Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Cara Backup Data Android ke PC

2 min read

Cara Backup Data Android ke PC

Untuk saat ini, sebuah ponsel pintar atau yang lebih sering disebut dengan smartphone tidak hanya memiliki fungsi layaknya ponsel biasa.

Perangkat yang satu ini memungkinkan Anda untuk memutar dan mengoperasikan berbagai data dan juga media. Jadi, bukan hal yang tidak mungkin jika Anda menyimpan berbagai macam file di dalam smartphone yang digunakan.

Bagi Anda pengguna smartphone khusunya Android, tentunya perlu melakukan backup. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi banyak kemungkinan yang akan mengancam data ataupun file yang ada di dalam smartphone tersebut.

Salah satu cara untuk backup terbaik adalah menyimpannya pada PC. Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda mengetahui cara backup data Android ke PC.

Backup Data Android ke Dalam PC Secara Manual

Cara pertama dan yang paling mudah untuk melakukan backpun data ke PC yakni secara manual.

Dapat dikatakan bahwa cara ini merupakan bentuk dasar dari proses transfer file dari memori smartphone Android ke dalam PC.

Untuk itu, Anda memerlukan kabel USB untuk melakukannya. Jika Anda sudah menyiapkan kabel USB, maka berikut ini beberapa tahapan yang perlu untuk dilakukan.

  1. Tahapan yang pertama, Anda perlu menghidukapn smartphone Android lalu mengaktifkan USB debugging. Untuk mengaktifkan USB debugging tersebut di perangkat, Anda dapat masuk ke dalam “pengaturan telepon”, lalu pilih menu “pilihan pengembangan”.
  2. Setelah itu, hubungkan perangkat Android yang Anda gunakan dengan laptop melalui kabel USB yang sudah disediakan dengan tujuan untuk mentransfer data.
  3. Dalam tahapan ini, Anda dapat mengaktifkan “USB untuk transfer file”.
  4. Nantinya akan muncul sebuah jendel pada layar PC yang menyediakan akses menuju ke dalam penyimpanan internal serta kartu SD dari smartphone Anda.
  5. Anda dapat membuka disk untuk perangkat Anda secara langsung dari jendela tersebut ataupun membuka Windows Explorer.
  6. Kemudian cari file yang akan di backup pada penyimpanan internal maupun kartu SD.
  7. Anda dapat menyalinnya dengan cara copy paste ataupun drag and drop ke dalam Local Disk pada PC Anda.

Backup Data Android ke Dalam PC Menggunakan The dr. Fone Toolkit

Cara selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk melakukan backup data dari memori smartphone ke dalam PC, yakni dengan menggunakan The dr. Fone Toolkit.

The dr. Fone Toolkit merupakan sebuah tool atau alat yang digunakan untuk mengatur data pada memori smartphone, termasuk untuk backup.

Langsung saja, berikut ini cara menggunakan The dr. Fone Toolkit.

  1. Langkah pertama, Anda perlu menginstal terlebih dahulu aplikasi The dr. Fone Toolkit. Jika sudah, maka buka aplikasi tersebut dan pilih opsi Android.
  2. Pada tampilan menu utama dari aplikasi dr. Fone Toolkit, Anda pelru memilih opsi “Data Backup & Restore” untuk melakukan backup data.
  3. Setelah itu, hubungkan perangkat smartphone Anda dengan PC menggunakan kabel USB. Anda perlu memastikan jika modus USB debugging sudah diaktifkan pada perangkat.
  4. Mungkin Anda akan menemukan layar pop up serta permintaan untuk mengaktifkan USB debugging di dalam perangkat Android Anda. Untuk itu, tekan opsi “OK” untuk mengaktifkannya.
  5. Setelah perangkat smartphone sudha terhubung dengan PC, maka Anda sudah dapat memilih jenis file yang akan dibackup dengan mencentang jenis file tersebut. Kemudian tunggu sampai proses backup benar-benar selesai.
  6. Untuk melihat file yang sudah dibackup, Anda dapat mengklik pada menu “Lihat Cadangan”.
Baca Juga : Cara Print dari HP

Backup Data Android ke Dalam PC Menggunakan Nandroid Backup

Cara backup data dari Android ke PC yang terakhir, adalah menggunakan metode Nandroid Backup. Nandroid Backup ini merupakan cara yang mana data memori NAND pada perangkat bisa disimpan dan dibuat salinannya.

Akan tetapi, Anda perlu melakukan root pada smartphone terlebih dahulu untuk menggunakan metoder tersebut. Jika sudah, maka Anda dapat mengikuti tahapan berikut ini.

  1. Pertama, Anda perlu mendownload Online Nandroid Backup dari Google Playstore lalu menginstal aplikasi tersebut.
  2. Pada saat Anda membuka Nandroid Backup untuk yang pertama kalinya, maka Anda akan dimintai hak istimewa Superuser. Untuk itu, berikanlah semua hak istimewa yang diminta.
  3. Kemudian, Anda sudah dapat memulai proses backup pada beberapa pilihan konfigurasi untuk backup.
  4. Dalam tahapan ini, Anda bisa memilih bagaimana Nandroid Backup untuk diberikan label. Berdasarkan pada tanggal oprasi yang dilakukan yakni “UTC Timezone Nama” yang merupakan “opsi defaulit.
  5. Setelah itu, Anda dapat memilih salah satu dari opsi backup yang akan dilakukan.
  6. Lanjut dengan memilih “Backup Mode” untuk memilih partisi yang akan dibackup.
  7. Lalu Anda juga perlu untuk memilih lokasi untuk menyimpan file yang akan dibackup.
  8. Tahapan selanjtunya, Anda sudah dapat memilih file yang akan dibackup.
  9. Jika pemilihan file sudah selesai, maka tap pada opsi “Cepat Backup” pada layar utama aplikasi. Lalu tap “Start Backup” untuk memulai proses backup.
  10. Terakhir, cari folder yang berisikan file backup lalu pindahkan folder tersebut ke dalam komputer dengan cara manual.

Walaupun terlihat sederhana, namun backup data ini memiliki fungsi yang sangat penting ketika dibutuhkan.

Jadi jika Anda sudah memahami cara backup data Android ke PC yang telah dijelaskan, Anda sudah tidak khawatir dan bingung lagi jika ingin membackup data yang penting.

Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *