Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Cara Format Flashdisk

2 min read

Format Flashdisk

Dari sekian banyaknya kasus, mengharuskan pemilik flashdisk harus melakukan format. Sementara cara format flashdisk bisa dilakukan sangat mudah, asalkan Anda mengetahui bagaimana melakukannya.

Di dalam kasus tertentu, terkadang flashdisk diformat karena write protect. Mengingat bahwa flashdisk memiliki peran yang sangat penting, maka apabila hal ini terjadi tentunya akan sangat mengganggu.

Flashdisk yang mengalami write protected pada biasanya tidak dapat membaca file. Bahkan tidak dapat digunakan untuk melakukan penyimpanan file.

Permasalahan seperti ini memang seringkali dialami oleh para pengguna flashdisk. Namun tidak perlu khawatir, karena masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini.

Cara Format Flashdisk Write Protected Melalui CMD

Flashdisk yang mengalami write protect ini maka akan sangat mengganggu para penggunanya dalam proses pemindahan. Hal ini seringkali terjadi karena adanya virus yang telah menginfeksi flashdisk.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini yaitu dengan melakukan format pada flashdisk. Untuk cara format write protected pada flashdisk ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Perlu diingat bahwa sebelum Anda mencoba melakukan format pada flashdisk, disarankan untuk mencabut flashdisk terlebih dahulu.

Setelah itu Anda bisa memasukkannya lagi untuk dapat memastikan bahwa atribut flashdisk telah ter-update pada status terbaru.

Cara format write protected flashdisk menggunakan CMD:

  • Silahkan tancapkan flashdisk, kemudian buka bagian CMD as admin.
  • Berikutnya Anda dapat menjalankan bagian Command Diskpart.
  • Selanjutnya Anda dapat menjalankannya dan menampilkan drive melalui list disk.
  • Perhatikan pada bagian nomor drive yang terdapat dalam USB flashdisk.
  • Untuk selanjutnya, silahkan mengetikkan “command Attributes Disk” supaya mendapatkan detail bahwa untuk flashdisk telah terproteksi yang sudah ditandai pada status read only yes.
  • Apabila sudah berhasil, maka Anda bisa mendapati report attributes cleared succesfully.
  • Silahkan cek sekali lagi untuk memastikan bahwa disk yang telah Anda pilih tersebut adalah flashdisk. Pastikan bahwa Anda tidak salah, karena apabila salah tentu hal ini dapat format dari drive yang lain. Ada baiknya jika Anda menandai bagian disk yang telah terpilih dengan tanda bintang.
  • Apabila Anda sudah yakin, maka silahkan lakukan format flashdisk dengan cara mengetik “command clean”.
  • Untuk proses format selanjutnya silahkan memilih “Create Partition Primary”.
  • Tunggu sampai proses selesai dan flashdisk sudah bisa digunakan.

Aplikasi Format Flashdisk

Seperti yang sudah diketahui, bahwa untuk aplikasi format yang terdapat pada Windows memang tidak akan selalu bisa digunakan untuk memformat USB flashdisk secara benar.

Sementara untuk pemformatan secara standar bukan menjadi solusi. Terlebih lagi apabila tabel file yang terdapat di dalam penyimpanan sudah mengalami kerusakan.

Untuk cara alternatif yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan aplikasi untuk memformat flashdisk. Untuk mengetahui apa saja aplikasi yang bisa digunakan, berikut ini penjelasannya:

1. Storage Format Tool USB Disk

Melalui aplikasi ini maka lebih memungkinkan para penggunanya untuk melakukan format USB flash drive yang terdapat di dalam Windows secara benar dan cepat.

Untuk penggunanya bisa menentukan bagian sistem file yang terdapat pada flashdisk. Misalnya saja FAT, FAT32, NTFS atau EXFAT.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk memperbaiki kesalahan blok maupun baca yang terdapat pada flashdisk, melakukan pembuatan tabel volume pada drive USB, melakukan pembuatan partisi di dalam FAT32 pada kapasitas mencapai hingga 32 GB.

2. JetFlash Recovery Tool

Jenis aplikasi format ini menjadi solusi universal yang digunakan dalam memformat flashdisk.

Aplikasi ini berguna apabila flashdisk sudah mengalami kesalahan pada bagian bad sector atau tabel file.

Untuk informasi flash drive yang tidak bisa dibaca hanya membutuhkan format USB flash drive.

3. Format Tool HDD Low Level

Aplikasi yang ketiga ini merupakan utilitas pada low level di dalam format hardisk.

Melalui aplikasi inilah maka lebih memungkinkan para penggunanya supaya dapat membaca dari data smart, kemudian mendapatkan informasi mengenai pelayanan perangkat penyimpanan data yang terdapat di dalam PC Windows.

Tidak sampai disitu saja, untuk format tool HDD Low Level ini juga lebih memungkinkan para penggunanya untuk melakukan format pada flashdisk maupun kartu memori.

Sementara untuk aplikasi ini akan menghapus pada data yang berasal dari SSB, IDE, SATA, SCSI maupun SAS pada tingkat akses yang rendah.

4. Format Tool Windows HP USB Disk

Utilitas ini cukup sederhana ketika digunakan dalam melakukan format pada flashdisk secara benar di dalam format NTFS atau FAT32.

Untuk fungsi utama yang dimilikinya yaitu untuk membantu penggunanya dalam melakukan pemilihan secara cepat.

Untuk melakukan format USB flash drive yang terdapat di dalam komputer cukup dengan menekan bagian tombol format.

Untuk alat format di dalam penyimpanan USB HP ini sudah tersedia secara gratis, sehingga Anda bisa mendownloadnya pada Windows.

Selain itu para pengguna juga bisa melakukan boot dengan melalui HP USB disk untuk format tool Windows ini.

Beberapa aplikasi yang ada di atas bisa Anda coba pada saat menyadari bahwa kinerja dari flashdisk yang lambat.

Sehingga untuk memecahkan permasalahan dalam memformat flashdisk bisa melalui beberapa cara yang ada di atas.

Pastikan Anda menggunakan aplikasi untuk format flashdisk yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *