Webcam Logitech

2 min read

Webcam merupakan sebuah perangkat berupa sejenis kamera digital yang dapat dihubungkan dengan laptop ataupun PC.

Perangkat satu ini, memiliki kegunaan utama untuk mengirimkan gambar ke seluruh dunia secara live.

Dari sekian banyak produsen webcam, Webcam Logitech merupakan salah satu produsen yang paling banyak diminati dibandingkan dengan merek yang lain.

Fungsi Webcam

Sebelum masuk ke pembahasan yang utama, ada baiknya jika Anda mengetahui berbagai macam fungsi yang dapat dihadirkan oleh sebuah webcam.

Sebenarnya webcam ini memiliki banyak sekali fungsi yang tentunya sangat membantu kegiatan Anda dalam mengirimkan gambar atau foto secara live.

Maka dari itu, langsung saja berikut ini beberapa fungsi dari webcam

  • Fungsi utama dari webcam ini adalah sarana untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Tidak hanya sekedar melakukan komunikasi, Anda juga dapat melihat wajah dari lawan bicara Anda. Bahkan Anda juga dapat melakukan komunikasi dengan lebih dari dua orang secara langsung.
  • Dengan menggunakan webcam ini, Anda juga dapat melakukan belajar jarak jauh. Bahkan Anda dapat belajar dengan orang dari luar negeri tanpa perlu menemui orang tersebut secara langsung. Untuk saat ini, juga sudah banyak pihak yang menawarkan jasa seminar melalui web atau internet dengan webcam.
  • Dalam urusan pekerjaan atau perusahaan, terkadang perusahaan tersebut akan melakukan konferensi jarak jauh. Nah, orang-orang yang jaraknya jauh, tentunya tidak ingin tertinggal konferensi yang sedang berlangsung. Maka dari itu, keberadaan dari webcam ini sangat dibutuhkan dalam keadaan tersebut.
  • Jika Anda menggunakan webcam ini, maka Anda juga dapat melakukan pertukaran informasi secara langsung. Walaupun pertukaran informasi ini dapat dilakukan melalui pesan suara, namun Anda dapat melihat secara jelas jika Anda melihat videonya. Hal ini juga berguna untuk mengantisipasi kebohongan karena bersifat langsung.
  • Mungkin Anda pernah mengenal orang baru atau mendapatkan teman baru melalui media sosial. Dalam media sosial tersebut, Anda hanya dapat saling bertukar pesan. Jika Anda ingin melihat wajah dan juga melakukan komunikasi teman Anda secara langsung, maka Anda dapat menggunakan bantuan dari webcam ini.

Rekomendasi Webcam

Setelah mengetahui fungsi webcam di atas, tentunya Anda merasa bahwa perangkat satu sangat berguna.

Namun dengan banyaknya produsen webcam yang ada, mungkin Anda juga bingung untuk memilih satu yang terbaik.

Seperti yang telah disebutkan, bahwa Logitech merupakan salah satu produsen webcam terbaik.

Maka dari itu, berikut beberapa rekomendasi webcam dari Logitech

  • Logitech Webcam C920 HD Pro, sebuah webcam yang mampu membuat panggilan video dengan kualitas full HD 1080p disertai dengan audio stereo.
  • Brio Ultra HD Pro Webcam, sebuah webcam berkualitas 4K dengan fitur HDR serta dukungan dari Windows Hello.
  • C925e Business Webcam, webcam dengan harga yang relatif terjangkau namun mampu memberikan hasil video dengan kualitas 1080p serta shutter privasi yang terintegrasi.
  • B525 Fodable Business Webcam, sebuah webcam yang sangat cocok untuk profesional yang suka bepergian. Hal ini dikarenakan webcam tersebut didesain agar dapat dilipat dan mampu menghasilkan gambar hingga 360 derajat.
  • C930 Business Webcam, sebuah webcam yang dirancang secara khusus untuk urusan bisnis. Webcam ini mampu memberikan sebuah hasil gambar dengan kualitas 1080p dengan digital zoom serta bidang pandang yang cukup lebar.
✅ TRENDING :  Cara Format Flashdisk

Cara Menggunakan Webcam Logitech

Webcam Logitech

Ketika Anda sudah mengetahui tentang fungsi webcam dan juga rekomendasi webcam dari Logitech di atas, tentunya Anda sudah dapat menentukan salah satu webcam yang akan digunakan.

Jika Anda sudah menentukannya, maka Anda juga perlu untuk tahu cara menggunakan webcam dari Logitech tersebut.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa tahapan yang perlu untuk Anda ikuti

  1. Tahapan yang pertama, Anda perlu menyediakan driver dari webcam yang Anda gunakan. Biasanya driver webcam ini sudah satu paket dengan pembelian webcam tersebut. Akan tetapi jika Anda tidak menemukannya, maka Anda dapat mendownloadnya melalui internet.
  2. Setelah itu, instal driver dari webcam tersebut. Tunggu sampai proses instalasi driver selesai.
  3. Ketika driver webcam sudah berhasil diinstal, maka Anda dapat langsung menancapkan kabel USB logitec pada port USB yang ada di perangkat PC atau laptop yang Anda gunakan.
  4. Khusus bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows 8 atau Windows 10, Anda dapat langsung mengetikkan kata “Camera” pada kolom pencarian yang tersedia. Selain itu, Anda juga dapat membuka webcame tersebut dengan shortcut yang telah disediakan.
  5. Untuk memasangkan webcam ini pada aplikasi editor layaknya catarnsia, maka Anda hanya tinggal memilih nama dari camera atau webcam yang Anda gunakan tersebut.
  6. Selesai, webcam yang Anda beli sudah siap untuk digunakan untuk berbagai macam keperluan yang berhubungan dengan pengiriman video jarak jauh secara langsung.

Setelah mengetahui beberapa hal mengenai  webcam di atas, tentunya Anda sudah tidak khawatir lagi jika membutuhkan sebuah perangkat yang berfungsi untuk melakukan komunikasi jarak jauh secara langsung.

Anda hanya perlu memilih webcam yang tepat dan memakainya dengan benar.