Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Hp Mati Total

3 min read

Hp Mati Total

Salah satu masalah klasik yang paling sering ditemui para pengguna smartphone dan mungkin menjadi masalah merepotkan adalah HP mati total.

Bisa dibilang masalah ini masuk dalam kategori kerusakan yang parah, ketika mengalami masalah lain ponsel tetap bisa menyala. Namun jika mati total, ponsel sudah tidak dapat digunakan lagi.

Ponsel yang mati total ini tidak memandang harga dan spesifikasi yang dimiliki, baik smartphone dengan harga murah hingga dibanderol dengan puluhan juta bisa mengalami kondisi mati total.

Terdapat beberapa kondisi yang bisa menyebabkan ponsel mati total, mulai dari ketika akan dinyalakan hingga saat dinyalakan.

Penyebab HP Mati Total

Berbagai kondisi bisa menyebabkan ponsel mati total, biasanya diakibatkan karena kerusakan yang terjadi di dalam perangkat.

Seperti misalnya komponen yang bermasalah hingga sistem mengalami kegagalan fungsi. Kondisi tersebut juga dibedakan menjadi dua, yakni kondisi mati total berat dan mati total ringan, berikut beberapa penyebabnya.

• Software Rusak

Bisa dibilang bahwa software bisa dibilang merupakan nyawa dari perangkat smartphone, jika terjadi kerusakan pada software ini akan berdampak pada sistem.

Jika sistem perangkat smartphone mengalami kerusakan maka bisa dikatakan bahwa penyebab ponsel mati total adalah karena kerusakan pada software, ini masuk dalam kategori mati total ringan.

• Masuk ke Air/Kena Air

Tidak sengaja atau sengaja masuk ke dalam air merupakan penyebab lain yang kerap dijumpai ketika ponsel seseorang mati total.

Pada umumnya, kondisi ini terjadi pada saat kehujanan atau memakai ponsel ketika berada di dekat kolam. Air yang masuk ke dalam perangkat bisa merusak komponen dan menyebabkan listrik konslet.

• Overlock

Kondisi overlock terjadi ketika perangkat secara langsung dan mendadak memberikan perintah untuk mematikan ponsel dan hal ini terjadi secara otomatis pada bios ponsel.

Overlock biasanya terjadi hanya ketika pengguna terlalu memaksakan pemakaian prosesor yang terdapat di dalam perangkat smartphone.

• Hardware Rusak

Salah satu penyebab ponsel mati total parah adalah adanya kerusakan yang terjadi pada hardware, jika komponen ini rusak maka sudah tidak dapat lagi yang bisa dilakukan.

Satu-satunya cara mengatasi ponsel mati karena hardware yang terdapat didalamnya rusak adalah mengganti komponen ponsel.

• Konslet

Kondisi konslet tidak hanya terjadi ketika ponsel masuk ke dalam air, tetapi juga bisa disebabkan hal lain.

Seperti penggunaan perangkat smartphone yang berlebihan, kondisi ini memberikan efek panas dan efek inilah yang memicu terjadinya konslet atau kondisi tidak normal arus pendek di dalam ponsel tersebut.

• Salah Charger

Terlalu lama dalam mengisi baterai ponsel, pemaksaan pemakaian charger yang tidak cocok bahkan charger yang tidak ori itu semua dapat merusak hp Anda.

• Baterai Hp Rusak/Aus

Pemakain baterai dalam kurun waktu lama dan terus menerus dapat menyebabkan baterai aus, atau bahkan Anda lalai tidak mecharger baterai, baterai sampai empty, maka semua itu bisa menjadikan sebab hp rusak bahkan hp mati total.

HP Samsung Mati Total

Produsen ponsel ternama tak membuat perangkat smartphone terhindar dari masalah. Terdapat beberapa kondisi yang terjadi ketika ponsel merek Samsung tiba-tiba mati total, seperti misalnya terlalu panas, memori internal habis hingga, terjangkit virus hingga kerusakan pada software.

• Terlalu Panas

Suhu normal pada smartphone ketika digunakan seperti misalnya untuk memainkan game dan aplikasi berat adalah dengan suhu 40 derajat celcius.

Ketika ponsel berada dalam suhu lebih dari itu maka jangan heran ponsel Samsung yang digunakan secara tiba-tiba mati total.

• Memori Internal Habis

Kondisi memori internal sangat berpengaruh pada performa ponsel Samsung, ketika kapasitas memori habis hal itu akan memengaruhi kinerja ponsel.

Pada umumnya, ponsel akan menjadi tidak responsif hingga membuat ponsel tiba-tiba mati dengan sendirinya.

• Masalah Software

Salah satu hal yang ditawarkan Samsung adalah adanya pembaharuan software pada setiap ponsel merek ini. Namun demikian, pembaharuan ini justru memberikan ponsel bug karena peningkatan yang belum sempurna.

Bug inilah yang akan mengganggu kinerja ponsel, tidak hanya itu yang lebih parah adalah mampu membuat ponsel mati total.

Tanda ketika masalah software menyerang ponsel adalah keluarnya tulisan Force Close dan sistem kerja ponsel akan berhenti.

• Virus

Sama seperti perangkat komputer, ponsel Android juga sangat memiliki kemungkinan terserang virus.

Virus yang menyerang pun bermacam-macam, mulai dari yang ringan hingga parah, yang paling parah sampai membuat kerusakan sistem dan membuat ponsel Samsung mati total secara mendadak atau tiba-tiba.

Cara Mengatasi HP Mati Total

• Lepaskan Baterai

Salah satu cara untuk mengatasi hp mati total bisa dengan langkah mudah berikut ini, yakni melepaskan baterai. Kemudian Anda coba pasang kembali, jika masih belum normal Anda bisa coba pakai baterai lain.

Masalah yang terjadi bisa sedikit serius ketimbang baterai yang mengalami lowbat, seperti misalnya ponsel masuk dalam proses booting dalam jangka waktu yang lama atau karena mengalami bootloop.

Cara yang bisa digunakan adalah dengan melepaskan baterai, namun biasanya terdapat ponsel dengan struktur baterai yang menyatu dengan bodi.

Untuk ini, pihak produsen telah menyediakan tombol khusus. Untuk mematikan daya ponsel secara paksa ketika dalam keadaan darurat bisa menekan tombol power dalam jangka waktu cukup lama.

• Lakukan Factory Reset

Proses melakukan factory reset ini dilakukan dari recovery mode, cara ini bisa dilakukan ketika ponsel masuk ke dalam booting seperti dalam kondisi nyala tetapi tiba-tiba mati dengan sendirinya.

Factory reset melalui recovery mode bisa menghapus semua data yang terdapat di dalam ponsel dan bisa segar kembali.

• Flashing Hp

Lakukan flash ulang hp Anda secara mandiri maupun ke jasa tukang service. Adapun terkait cara flash mandiri beberapa merk hp telah kami bahas di aksitekno.com

• Perbaiki ke Service Center

Jika Anda sudah melakukan berbagai cara untuk memperbaiki hp mati total namun hasilnya tetap Nihil, saran kami bawa dan perbaiki hp Anda ke service center resmi sesuai merek hp Anda yang lokasinya dekat dengan tinggal.

Mengapa demikian saran kami, karena jika Anda bawa ke jasa perbaikan hp lain/tidak resmi maka ada kemungkinan kerusakan hp milik Anda semakin parah bahkan tidak bisa dipakai kembali secara normal.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *