Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

2 min read

Virus Shortcut

Virus merupakan salah satu hal yang sangat tidak disukai oleh para pengguna PC atau laptop. Bagi para pengguna PC atau laptop, virus ini adalah hal yang wajib untuk dibasmi.

Padahal, untuk saat ini sudah ada banyak sekali jenis virus yang beredar. Salah satu jenis virus yang sangat menyebalkan adalah virus shortcut.

Dapat dikatakan bahwa jenis virus yang satu ini cukup berbeda dengan jenis virus lainnya.

Sesuai dengan namanya, virus shortcut merupakan sebuah virus yang berbentuk shortcut seperti shortcut pada umumnya.

Hal ini tentunya sangat merepotkan karena virus ini cukup sulit terdeksi, apalagi Anda tidak menggunakan software antivirus pada PC atau laptop yang digunakan.

Dampak dari Shortcut Virus

Terciptanya sebuah shortcut virus, tentunya bukan karena tanpa sebab dan tujuan.

Virus ini memang sengaja diciptakan untuk mengganggu hampir semua kegiatan yang Anda lakukan melalui perangkat Anda.

Sebelum Anda mengetahui cara untuk menghapusnya, ada baiknya jika Anda tahu tentang dampak yang timbul dari keberadaan virus ini terlebih dahulu.

  • Virus ini akan mencoba untuk memantau proses yang ada pada memori. Dengan ini, maka virus tersebut akan memastikan bahwa tidak akan ada software antivirus ataupun software keamanan yang akan mendeteksinya. Kemudian, virus tersebut akan membuat aplikasi yang dituju menjadi error dan tidak dapat digunakan lagi.
  • Salah satu dampak yang timbul karena shortcut virus ini, yakni menyembunyikan semua file yang ada pada folde “My Documents”. Semua file yang ada di dalam folder tersebut, akan berganti menjadi sebuah file shortcut. Ketika Anda mengklik shortcut tersebut, maka dapat menimbulkan jenis virus yang lain keluar.
  • Dengan melakukan monitoring pada proses yang sedang berjalan, maka virus ini juga akan mencoba untuk terkoneksi pada IP remote server melalui file yang sudah terinfeksi. Hal ini, membuat perangkat Anda mendownload berbagai macam malware secara otomatis tanpa ketahuan oleh software keamanan atau antivirus.
  • Pada umumnya, jenis virus yang satu ini tidal melakukan blocking pada beberapa program Windows. Akan tetapi shorcut virus ini akan menggunakan cara lain agar tidak dapat dihapus. Salah satunya, yakni dengan cara melakukan modifikasi pada fitur Folder Options. Dengan ini, maka Anda tidak akan dapat mengetahuinya apalagi menghapusnya.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Pada PC

Jika Anda sudah mengetahui beberapa dampak buruk yang akan ditimbulkan oleh keberadaan dari shortcut virus tersebut, tentunya Anda juga perlu tahu cara untuk menghilangkannya.

Oleh karena itu langsung saja, berikut ini beberpa tahapan yang perlu Anda lakukan untuk menghilangkan shorcut virus ini dari perangkat PC Anda.

  1. Pertama, Anda perlu membuka menu Start. Lalu ketika tulisan “msconfig” pada kolom Cortana. Lalu pilihlah opsi System Configuration yang berada pada kolom hasil pencarian yang muncul.
  2. Setelah itu, klik pada tab Startup. Lalu pilihlah opsi bertuliskan “Open Task Manager” yang berada di bagian tengah halaman.
  3. Pada menu Startup tersebut, Anda perlu mencari sebuah file yang bernama nkvasyowxx.vbs. Jika sudah ketemu, maka Anda dapat mengklik kanan pada file tersebut. Nantinya akan muncul beberapa opsi yang dapat dipilih. Untuk itu, pilihlah opsi “Disable”.

Cara Menghapus Virus Shortcut Pada Laptop

Selain menyerang perangkat PC, shortcut virus ini juga sering menyerang laptop. Bagi Anda pengguna laptop, tidak usah khawatir lagi.

Hal ini dikarenakan ada cara untuk mengatasi permasalah mengenai shortcut virus tersebut.

Maka dari itu, Anda dapat mengetahui langkah-langkah yang akan dijelaskan sebagai berikut ini.

  1. Langkah pertama, Anda perlu membukan menu Start pada laptop Anda. Setelah itu, ketikkan “%temp%” pada kolom pencarian yang disediakan. Nantinya akan muncul sebuah folder yang bernama %temp% pada hasil pencarian. Klik untuk membuka folder tersebut.
  2. Ketika folder %temp% tersebut sudah terbuka, maka akan muncul banyak sekali folder dan file yang ada di dalamnya. Untuk itu, Anda perlu mencari dan memilih berkas yang bernama nkvasyoxww.vbs.
  3. Apabila Anda sudah menemukan berkas tersebut, maka Anda dapat langsung menghapusnya.

Dengan mengetahui cara yang perlu Anda lakukan untuk menghapus shortcut virus ini pada PC atau laptop, tentunya Anda sudah tidak usah khawatir jika perangkat yang digunakan sudah terinfeksi.

Untuk mengantisipasinya, sebenarnya Anda dapat mengupdate software keamanan yang digunakan. Selamat Mencoba, Salam Aksitekno!

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *