Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Cara Menggunakan Teamviewer

2 min read

Cara Menggunakan Teamviewer

Dapat dikatakan bahwa perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin pesat seperti saat ini, memiliki banyak efek pada berbagai kegiatan, salah satunya adalah koneksi atau hubungan antar perangkat.

Jika dulu penggunaan komputer hanya dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan oleh para penggunanya saja, maka kini Anda sudah dapat menjalin hubungan dengan komputer lain.

Dengan adanya jaringan internet, maka Anda sudah dapat melakukan berbagai macam hal melalui perangkat komputer yang digunakan bersama dengan perangkat komputer yang lain.

Tentunya hal ini dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi, salah satunya adalah Teamviewer.

Teamviewer adalah sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk menjadi media akses serta dukungan jarak jauh.

Apa Itu Team Viewer?

Teamviewer Adalah

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Teamviewer adalah software atau aplikasi jarak jauh dengan menghubungkan suatu perangkat komputer dengan perangkat komputer yang lain.

Penghubungan kedua perangkat ini dilakukan dengan menggunakan jaringan internet.

Jadi, aplikasi ini akan memudahkan Anda untuk saling berbagi antar komputer tanpa perlu bantuan hardware.

Aplikasi Teamviewer juga memungkinkan bagi dua perangkat komputer agar dapat melakukan chating, file transfering, video call, dan masih banyak lagi yang lain.

Dengan kata lain, seseorang yang menggunakan aplikasi ini akan memiliki mitra dari komputer pasangan dengan akses internet yang sama. Orang pertama juga dapat menjalankan komputer pada orang yang kedua.

Sebenarnya, terdapat tiga jenis Teamviewer yang dapat Anda gunakan.

Di antaranya seperti versi instalasi atau aplikasi, versi web dasar, dan juga versi portabel.

Ketiga versi dari Timeviewer tersebut tentunya memiliki fungsi dan kegunaan yang sama.

Hanya saja bentuk dari penggunaannya yang berbeda. Anda hanya perlu memilih salah satu versi yang diinginkan.

Fungsi dari Teamviewer

Fungsi Teamviewer Adalah

Jika Anda sudah memahami apa itu yang dinamakan dengan Teamviewer, tentunya Anda sudah dapat mengetahui pentingnya dan tingkat efektifitas dari aplikasi tersebut.

Selain itu, terdapat pula beberapa fungsi dari Teamviewer yang akan membantu hampir segala aktivitas Anda melalui komputer.

Berikut ini beberapa fungsi dari aplikasi Teamviewer.

  • Fungsi yang pertama adalah sebagai remote control. Dengan remote control ini, Anda dapat mengontrol komputer dari pihak kedua. Akan tetapi, Anda perlu tahu ID dari komputer kedua. Hal yang perlu untuk Anda lakukan yakni memasukkan ID dari komputer kedua, lalu klik pada Hubungkan ke mitra. Maka Anda sudah dapat mengaksesnya dari jarak jauh.
  • Fungsi selanjtunya dari Teamviewer ini adalah file transfer. Dapat dikatakan bahwa hal ini cukup mirip dengan server dan klien. Anda hanya perlu melakukan drag and drop untuk memindahkan suatu file dari server ke klien ataupun sebaliknya. Tentunya hal ini akan terasa sangat mudah untuk dilakukan, bahkan oleh para pemula sekalipun.
  • Fungsi lain dari Teamviewer ini adalah untuk meeting. Terdapat dua kolom pada bagian sebelah kiri, di mana pihak penyelenggara dapat menyediakan akses untuk pertemuan dengan orang lain. Anda dapat mengklik opsi pertemuan instan dan menghadiri pertemuan yang lain hanya dengan memasukan ID dari rapat dan dapat langsung bergabung.
  • Fungsi terakhir dari Teamviewer ini adalah melakukan panggilan dan chating. Anda dapat melakukan panggilan baik itu suara maupun video melalui aplikasi yang satu ini. Tidak hanya melakukan panggilan, Anda juga dapat saling berkirim pesan dengan komputer pihak kedua layaknya penggunaan sebuah media sosial.

Cara Untuk Menggunakan Teamviewer

Download Teamviewer Terbaru

Setelah Anda mengetahui fungsi dari Teamviewer, maka Anda sudah dapat memutuskan apakah aplikasi ini layak untuk digunakan ataupun tidak.

Jika Anda berminat untuk menggunakannya, maka perlu mengetahui caranya. Meskipun terlihat susah, namun Anda tetap perlu berhati-hati agar tidak terjadi kesalahan.

Untuk itu, berikut ini beberapa tahapan yang perlu untuk Anda ikuti.

  1. Tahapan pertama, download dan instal aplikasi Teamviewer pada kedua komputer yang ingin digunakan. Namun jika Anda ingin menggunakan versi web dari Teamviewer ini, maka Anda dapat langung membuka web resminya download teamviewer terbaru melalui aplikasi web browser yang ada di komputer Anda.
  2. Setelah itu, jalan aplikasi Teamviewer tersebut pada kedua komputer. Tunggu sampai ID serta kata sandi dari setiap kompter ditampilkan.
  3. Lalu sambungkan komputer dengan jaringan internet apabila Anda hendak melakukan proses kontrol secara jarak jauh dengan menggunakan jaringan internet.
  4. Kemudian pilih jenis koneksi yang hendak Anda gunakan. Beberapa opsi jenis koneksi yang dapat Anda pilih di antaranya seperti presentasi, dukungan jarak jauh, dan juga transfer file.
  5. Terakhir, masukan ID dari komputer yang digunakan berserta dengan kata sandinya sebagai remote. Lalu klik pada perintah “Sambungkan ke mitra”. Pastikan ID komputer dan juga kata sandi yang Anda masukkan benar. Apabila salah, tentunya proses penghubungan kedua komputer ini tidak akan berhasil.
  6. Kedua komputer yang Anda gunakan sebagai server dan klien sudah siap untuk digunakan untuk berbagai macam keperluan.

Jika Anda sudah mengetahui cara untuk menggunakan Teamviewer seperti yang telah dijelaskan di atas, tentunya Anda sudah dapat melakukan berbagai kegiatan dengan rekan atau teman melalui komputer.

Anda hanya perlu melakukan cara tersebut dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Laptop Vaio

Faizatun Ngafifah Faizatun Ngafifah
2 min read

Baterai Laptop

Faizatun Ngafifah Faizatun Ngafifah
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *