Cara Membuat Aplikasi Excel Untuk Database

2 min read

Perlu untuk Anda ketahui, bahwa terdapat beberapa cara membuat aplikasi excel untuk database yang dapat dicoba. Yakni dengan menggunakan macro, VBA, ataupun tanpa keduanya.

Tentunya ketiga cara tersebut memiliki tujuan penggunaan masing-masing. Maka dari itu, berikut ini cara untuk membuat aplikasi excel sebagai database yang dapat Anda coba.

Cara Membuat Database Dengan Macro Excel

Cara Membuat Aplikasi Excel Untuk Database

Cara pertama yang dapat Anda coba untuk membuat database adalah dengan Macro Excel. Penggunaan Macro Excel untuk membuat database ini, biasanya ditujukan untuk membuat sebuah data absensi.

Jadi, cara ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat data absen secara digital. Langsung saja, berikut ini beberapa tahapan yang perlu untuk Anda lakukan.

  1. Tahapan pertama, buka aplikasi Microsoft Excel yang ada di PC atau laptop Anda.
  2. Setelah itu, buat daftar absensi seperti nomor urut, nama, dan lain sebagainya pada kolom yang telah disediakan.
  3. Kemudian Anda perlu membuka lembar kerja baru dan membuat daftar untuk dijadikan sebagai lembar input data orang yang ada di dalam absensi.
  4. Lalu buatlah rumus berupa “=D” pada tabel di bagian bawah.
  5. Klik pada Record Macro yang posisinya berada di bagian pojok kiri bawa, dan berikan nama macro name input data lalu klik “OK”. Dalam tahapan ini, macro akan memulai proses perekaman data.
  6. Pada saat proses merekam dari macro, blok tabel yang bernilaikan nol lalu copy serta paste pada file yang bernama database.xlsx yang tadi sudah dibuat dengan cara membuka office button lalu pilih opsi “open file”.
  7. Lalu blok pada tabel isi dan klik kanan, kemudian paste special dan pilih opsi “values”.
  8. Masih berada di dalam file database.xlsx, tambahkan baris di bagian atas tepatnya pada baris yang memiliki nilai nol.
  9. Lanjut dengan menutup file database.xlsx, dan masuk ke dalam form input data lal klik pada opsi “Record macro” untuk menghentikan proses perekaman.
  10. Setelah itu buatlah tombol save dengan menambahkan shape dan berikan tulisan “save”. Klik kanan lalu pilih opsi “assign macro”, dan pilihlah opsi “input data”.
  11. Kemudian Anda juga perlu membuat tombol view yang berfungsi untuk melihat data yang sudah diinput. Cara membuat tombol view ini hampir sama seperti cara untuk membuat tombol save yang sudah dijelaskan di atas.
  12. Klik pada “Record Macro” lalu beri nama “lihat database”, klik “OK”, “office button”, lalu pilih open file dan arahkan menuju file database.xlsx. Klik pada “Record Macro” lagi untuk menghetikan perekaman.
  13. Langkah terakhir, buat tombol dan beri nama “lihat” dengan cara seperti membuat tombol save dan view seperti yang telah dilakukan sebelumnya.

Cara Membuat Database Dengan Excel Menggunakan Fungsi VBA

Cara untuk membuat sebuah aplikasi database dengan menggunakan Microsoft Excel yang selanjutnya, adalah melalui metode VBA.

Dengan menggunakan VBA ini, maka Anda dapat membuat sebuah aplikasi database yang dapat digunakan secara cepat dan tentunya sangat aman. Oleh sebab itu, berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda ikuti.

  1. Langkah pertama, Anda perlu membuka aplikasi Microsoft Excel yang ada di PC atau laptop Anda. Buatlah sebuah tabel pada lembar kerja Excel terlebih dahulu.
  2. Setelah itu Anda dapat membuat tombol untuk menambahkan. Caranya dengan mengklik tab Developer, lalu pilih Insert dan klik pada opsi “CommandButton (ActiveX Control).
  3. Kemudian posisikan tombol itu sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda dapat mengganti nama tombol tersebut dengan kata “tambah” dengan mengklik kanan, lalu pilih opsi “CommandButton”, “Object”, dan pilih “Edit”.
  4. Lanjut dengan mengklik kanan pada tombol “tambah”, pilihlah opsi “view code”. Nantinya akan muncul sebuah tampilan halaman Visual Bacis for Application. Isilah code “Private Sub CommandButton1_Click”.
  5. Lalu klik kanan pada bagian bertulisan “VBAProject (IsianData.xlsb)”. Pilih opsi “insert” lalu “UserForm”.
  6. Buatlah sebanyak tiga buah TextBox dengan satu buah tombol CommandButton.
  7. Lalu klik dua kali pada tombol “simpan”.
  8. Kemudian Anda dapat kembali ke lembar kerja. Klik tab “Developer” lalu “Design Mode” untuk mengaktifkan tombol “tambah”.
  9. Ketika Anda mengklik tombol “tambah”, maka dapat langsung mengisi data yang diperlukan.
✅ TRENDING :  Lupa Password Facebook

Cara Membuat Database Excel Tanpa Macro Maupun VBA

Cara terakhir yang dapat Anda coba yakni tanpa menggunakan sistem macro ataupun VBA. Meskipun begitu, namun cara ini juga cukup ampuh untuk membuat sebuah aplikasi untuk database.

Agar tidak ada kesalahan ketika proses pembuatan, maka berikut ini beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan.

  1. Pertama buka Microsoft Excel dan buatlah desain pada Sheet 1 dengan menamainya “Aplikasi”.
  2. Setelah itu, buat Sheet 2 dengan nama “DB”. Isikan Sheet tersebut dengan data yang akan diinput seperti nama, nomor, dan lain sebagainya.
  3. Kemudian buat Sheet 3 dengan nama perusahaan atau sekolah.
  4. Langkah selanjutnya, yakni membuat tiga buah tombol dengan menggunakan fitur Shapes. Tombol tersebut berfungsi untuk mengarahkan menuju masing-masing Sheet.
  5. Lalu pada cell E5 tulislah rumus berupa =IF(ISBLANK(E4),’’’’,VLOOKUP(E4,DB!$A$^:$B$310,2,FALSE)).
  6. Terakhir, simpan pekerjaan yang telah Anda lakukan dan database sudah dapat digunakan.

Dengan membuat cara membuat aplikasi excel untuk database seperti di atas, tentunya pendataan dapat Anda lakukan dengan lebih mudah. Anda hanya perlu memilih salah satu cara yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.