Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

USB To HDMI

2 min read

USB to HDMI

HDMI memiliki fungsi sebagai media yang dimanfaatkan pada produk elektronik, salah satunya seperti televisi.

Dengan adanya HDMI ini maka untuk fungsi dari tampilan TV akan semakin maksimal.

Supaya bisa menikmati layanan dari HDMI ini, maka Anda membutuhkan kabel khusus, yaitu kabel USB To HDMI.

Kabel USB ini bisa ditemukan dengan mudah melalui toko online maupun beberapa toko offline.

Tipe Konektor HDMI Sesuai Peralatan Digital

Apabila Anda sudah menggunakan USB untuk HDMI ini, maka pada saat menonton televisi akan merasakan lebih mantap dan tidak merasakan ribet. Karena untuk jenis produk kabel yang satu ini sudah memberikan dukungan Arc.

Untuk konektor HDMI ini memiliki beberapa tipe yang bisa dipilih, sehingga dapat disesuaikan pada peralatan digital yang digunakan.

Sementara untuk tipe dari connector HDMI to USB mempunyai 5 tipe, baik itu dari konektor bertipe A sampai dengan tipe E.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengetahui melalui ulasan berikut:

1. Konektor HDMI type A

Tipe konektor HDMI pada tipe yang ini bisa digunakan ketika Anda berkeinginan menghubungkan konsol game, perekam video, komputer, ataupun yang lainnya.

Untuk jenis tipe A ini memiliki bentuk yang paling populer, karena pada bagian kedua ujungnya memiliki bentuk yang sama.

Untuk Anda yang mempunyai televisi LCD maupun pemutar video blu-ray, tentunya sangat tepat menggunakan HDMI ini.

Konektor HDMI tipe A dilengkapi dengan dimensi 13,99 mm x 4,45 mm dan terdapat susunan sebanyak 19 pin. Sementara untuk konektor HDMI tipe A ini juga seringkali disebut sebagai HDMI full-size connector.

2. Konektor HDMI type B

Jika dibandingkan dengan HDMI type A, maka untuk konektor HDMI type B ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar dan memiliki 29 pin di dalam konektornya.

Salah satu alasan mengapa tipe B ini memiliki pin yang lebih banyak dibandingkan dengan tipe A, tujuannya yaitu untuk kebutuhan teknologi tampilan yang ada di masa depan.

Untuk tampilan resolusi menggunakan Ultra tinggi atau Ultra high Definition Televisi. Hal ini disebabkan bagian konektor HDMI pada tipe B ini memang belum digunakan secara komersial.

3. Konektor HDMI type C

Tipe konektor HDMI C cocok dihubungkan pada kamera video maupun kamera digital. Konektor Tipe C ini seringkali disebut sebagai konektor Mini HDMI, karena pada bagian satu sisi konektor memiliki ukuran yang lebih kecil.

Untuk konektor HDMI tipe ini hampir sama dengan tipe A, terutama pada bagian pin-nya yang terdiri dari 19 pin.

Akan tetapi dari segi ukurannya tentu jauh lebih kecil dibandingkan dengan tipe A. HDMI type C memiliki dimensi 4,45 mm x 13,9 mm.

Dimensi tersebut sangat cocok digunakan pada perangkat elektronik berukuran sedang. Misalnya seperti tablet, handycam, atau camcorder.

4. Konektor HDMI type D

Untuk jenis konektor HDMI tipe D ini sangat cocok digunakan pada perangkat tablet maupun Android.

Untuk tipe ini disebut sebagai micro HDMI yang dapat digunakan pada berbagai perangkat mobile. Pengguna dapat menikmatinya untuk menonton film tau game dlm perangkat televisi ataupun mobile.

Didalam HDMI tipe D mempunyai 19 pin yang ada di dalamnya dan memiliki dimensi 2,8 mm x 6,4 mm.

Secara umum konektor HDMI tipe D ini digunakan pada bagian perangkat elektronik berukuran kecil. Misalnya seperti smartphone, camera digital, camera saku ataupun jenis perangkat yang lain.

5. Konektor HDMI type E

Untuk jenis konektor HDMI tipe E ini seringkali digunakan dalam dunia otomotif maupun desain. Konektor yang berbeda pada biasanya di dalamnya terdapat pengunci supaya tidak terlepas.

Hal ini seringkali terjadi akibat adanya getaran maupun guncangan pada bagian atas konektor dan bawahnya terdapat soket yang menempel di perangkat elektronik.

Baca Juga : CCTV Wireless

Cara Menggunakan Kabel HDMI To USB untuk Menghubungkan Android Ke Tv

Pada saat Anda ingin menghubungkan HP Android pada sebuah televisi, Anda dapat menggunakan USB. Akan tetapi tetap membutuhkan kabel HDMI jenis micro SD USB To HDMI.

Sebaiknya Anda jangan menggunakan kabel USB yang biasa, karena hal ini seringkali digunakan untuk mengisi daya baterai. Untuk langkah menggunakan kabel HDMI to USB ketika menghubungkan Android ke TV yaitu:

  • Siapkan kabel HDMI sesuai HP yang Anda miliki.
  • Anda bisa mematikan kabel televisi terlebih dahulu.
  • Selanjutnya sambungkan kabel HDMI ke HP dan juga TV.
  • Nantinya akan muncul di bagian tampilan layar HP dan Anda bisa mengklik pada bagian opsi HDMI. Jika tidak menemukannya silahkan masuk pada bagian pengaturan kemudian pilih HDMI dan jangan lupa ceklis.
  • HP Android sudah terhubung pada televisi.
  • Proses selesai.

Penggunaan kabel HDMI memang dianggap jauh lebih praktis, terlebih lagi pada saat Anda menonton acara televisi, tentunya akan jauh lebih menyenangkan.

Ada banyak sekali produk kabel HDMI to USB yang bisa digunakan. Sehingga Anda dapat memilihnya sesuai dengan budget yang Anda miliki dan juga sesuai dengan kebutuhan.

Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *