Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Aplikasi Perekam Layar Laptop

2 min read

Aplikasi Perekam Layar Laptop

Aplikasi perekam layar laptop sangat dibutuhkan penggunaannya pada kehidupan sehari-hari, terutama untuk kebutuhan presentasi, membuat tutorial atau sekadar mencari hiburan.

Merekam layar laptop membutuhkan suatu aplikasi pihak ketiga karena tidak bisa dilakukan sendiri. Berikut adalah beberapa aplikasi yang digunakan untuk merekam layar laptop rekomendasi dari kami.

Pada ulasan kali ini, tidak hanya nama-nama aplikasi, tetapi juga akan dijelaskan spesifikasi, fitur serta keunggulan dan kekurangan aplikasi perekam layar laptop. Apa saja aplikasi perekam layar laptop terbaik pada 2020 ini? Berikut daftarnya.

Action!

Action! Aplikasi Perekam Layar Laptop

Pertama, ada aplikasi perekam layar laptop bernama Action!. Aplikasi ini dikenal sebagai aplikasi perekam layar laptop yang mampu menghasilkan video perekaman dengan kualitas HD serta bisa melakukan perekaman secara real-time melalui fitur streaming.

Fitur ini memudahkan Anda saat menampilkan game untuk dimainkan sambil streaming pada platform tertentu.

Selain itu, bagi Anda yang berkecimpung di dunia editing video, Action! Menghasilkan file berformat AVI dan MP4 yang sangat mendukung bila masuk mesin editing seperti Adobe Premier Pro dan lainnya.

Beberapa keunggulan aplikasi Action! Seperti fitur dasar untuk perekaman layar, perekaman suara, dan juga fitur mengambil screenshot. Download aplikasi perekam layar laptop Actions! Untuk laptop windows melalui Google Search.

Bandicam Screen Recorder

Aplikasi Perekam Layar Laptop Bandicam

Bandicam Screen Recorder adalah aplikasi perekam layar laptop gratis selanjutnya yang bisa Anda coba pakai.

Keunggulan utamanya adalah aplikasi ini sangat populer di kalangan pecinta editing video serta bisa melakukan perekaman hingga kualitas 4K Ultra HD yang dikenal memiliki framerate dan bitrate tinggi lho.

Ditambah, aplikasi ini memiliki fitur untuk mengkompres video menjadi lebih kecil.

Meski demikian, bagi pecinta game, perekam layar PC atau laptop yang satu ini belum memiliki fitur untuk streaming yang terhubung ke berbagai platform sosial media.

Plus pada versi gratisnya, Bandicam Screen Recorder masih menyertakan watermark yang sangat besar, yang sangat mengganggu tampilan video bila diputar.

VLC Player

Aplikasi Perekam Layar Laptop VLC Player

Software berikutnya yang akan kita bahas tidak lain tidak bukan adalah VLC Player. Anda pasti sempat terkaget mendengar namanya masuk menjadi salah satu aplikasi perekam layar laptop terbaik.

Namun memang kenyataannya aplikasi player musik dan video ini memiliki fitur yang mendukung hal tersebut. VLC Player menyediakan fitur perekaman layar laptop yang bisa Anda atur secara mudah.

Berbagai fitur yang tersedia untuk perekaman layar laptop pada VLC Player adalah framerate, format output, codec dan lain-lain.

Walau demikian karena fungsi VLC Player juga menjadi aplikasi pemutar video, maka untuk fungsi perekaman layar cukup terbatas.

Misalnya VLC hanya bisa merekam pada layar fullscreen dan audio yang dihasilkan juga kualitasnya standar saja bila dibanding aplikasi lain. Link Download VLC.

XSplit Gamecaster

Aplikasi Perekam Layar Laptop XSplit Gamecaster

Bagi Anda para gamers yang sering melakukan streaming game pada platform media sosial tentu tidak asing dengan aplikasi XSplit Gamecaster.

Aplikasi ini meniad salah satu yang paling mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun. Keunggulan utama XSplit Gamecaster ini terletak pada fitur streaming yang stabil dan lancar saat digunakan.

Anda hanya tinggal menekan satu tombol saja untuk merekam layar laptop. Uniknya, XSplit Gamecaster akan menyesuaikan secara otomatis pengaturan konfigurasi dengan laptop yang Anda gunakan.

Ada pula fitur untuk mengedit video yang telah Anda hasilkan sehingga Anda tak perlu repot-repot mengedit video dari aplikasi lain lagi.

WM Capture

Aplikasi Perekam Layar Laptop WM Capture

WM Capture ini sangat berbeda dari aplikasi perekam layar laptop yang telah kita singgung sebelumnya, VLC Player. Aplikasi ini memecahkan masalah VLC Player untuk bisa merekam layar laptop sebagian saja tidak melulu fullscreen.

Selain itu, ada juga fitur scheduling record yang bisa menjadwal proses perekaman, sehingga Anda tak perlu memencet tombol saat perekaman dimulai.

File video yang dihasilkan WM Capture akan berformat MEG, WMV, AVI, DVD-ISO dan lainnya. Meski demikian, WM Capture juga memiliki kekurangan yakni belum adanya fitur live streaming yang terhubung sosial media.

Padalah untuk aplikasi serupa sudah banyak yang memiliki fitur tersebut untuk menunjang kebutuhan penggunanya terutama Gamers di Youtube.

OBS Studio

Aplikasi Perekam Layar Laptop OBS Studio

Aplikasi perekaman layar PC terakhir adalah OBS Studio. Singkatan dari Open Broadcaster Software ini memiliki keunggulan merekam video pada layar laptop sekligus menyiarkannya lewat streaming untuk berbagai platform online.

Sehingga tak heran bila aplikasi ini sangat menarik bagi Anda pegiat streaming game.

Beberapa fitur andalan OBS Studio lainnya adalah merekam desktop, merekam suara, ataupun merekam melalui kamera web (webcam).

OBS Studio menghasilkan hasil perekaman berformat FLV dan MP4 yang sangat mudah diedit bila masuk software editing video. Seperti Adobe Premiere Pro.

OBS Studio tersedia untuk berbagai sistem operasi dari mulai Windows, Os  sampai Linux.

Itulah beberapa aplikasi perekam layar laptop yang jadi rekomendasi. Unduh dan gunakan aplikasi tersebut untuk melakukan perekaman sendiri. Silahkan dicoba, semoga bermanfaat!

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *