Faizatun Ngafifah Seorang Publisher yang Hobi Membaca dan Menulis serta Menyukai Dunia Teknologi

Windows Movie Maker

2 min read

Windows Movie Maker

Windows Movie Maker merupakan sebuah perangkat lunak yang berasal dari bagian Windows Essentials 2012. Sesuai dengan namanya, fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk melakukan pengolahan secara digital terhadap cuplikan gambar bergerak atau video, misalnya saja untuk menambahkan efek visual, animasi maupun sebuah redaksi singkat yang berhubungan dengan pengeditian film tersebut.

Dapat dibilang jika aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi editing video yang banyak digunakan. Hal ini dikarenakan tampilannya yang terbilang sederhana sehingga mudah digunakan oleh para pemula sekalipun. Selain itu, aplikasi pengedit video ini juga memiliki ukuran file yang tergolong kecil dibandingkan dengan aplikasi pengedit video lainnya, namun video yang dihasilkanpun tidak kalah dengan aplikasi lain.

Kegunaan Windows Movie Maker

Kegunaan Windows Movie Maker

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika aplikasi Movie Maker besutan dari Windows ini memiliki kegunaan utama yakni membuat sebuah video atau film. Aplikasi ini mampu menyambung beberapa video ataupun gambar menjadi satu bagian dan memberikan efek transisi dalam setiap perpindahan. Hal ini akan membuat video yang dihasilkan menjadi lebih menarik.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat menambahkan maupun mengganti suara pada sebuah video. Jadi jika Anda ingin membuat video dengan hanya bermodalkan foto saja tidak perlu khawatir, karena dapat memberinya suara seperti lagu dan sebagainya. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memotong sebuah video dan suara dan membuat durasinya menjadi lebih singkat.

Kelebihan Windows Movie Maker

Kelebihan Windows Movie Maker

Kelebihan paling menonjol yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah tidak membutuhkan biaya untuk memakainya alias bersifat gratis. Jika Anda menginstall sistem operasi Windows, biasanya aplikasi ini sudah termasuk didalamnya. Jadi tidak perlu repot-repot lagi untuk mendownload sebuah aplikasi pengedit video pada PC yang digunakan.

Tampilan pada aplikasi ini juga terbilang sederhana sehingga mudah digunakan bahkan oleh para pemula. Logo-logo untuk fitur yang diusung pun juga mudah dipahami sehingga mampu mengurangi kesalahan ketika memilih fitur. Selain itu, aplikasi ini tergolong ringan dan mampu digunakan pada PC dengan spesifikasi standar sekalipun.

Tidak hanya itu, aplikasi ini merupakan buatan dari Microsoft, jadi tentunya sangat cocok jika digunakan dalam sistem operasi Windows. Berbagai fitur didalamnya akan mampu berintegrasi dengan baik sehingga membuat proses editing video menjadi lebih praktis dan mudah. Walaupun minim akan fitur, namun fitur yang tersedia sudah cocok digunakan untuk mengedit video secara sederhana.

Movie Maker ini juga memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga tidak menghabiskan ruang penyimpanan pada PC Anda. Cache video yang dihasilkan pun tidak sebesar cache pada aplikasi pengedit video lainnya. Jadi aplikasi ini memang sangat cocok untuk para pemula dan pengguna komputer berspesifikasi standard an low-end.

Kekurangan Windows Movie Maker

Kekurangan Windows Movie Maker

Kekurangan dari apliaksi ini adalah fitur-fiturnya yang kurang mendukung jika digunakan untuk editing video seperti jaman sekarang. Kelengkapan fitur seperti coloring, grading, dan lain sebagainya menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah aplikasi pengedit video. Maka dari itu, hal yang masih sangat disayangkan pada aplikasi ini adalah kelengkapan fiturnya tersebut.

Mungkin untuk sebatas mengedit video pribadi yang dinikmati oleh diri sendiri bukan menjadi masalah. Namun untuk sebuah pengeditan video secara profesional, aplikasi Movie Maker dari Windows ini sangat jauh dari kata layak. Jika dibandingkan dengan berbagai aplikasi pengedit video modern, kualitas editing video yang dihasilkan akan sangat jauh.

Hal yang menjadi kekurangan dari aplikasi ini adalah format file penyimpanan videonya yang sangat terbatas. Berbagai aplikasi pengedit video lainnya mampu menyimpan file dengan berbagai format yang sering digunakan pada saat ini. Namun berbeda dengan Movie Maker, aplikasi ini hanya mampu menyimpan video dengan beberapa format tertentu.

Cara Download Windows Movie Maker Resmi

Windows Movie Maker

Untuk mendownload aplikasi Movie Maker dari Windows ini secara resmi, Anda dapat mencarinya di internet. Hal ini dikarenakan sudah banyak situs yang menyediakan pengunduhan untuk aplikasi ini. Tinggal mengetikan “windows movie maker full crack” atau “windows movie maker for windows 7 free download full version”, maka akan muncul banyak pilihan.

Anda hanya perlu memilih salah satu situs yang dianggap cukup meyakinkan dan tidak berbelit-belit dalam proses downloadingnya. Banyak situs yang menyediakan Movie Maker dari Windows ini secara gratis. Perlu untuk diketahui, aplikasi ini gratis jadi jangan percaya jika ada sebuah situs yang menyediakan aplikasi ini namun menyuruh orang yang menginginkannya untuk membayar.

Walaupun memliki kekurangan yang cukup signifikan dibandingkan dengan aplikasi pengedit video lainnya, namun Windows Movie Maker mampu menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mengedit video namun computer yang digunakan berspesifikasi low-end. Selain itu, dengan segala kelebihannya, aplikasi ini sangat membantu orang yang hendak belajar mengedit video.

Avatar
Faizatun Ngafifah Seorang Publisher yang Hobi Membaca dan Menulis serta Menyukai Dunia Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *