digunakan setidaknya memiliki RAM sebesar 2 GB.

Bluestack sendiri juga sering melakukan beberapa update untuk meningkatkan kualitasnya dan juga memperbaiki kerusakan pada versi yang sebelumnya. Untuk Bluestack versi terbaru, banyak yang telah membuktikan jika versi ini lebih cepat, stabil, dan memiliki fitur lebih banyak, sehingga sangat mendukung dalam menjalankan berbagai aplikasi Android, khususnya game.

2. Bluestack 3

Sebenarnya, Bluestack 3 adalah hasil pengembangan dari aplikasi atau emulator Android terbaik saat ini yaitu Bluestack. Dengan mendapat dukungan secara penuh dari Bluestack Gaming Platform, emulator Android untuk PC ini mampu memberi performa yang lebih cepat dan lebih baik dalam menunjang pengalaman ketika bermain game Android di PC.

3. AMIDuOS

AMIDuOS merupakan salah satu aplikasi Android untuk PC selain bluestack yang terbaik saat ini. Emulator ini memiliki kinerja yang sangat baik dalam berbagai keperluan seperti developer dan juga bermain game. Anda dapat download aplikasi Android untuk PC ini dan menikmatinya secara gratis dalam 30 hari. Kemudian diperlukan membeli dengan dua pilihan OS, yakni Jelly Bean dan Lollipop.

4. Andy

Jika AMIDuOS hanya dapat digunakan secara gratis dalam 30 hari saja, maka Anda dapat mengunduh dan menggunakan emulator Android bernama Andy secara gratis sepenuhnya. Andy akan menawarkan keleluasaan ketika mengeksplorasi berbagai fitur yang ada pada OS Android dalam platform PC, mulai dari aplikasi, launcher, game, dan juga instalasi akses root.

5. Android Studio

Android Studio Aplikasi Android Untuk PC

Penggunaan dari aplikasi Android Studio sangatlah disarankan bagi Anda para developer. Hal ini dikarenakan emulator tersebut sudah mendapat lisensi resmi secara langsung dari Google, sehingga cocok untuk menguji sebuah aplikasi maupun game. Namun perlu untuk diingat, bahwa emulator ini bukan pilihan terbaik jika hanya digunakan untuk mengakses sosial media dan bermain game saja.

6. KoPlayer

Dapat dibilang jika KoPlayer merupakan salah satu aplikasi baru dalam dunia emulator Android untuk PC. Untuk Anda yang ingin bermain game Android di PC, maka emulator ini dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat. Tentunya emulator yang satu ini sangat memiliki kelebihan jika digunakan untuk bermain game Android di PC jika dibandingkan dengan emulator lain.

Salah satu kelebihan utama yang dimiliki oleh KoPlayer adalah dimana Anda dapat mengubah tombol pada keyboard PC menjadi controller untuk beberapa game berbasis Android. Selain itu, proses penginstalan serta penggunaan dari aplikasi juga sangat mudah. Namun masih terdapat beberapa bug dikarenakan KoPlayer merupakan aplikasi baru dan masih dalam tahap penyempurnaan.

7. Genymotion

Genymotion merupakan sebuah emulator Android untuk PC yang mampu memberikan kemudahan untuk developer Android dalam pengujian sebuah aplikasi atau game dengan menggunakan beberapa perangkat sekaligus. Sejauh ini, Genymotion dapat menjalankan emulator smartphone seperti Nexus 6 dengan Android 6.0 ataupun Nexus One dengan Android 4.2.

8. MEmu

MEmu merupakan salah satu aplikasi atau emulator Android untuk PC yang sudah mendukung berbagai versi dari Android seperti Lollipop, KitKat, dan juga Jelly Bean. Salah satu fitur yang paling menonjol yaitu dukungan pada chipset AMD maupun Intel. Untuk penggunaan secara normal, MEmu sangatlah lancar untuk menjalankan berbagai macam aplikasi Androd di PC.

9. Nox

Nox Aplikasi Android Untuk PC

Salah satu emulator Android untuk PC yang paling digemari dan banyak digunakan adalah Nox. Hal ini dikarenakan Nox cukup ringan, namun mampu menawarkan berbagai macam fitur menarik, terutama fitur yang sangat membantu dalam menjalankan game Android pada PC. Dengan Nox ini, maka Anda dapat memainkan game Android dengan mouse, keyboard, bahkan joystick PC.

Dengan menggunakan aplikasi Android untuk PC diatas, maka keinginan Anda dalam menjalankan aplikasi atau bermain game yang lebih nyaman dengan PC akan terwujud. Namun tentunya penyesuaian spesifikasi komputer harus dilakukan agar aplikasi dapat tetap berjalan dengan lancar. Salam Gamers!

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *