Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

HP Untuk Game

2 min read

hp untuk game

Berkat kemajuan teknologi ponsel, kini bermain game sudah bisa di ponsel kesayangan Anda. Sekarang ini ada banyak hp untuk game yang bisa Anda beli di pasar ponsel Indonesia dengan harga yang beragam.

Namun, ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli hp yang cocok untuk game berat agar nantinya tidak menyesal.

Tips Membeli HP Gaming

1. Perhatikan Chipsetnya

Saat ini hanya ada 2 chipset terbaik yang cocok digunakan untuk bermain game di ponsel, yaitu Qualcomm dan Snapdragon. Masing-masing dari chipset ini memiliki tingkatan seri yang berbeda-beda.

Disini Anda harus paham masing-masing seri tersebut dan disarankan untuk memilih seri diatas 6 atau 7 diantara dua chipset tadi.

2. Pilih RAM Besar

RAM menjadi hardware penting karena akan berkolaborasi dengan chipset dan perangkat lainnya. Pastikan RAM ponsel yang dibeli memumpuni untuk bermain game, yaitu minimal 3-4 GB.

Perhatikan juga manajemen RAM dari ponsel tersebut karena pada beberapa ponsel ditemukan RAM yang besar, namun justru penuh dengan kinerja sistem.

3. Baterai Berkapasitas Besar

Baterai menjadi sektor yang perlu diperhatikan karena akan mempengaruhi waktu bermain Anda. Pastikan baterai ponsel berkapasitas besar dengan kisaran 3000-5000 mAh.

Selain itu pastikan juga ponsel tersebut telah mendukung fasilitas fast charging agar tidak terlalu lama menunggu pengisian dayanya.

Ketika melakukan pengisian daya sebaiknya kurangi penggunaan power bank agar memperpanjang usia baterai.

4. Pemilihan Size Layar dan Resolusi

Agar lebih nyaman dalam bermain, carilah HP dengan layar yang lebar. Size layar bisa berkisar mulai 5,5 inci hingga size di atasnya.

Resolusi layar juga harus diperhatikan dan disarankan resolusi minimalnya berkisar 720p atau 1080p.

Semakin tinggi resolusinya justru akan semakin bagus dan nyaman dalam bermain.

5. Size Internal Luas

Besaran memory internal sangat penting untuk keperluan gaming karena tidak semua aplikasi game dapat dipindahkan ke SD Card, Carilah ponsel dengan internal minimal 16 GB atau 32 GB untuk menyimpan data game tersebut.

Semakin besar memory internal yang ditawarkan, maka semakin banyak game yang dapat dimainkan.

HP Gaming Terbaik

1. Asus ROG Phone 2

Hadir dengan layar yang sangat lebar, yaitu 6,59 inci ini tentunya akan membuat Anda nyaman dalam bermain game apapun.

Tipe layar AMOLED yang dimiliki akan membuat kontras warna game menjadi semakin lebih hidup.

Dapur utama ponsel ini dipacu oleh Snapdragon 855 yang berkolaborasi dengan CPU Octa Core.

Asus ROG Phone 2 memiliki 2 variasi untuk RAM dan internalnya, yaitu RAM 8 GB dengan internal 128 GB dan RAM 12 GB dengan internal 512 GB.

Baterainya juga sangat tangguh dengan kapasitas mencapai 6000 mAh yang juga dibekali oleh fasilitas Hyper Charger yang memungkinkan Anda melakukan pengisian daya cepat.

2. Razer Phone 2

Dari brand lain ada Razer Phone 2 yang dibekali RAM sebesar 8 GB dengan internal 64 GB. Chipsetnya menggunakan Snapdragon 845 yang sudah bisa digunakan untuk bermain game berat sekalipun.

Grafiknya sendiri didukung oleh Adreno 630 yang memungkinkan Anda dapat bermain game dengan grafis yang bagus dan kontras warnanya sangat menarik.

Ukuran layarnya terbilang besar untuk bermain game, yaitu 5.72 inci dengan proteksi layar dari Corning Gorilla Glass 5.

Daya tahannya disokong baterai dengan kapasitas 4000 mAh yang memiliki fasilitas fast charging 18W dan fast wireless charging 15W.

Menariknya adalah Razer Phone 2 ini juga dibekali oleh sertifikasi IP67 yang memungkinkannya bertahan di dalam air selama 30 menit pada kedalaman tertentu.

3. Xiaomi Black Shark 2 Pro

Hadir dengan layar bertipe AMOLED 16 juta warna membuatnya menjadi salah satu ponsel terbaik untuk bermain game.

Dukungan size layar 6.39 inci akan membuat Anda nyaman bermain game apapun. Prosesornya didukung oleh Snapdragon 855 yang berkolaborasi dengan GPU Adreno 640 dan CPU Octa Core yang akan membuat kinerjanya semakin maksimal.

Dukungan variasi RAM dan internal sebesar 8GB/128GB, 12GB/128GB dan 12GB/256GB menambah performanya menjadi lebih optimal.

Baterainya sendiri terbilang sudah besar, yaitu 4000 mAh dengan dukungan fasilitas fast battery charging 27W. Menariknya lagi adalah ponsel ini sudah mendukung untuk penggunaan Dual SIM stand by.

Perawatan HP Gaming Agar Awet

Ada banyak sekali kesalahan yang dilakukan oleh banyak orang dan membuat ponsel menjadi tidak tahan lama, terlebih bagi Anda yang sering menggunakannya untuk bermain game.

Perawatan ponsel agar awet kuncinya hanya pada kesabaran Anda, yaitu kesabaran dalam menunggu sampai dayanya penuh. Artinya adalah hindari penggunaan ponsel ketika dalam keadaan charging.

Ponsel yang digunakan ketika masih charging akan memperpendek usia baterai dan membuat kinerjanya menjadi tidak optimal.

Akibatnya daya baterai menjadi berkurang setiap bulan dan nantinya menjadi sering drop. Jika ponsel tersebut telah mendukung fasilitas fast charging, tunggulah sampai benar-benar penuh.

Apabila memang urgent untuk digunakan, gunakanlah sewajarnya untuk aktivitas biasa.

Bagi Anda yang ingin bermain game di ponsel, sekarang ini sudah ada hp gaming 2 jutaan dengan spesifikasi yang mumpuni.

Pilihlah hp untuk game sesuai dengan kebutuhan dan tentunya sesuai budget yang dimiliki.

Pastikan Anda memahami spesifikasi dan kelebihan yang dimiliki ponsel tersebut.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *