Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di HP

2 min read

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di HP

Setiap pengguna perangkat smartphone pasti pernah mengalami kejadian di mana tak sengaja menghapus sebuah file penting berupa video pada perangkat tersebut.

Hal ini tentu menjadi masalah tersendiri yang harus diselesaikan, terlebih jika video itu penting. Lantas, bagaimana cara mengembalikan video yang terhapus di HP?.

Terhapusnya file berupa video di dalam perangkat smartphone bisa terjadi tanpa adanya unsur kesengajaan, bisa jadi karena lalai dan kurang hati-hati.

Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengembalikan foto yang sudah terhapus di perangkat smartphone, para pengguna bisa memilih salah satu cara yang dianggap mudah.

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di HP

File yang disimpan dalam perangkat smartphone bisa jadi sangat penting bagi seseorang, jika file seperti video tiba-tiba secara tidak sengaja terhapus, tentu bukanlah hal yang menyenangkan.

Berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa dipakai dalam mengembalikan video terhapus dengan menggunakan perangkat Android.

• Pakai Mobilikin Doctor

Dengan menggunakan Mobilikin Doctor, pengguna smartphone bisa mengembalikan file yang terhapus tanpa harus melakukan root pada Android.

Tak hanya mengembalikan file saja, Mobilikin Doctor juga bisa mengembalikan semua jenis file, termasuk foto, video, email hingga kontak. Namun, proses penggunaannya mengharuskan pengguna memakai laptop atau PC.

Tak perlu khawatir jika Anda belum atau memiliki aplikasi ini, Anda tidak harus membelinya karena bisa meminjam teman dan kerabat yang sudah punya.

Selain itu, Mobilikin Doctor juga berfungsi untuk mengecek file apa pun yang ingin di pulihkan. Kondisi ini sangat membantu, dari segi waktu maupun efektivitas yang diberikan.

• Pakai Recuva

Cara terakhir mengembalikan file video yang terhapus di dalam perangkat Android tanpa melakukan root adalah dengan memakai aplikasi Recuva.

Dalam proses penggunaan, sama seperti aplikasi sebelumnya, recuva juga memerlukan laptop atau komputer. Nantinya perangkat ini disambungkan ke smartphone.

Para pengguna harus memastikan dahulu apakah instalan Recuva melalui laptop atau PC telah lancar dan tidak ada kendala.

Setelah semua perangkat terpasang, aplikasi ini akan melakukan proses pencarian file yang terhapus sesuai dengan permintaan. Anda hanya perlu memilih file mana yang akan dikembalikan.

Cara Mengembalikan Video Terhapus di HP Android

• Pakai WonderShare Mobile Trans

Aplikasi Wondershare Mobile Trans juga bisa digunakan mengatasi permasalahan hilangnya file video secara tidak sengaja terhapus.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga tidak perlu repot-repot melakukan root pada perangkat smartphone.

Penggunaan aplikasi ini memerlukan laptop, jika aplikasi ini sudah terpasang di laptop, Anda bisa mengembalikan file yang terhapus.

• Pakai Deleted Recovery Free

Deleted recovery merupakan aplikasi yang bisa diandalkan bagi para pengguna Android ketika file video tidak sengaja terhapus.

Dengan menggunakan aplikasi ini file video tersebut bisa dikembalikan seperti semula, untuk menggunakan aplikasi ini Anda perlu melakukan pengunduhan terlebih dahulu dan dipasangkan pada perangkat smartphone.

Cara Mengembalikan Video Terhapus Permanen di HP

• Dr Fone

Software dr Fone, menjadi perangkat selanjutnya yang bisa digunakan untuk mempermudah recovery atau pemulihan data baik itu file, foto dan video pada perangkat smartphone Android.

Bahkan perangkat ini dinobatkan sebagai software pemulihan data nomor satu di dunia, dr Fone diklaim memiliki tingkat keberhasilan pengembalian data tertinggi di dunia.

Perangkat pemulihan ini memiliki tiga mode pemilihan yang bisa digunakan dalam mengembalikan video yang sudah terhapus di ponsel.

Pertama mampu memulihkan file dari penyimpanan internal android, kedua mampu memulihkan data dari ponsel android yang telah rusak. Dan ketiga adalah mampu memulihkan file dari kartu SD android.

• Restore Image

Aplikasi ini sudah sangat terkenal di Play Store, selain itu performa dari aplikasi ini juga dapat langsung terlihat dengan sedikitnya deskripsi pada Play Store, langsung ke fitur layanan yang bisa digunakan untuk mengembalikan video yang secara tidak sengaja telah terhapus secara permanen pada perangkat smartphone.

Selain itu, dalam penggunaan aplikasi ini juga tanpa melalui root dan bisa diunduh tanpa membayar alias gratis.

Meski demikian, dalam proses penggunaannya nanti Anda akan disuguhkan beberapa iklan yang kerap muncul.

Namun, jika Anda ingin iklan tidak muncul pada layar, gunakan fitur premium untuk menghilangkan iklan.

• DigDeep

Aplikasi ini terkenal mampu mengembalikan file yang sudah terhapus sebelumnya, bisa dibilang DigDeep merupakan aplikasi yang paling populer jika Anda mencari cara untuk mengembalikan video yang sudah terahapus secara permanen.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa mengetahui apakah video yang terhapus itu dilakukan dengan sengaja atau tidak sengaja.

Jika aplikasi ini sudah terpasang,  DigDeep bisa secara otomatis akan melakukan pemindaian terhadap file yang sudah hapus di perangkat.

Setelah itu, para pengguna bisa melihat dan memeriksa video dan mengembalikannya secara utuh. Beberapa cara di atas bisa dipilih untuk bisa mengembalikan file tak hanya video.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *