Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Net Framework 3.5 Windows 10

2 min read

Net Framework 3.5 Windows 10

Net framework menjadi komponen krusial dalam menjalankan aplikasi pada Windows. Cara instal Net Framework 3.5 Windows 10 yang dilakukan secara offline ini bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah dan bahkan Anda pun juga mampu menjalankan game atau aplikasi yang tadinya tidak dapat dijalankan pada laptop atau komputer.

Apabila ada beberapa permasalahan yang muncul misalnya karena error pada aplikasi game atau yang lainnya maka Anda dapat melakukan pengecekan di bagian sistem operasi. Terutama pada game atau aplikasi yang tidak dapat dijalankan.

Jika hal ini sudah Anda lakukan maka untuk game maupun aplikasi dapat mengontak secara langsung pada developer yang telah membuat untuk dapat menanyakan perihal yang terjadi.

Fungsi Penting Net Framework

Net Framework pada Windows memiliki fungsi sebagai pengeksekusi dan penerjemah pada perangkat lunak supaya bisa berjalan di sistem operasi Windows.

Pada dasarnya untuk semua aplikasi tidak membutuhkan dot net framework pada versi terbaru. Namun beberapa kasus juga mewajibkan Anda untuk dapat melakukan instalasi pada aplikasi.

Net Framework memiliki  fungsi untuk pemasangan aplikasi komersial sebagai pendukung fungsi utama. Untuk aplikasi tersebut yaitu seperti intuit quickbooks, Microsoft security essential, Paypal, streamload, maupun kerapu yang membutuhkan Net Framework sebagai pendukungnya.

Berkat adanya Net Framework ini maka untuk proses instalasi pada aplikasi menjadi lebih mudah dan cepat.

Cara Instal Net Framework 3.5 Offline Installer Windows 10

Bagi Anda sebagai pengguna Windows 10 tentu pernah diminta untuk melakukan penginstalan.NET Framework 3.5 ketika Anda menjalankan sebuah game atau aplikasi yang telah berumur lama.

Jika demikian Anda pun bisa melakukan penginstalan secara offline yang dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah.  Untuk itu ketika Anda ingin melakukan penginstalan Anda tidak perlu bingung bagaimana cara yang harus dilakukan

Pada dasarnya pada Windows 10 sudah terinstal secara default NET Framework. Akan tetapi untuk yang terinstal yaitu versi 3.5. untuk melakukan net framework 3.5 offline installer windows 7 hampir sama dengan Windows 10.

Anda bisa melakukan secara offline dengan mengikuti langkah berikut:

1. Langkah pertama Anda harus mendownload NET Framework 3.5 terlebih dahulu.

2. Apabila pengunduhan sudah selesai Anda dapat membuka file tersebut.

3. Ikutilah perintah sesuai dengan petunjuk komputer Windows 10 dan instalasi nya supaya Anda dapat segera terinstal NET Framework 3.5.

4. Untuk file instalasi dapat diunduh pada komputer yang berbeda setelah itu Anda dapat mengcopy lalu menginstalnya pada laptop Anda. Hal ini akan sangat bermanfaat apabila komputer yang akan Anda install tersebut tidak mempunyai jaringan internet.

5. Apabila NET Framework 3.5 telah terinstal pada komputer namun telah dinonaktifkan karena beberapa hal Anda bisa melakukan cara ini.

  • Pencet bagian logo Windows serta huruf R pada keyboard.
  • Setelah itu silahkan ketik appwiz.cpl yang terdapat di tampilan run.
  • Setelah itu pencet enter pada keyboard.
  • Di bagian program and features silahkan klik di turn Windows features off or on.
  • Anda dapat melakukan pengecekan apakah pilihan NET Framework 3.5 sudah tersedia di tampilan apa belum.
  • Apabila pilihan tersebut ada, Anda bisa langsung mengaktifkan kemudian klik bagian tombol ok.
  • Silahkan ikuti instruksi pada proses pengaktifan.

Net Framework 3.5 Offline Installer Windows 8

Sebenarnya Windows 7 telah built-in pada NET Framework 4.5. Namun apabila Anda ingin melakukan penginstalan aplikasi tentu membutuhkan versi yang lebih spesifik lagi misalnya NET Framework 3.5.

Untuk melakukan penginstalan NET Framework 3.5 net framework 3.5 windows 10 64 bit pada Windows 8 maka Anda bisa mengikuti dua metode yang ada di bawah ini yaitu:

1. Melalui Control Panel

Apabila Anda menggunakan metode yang pertama ini maka Anda membutuhkan koneksi internet untuk melakukannya. Sementara cara yang bisa Anda lakukan yaitu:

  • Silahkan pilih control panel lalu pilih program dan klik bagian Turn Windows Features off or on.
  • Anda harus memastikan bahwa untuk NET Framework 3.5 telah aktif. Anda tidak perlu mencontreng pada bagian opsi ada yang terdapat dalam NET Framework 3.5, terkecuali Anda adalah developer yang yang memerlukan handler mapping atau script WCF.

2. Dengan Command Prompt secara Offline

Jika Anda menggunakan metode yang kedua ini Anda tidak membutuhkan koneksi internet namun Anda membutuhkan DVD untuk instalasi Windows 8. Untuk langkahnya seperti berikut:

  • Masukkan DVD instalasi pada Windows 8 terlebih dahulu.
  • Setelah itu silahkan buka command prompt dan pilih Run as administrator.
  • Jika sudah silahkan ketik comman yang ada di bagian paling bawah kemudian tekan enter dan ganti F menjadi DVD ROM Anda.
  • Tunggu sampai proses instalasi selesai.

Net Framework atau net framework 3.5 windows 10 32 bit menjadi komponen terpenting pada sistem operasi Windows yang digunakan sebagai pendukung dalam menjalankan pengembangan di berbagai jenis aplikasi pada Windows.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *