Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Aplikasi Edit Video PC

2 min read

Aplikasi Edit Video Pc

Jika bisa mendapatkan dan menggunakan aplikasi edit video pc dengan gratis kenapa harus mencari yang berbayar. Kendati tidak direkomendasikan untuk editing profesional tingkat lanjut, aplikasi edit video gratis masa kini sudah dilengkapi dengan fitur editing sederhana yang cukup powerfull. Aplikasi editing tidak lagi eksklusif untuk para profesional dan antusias sehubungan dengan kebutuhan editing video untuk diunduh di media sosial.

Jika Anda tidak membutuhkan fitur tingkat lanjut, kenapa harus memilih aplikasi video edit berbayar yang diperuntukkan untuk para profesional. Berikut adalah 10 aplikasi edit video gratis terbaik untuk PC dan laptop.

Aplikasi Edit Video Gratis Terbaik untuk PC dan Laptop

1. Blender

Blender merupakan aplikasi edit video terbaik pc gratis yang ada saat ini. Blender dilengkapi dengan beragam tools dan fitur editing video, baik untuk editing ringan maupun tingkat lanjut. Beberapa fitur editing yang tersedia pada aplikasi ini adalah Live Preview, Audio Mixing, Speed Control, dan Waveform Visualization. Blender cocok digunakan untuk mengedit video animasi 3D tingkat lanjut. Blender tersedia untuk Windos, Mac, dan Linux.

2. VSDC Free Video Editor

VSDC merupakan aplikasi video editor terbaik untuk Windows. Versi gratisnya saja sudah dilengkapi dengan beragam fitur editing yang powerfull, contohnya audio editing dan color correction. VSDC sangat optimal jika digunakan untuk mengedit atau mengerjakan proyek berbasis Windows. VSDC juga dapat dikatakan aplikasi edit video pengoperasiannya jelas sehingga memudahkan Anda yang hanya melakukan editing sederhana.

3. Avidemux

Jika Anda mencari aplikasi edit video pc ringan dan sederhana, maka Avidemux adalah jawabannya. Avidemux memiliki interface yang sederhana dan sangat ramah untuk pemula. Anda dapat melakukan editing sederhana, diantaranya cutting, encoding, dan filtering dengan mudah dan cepat. Avidemux tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux. Kekurangan Avidemux ini adalah tidak terdapat banyak fitur editing tingkat lanjut.

4. Lightworks

Dibandingkan dengan aplikasi video editor gratis lainnya, Lightworks memiliki lebih banyak fitur. Selain kaya fitur, Lightworks juga dilengkapi dengan banyaknya tutorial yang optimal. Akibatnya, Anda tidak akan kesulitan melakukan editing melalui aplikasi ini. Lightworks tidak diragukan lagi merupakan aplikasi editing video terbaik jika dilihat dari kedalaman dan keragaman fitur editing, bahkan untuk kategori editing tingkat lanjut.

5. Machete Video Editor Lite

Sesuai dengan namanya, aplikasi video editor ini pas digunakan untuk memotong dan melakukan editing sederhana. Machete ini ringan digunakan dan mudah dioperasikan. Machete Lite hanya tersedia untuk Windows. Machete Lite cocok digunakan untuk Anda yang ingin memotong video dengan cepat dan mudah. Machete Lite tidak cocok untuk Anda yang ingin melakukan editing tingkat lanjut dengan berbagai format video.

6. Shotcut

Shotcut ini tidak jauh berbeda dengan Blender. Artinya, Anda dapat melakukan beragam editing sekaligus mengakses beragam fitur tanpa harus melakukan pembaharuan berbayar. Shotcut sangat cocok digunakan untuk editing video dengan resolusi 4K. Shotcut tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux. Kekurangan Shotcut terdapat pada interface-nya yang sedikit tidak biasa dan bisa membuat penggunanya sedikit kebingungan.

7. Freemake Video Converter

Freemake adalah aplikasi edit video yang sederhana, ringan, dan mudah digunakan. Hanya tersedia untuk Windows, Freemake mampu melakukan konversi, ekstraksi audio, dan beragam operasi editing lainnya. Freemake merupakan aplikasi editing video terbaik untuk Anda yang ingin menkonversi video untuk dimainkan di perangkat mobile, smartphone contohnya. Freemake sudah mendukung lebih dari 500 file format video.

8. DaVinci Resolve

DaVinci Resolve adalah aplikasi edit video dengan fitur tingkat lanjut paling lengkap. Aplikasi ini menepis anggapan bahwa tidak ada aplikasi video edit gratis yang dilengkapi banyak fitur editing tingkat lanjut. Beberapa fitur tingkat lanjut tersedia, diantaranya audio mastering, advanced trimming, dan multicam editing. DaVinci cocok digunakan untuk editing video tingkat lanjut yang menitikberatkan pada pengoptimalan warna.

9. HitFilm Express

Anda akan menemukan beragam fitur editing, dari yang fitur dasar hingga fitur tingkat lanjut. HitFilm merupakan aplikasi editi video yang dapat diandalkan untuk beragam jenis editing. HitFilm cocok untuk Anda yang sedang mencari aplikasi video edit profesional. HitFilm juga cocok untuk Anda yang senang mengedit video untuk Youtube. Sayangnya, Anda perlu mempelajari dan membiasakan diri dengan interface-nya yang tidak mudah dioperasikan.

10. VideoPad

Jika Anda ingin mempelajari dan melakukan editan sederhana konten multimedia, maka VideoPad adalah aplikasi video edit gratis untuk Anda. Aplikasi yang hanya tersedia untuk Windows ini cocok digunakan untuk editing video sederhana. Karena untuk pemula VideoPad tidak dilengkapi dengan beragam fitur tingkat lanjut. Dengan demikian, aplikasi ini kurang cocok untuk Anda pengguna yang menginginkan editan yang kompleks.

Aplikasi-aplikasi edit video PC di atas merupakan aplikasi terbaik untuk Anda yang senang melakukan editing sederhana untuk berbagai keperluan, terutama untuk meng-upload video ke media sosial, seperti Instagram dan Youtube. Pengoperasian aplikasinya pun mudah. Anda dapat download aplikasi edit video pc secara gratis.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *