Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Cara Menghilangkan Virus di HP

2 min read

Cara Menghilangkan Virus di HP

Virus merupakan salah satu hal yang sangat merugikan dan juga merepotkan bagi para pengguna perangkat elektronik. Bahkan, saat ini sudah ada virus yang diciptakan untuk menyerang perangkat smartphone Android.

Jika smartphone Android yang Anda gunakan terkena virus, maka tidak usah khawatir. Anda dapat mencoba cara menghilangkan virus di HP Android yang dijelaskan berikut.

Untuk saat ini, terdapat beberapa cara menghilangkan virus di HP Android yang dapat Anda lakukan. Baik itu dengan menggunakan bantuan suatu aplikasi, maupun tanpa bantuan aplikasi ketiga.

Maka dari itu, langsung saja berikut ini penjelasan mengenai beberapa cara untuk menghapus virus pada HP Android yang dapat Anda coba.

Cara Menghilangkan Virus di HP Android Tanpa Aplikasi

Cara pertama yang dapat Anda coba untuk menghapus virus pada HP Android, yakni tanpa perlu menggunakan bantuan dari aplikasi ketiga.

Anda hanya perlu melakukan pengaturan atau setting pada smartphone yang Anda gunakan. Untuk tahapan-tahapannya, berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

  1. Tahap yang pertama, Anda perlu untuk masuk ke dalam safe mode pada smartphone Android Anda. Untuk masuk ke dalam safe mode, Anda dapat menekan tombol volume dan tombol power secara berasamaan. Dengan menggunakan safe mode, maka Anda hanya dapat mengoperasikan aplikasi bawaan dari smartphone tersebut.
  2. Ketika Anda sudah berada di dalam safe mode, Anda perlu memilih menu Settings. Lalu pilih lagi menu Apps, dan pilih tab Downloaded. Nantinya, secara otomatis sistem akan menghapus aplikasi ketiga. Hal ini dikarenakan virus bisa menjalankan sistem dan tampak seperti aplikasi.
  3. Jika kamu melihat aplikasi ketiga yang dirasa belum pernah diinstal, maka dapat berarti bahwa aplikasi tersebut merupakan sebuah virus. Maka dari itu, Anda dapat memilih aplikasi tersebut dan pilih opsi Uninstall. Namun jika virus sudah memasuki akses adminstrator, maka aplikasi itu tidak bisa Anda hapus.
  4. Apabila virus sudah menyerang akses administrator, maka hal yang perlu untuk Anda lakukan adalah menghapus aksesnya. Kamu dapat keluar dari Application Settings, kemudian pilih opsu Settings, lalu menu Security, dan pilih Device Administrator. Kemudian hapuslah akses administrator untuk aplikasi tersebut.
  5. Jika beberapa tahapan di atas sudah berhasil Anda lakukan, maka tahapn selanjutnya adalah keluar dari safe mode. Anda dapat melakukan hal ini dengan merestart HP Android seperti biasanya. Tunggu sampai proses booting selesai dan HP sudah dapat menampilkan menu seperti seharusnya. Dengan ini, maka virus tersebut sudah hilang.

Cara Menghilangkan Virus di Android Menggunakan Bantuan Google Play Protect

Jika HP Android Anda terserang oleh virus berupa banyaknya iklan yang sangat mengganggu, maka cara yang paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan menghapus aplikasi yang membawanya.

Akan tetapi hal ini hanya berlaku untuk iklannya, bukan untuk virus malware yang dibawa. Untuk itu, Anda dapat menggunakan Google Play Protect dengan cara sebagai berikut ini.

  1. Langkah pertama, kamu perlu membuka aplikasi Google Play Store yang sudah terinstal di HP Android Anda.
  2. Jika aplikasi tersebut sudah terbuka, maka tap pada menu Options yang memiliki bentuk tiga garis.
  3. Setelah itu, Anda perlu scroll layar ke arah bawah sampai opsi Play Protect ditemukan. Jika sudah ketemu, maka pilihlah opsi tersebut.
  4. Nantinya, akan muncul beberapa opsi lanjutan mengenai perlindungan terhadap perangkat Android yang dapat Anda pilih.
  5. Langkah yang terakhir, Anda dapat scroll layar ke bawah lagi hingga muncul sebuah opsi yang bernama Scan device for security threats. Anda perlu mengaktifkan opsi tersebut. Selain itu, Anda juga perlu mengaktifkan opsi Improve harmful app detection.

Cara Menghapus Virus di Android Menggunakan Bantuan Aplikasi MalwareBytes Anti-Malware

Aplikasi selanjutnya yang dapat membantu Anda dalam menghapus virus pada perangkat smartphone Android, yakni bernama MalwareByte Anti-Malware.

Dapat dikatakan bahwa MalwareByte Anti-Malware merupakan salah satu aplikasi penghilang malware atau virus terbaik saat ini. Maka dari itu, berikut ini cara untuk menggunakan aplikasi tersebut

  1. Pertama, Anda perlu mendownload aplikasi bernama MalwareByte Anti-Malware dari Google Play Store terlebih dahulu, kemudian pasang aplikasi tersebut.
  2. Setelah aplikasi MalwareByte Anti-Malware sudah terinstal, maka bukalah aplikasi tersebut lalu aktifkan guna melakukan scanning berbagai macam virus yang kemungkinan ada di dalam smartphone Anda. Tunggu sampai proses scanning ini selesai dilakukan.
  3. Jika proses scanning pada sistem dan juga aplikasi sudah selesai, maka aplikais ini akan menampilkan suatu log yang berisikan hasil proses pemindaian. Selain itu, MalwareByte Anti-Malware juga akan memberi Anda rekomendasi terhadap langkah yang perlu untuk dilakukan.
  4. Kemudian, Anda dapat memilih salah satu tidakan yang direkomendasikan seperti melakukan penghapusan pada beberapa aplikasi tertentu ataupun yang lain.

Dengan menggunakan cara untuk menghilangkan virus pada perangkat smartphone Android di atas, tentunya Anda sudah tidak khawatir lagi jika smartphone yang Anda gunakan terkena serangan virus ataupun malware.

Anda hanya perlu memilih salah satu cara di atas sesuai dengan keinginan.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *