Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Cara Membuat Barcode Lokasi

2 min read

Cara Membuat Barcode

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, maka kerap muncul berbagai hal praktis yang mulai dapat dilakukan. Salah satunya adalah pemberitahuan mengenai lokasi melalui undangan.

Banyak yang mengatakan penggambaran denah dalam undangan kurang akurat. Kini, hal ini sudah dapat ditangani dengan barcode. Untuk itu, berikut ini cara membuat barcode untuk lokasi.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan yang utama, mungkin Anda belum tahu mengenai barcode untuk lokasi tersebut.

Saat ini, hampir setiap orang memiliki smartphone yang berisikan aplikasi Maps. Dengan aplikasi ini, Anda hanya tinggal melakukan scan pada barcode yang ada dan lokasinya akan muncul di dalam aplikasi Maps.

Mengapa Harus Menggunakan Barcode Lokasi?

Keberadaan dari penggunaan barcode untuk lokasi ini, tentunya bukan karena tanpa sebab. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu alasan dari penggunaan barcode ini adalah tingkat kepraktisannya.

Namun, selain itu masih ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai alasan pemakaian barcode untuk lokasi sebagai berikut ini.

  • Saat ini, hampir semua orang memiliki smartphone dan tentunya di dalam smartphone yang mereka pakai terdapat aplikasi Maps. Jadi, dapat dipastikan bahwa setiap orang sudah dapat menggunakan barcode lokasi tersebut.
  • Salah satu aplikasi Maps yang pasti ada pada setiap smartphone adalah Google Maps. Nah, aplikasi Google Maps tersebut mudah untuk dibuka dan digunakan. Jadi Anda tidak perlu khawatir ada orang yang kesulitan dalam menggunakannya.
  • Aplikasi Google Maps ini, juga telah menyediakan layanan foto preview lokasi secara langsung. Jadi ketika Anda sudah berada pada titik di Google Maps dan masing bingung, Anda dapat melihat foto preview yang ada di dalam aplikasi tersebut.
  • Kelebihan dari barcode yang mungkin tidak dimiliki oleh teknik pemetaan yang lain, yakni dapat dibagikan. Baik itu melalui media sosial ataupun media yang lain. Jadi jika Anda orang yang belum memilikinya, Anda dapat membagikan denah dari lokasi yang dituju.
  • Dengan menggunakan barcode lokasi, maka Anda tidak perlu khawatir jika lokasi yang ada di undangan telah rusak dan tidak dapat terlihat dengan jelas. Bahkan Anda juga dapat menyimpan lokasi pada Google Maps tersebut secara permanen.

Cara Membuat Barcode Lokasi

Ketika Anda sudah mengetahui beberapa hal mengenai kelebihan dan kepraktisan penggunaan barcode lokasi ini, tentunya Anda sudah dapat memutuskan untuk menggunakannya atau tidak.

Jika Anda tetap ingin menggunakannya, maka Anda dapat mengikuti beberapa tahapan dalam cara mebuat barcode lokasi sebagai berikut.

  1. Tahapan pertama, Anda perlu untuk menginstal sebuah aplikasi yang bernama Barcode Generator. Anda bisa mendapatkan aplikasi yang satu ini, melalui Google Play Store secara gratis.
  2. Jika proses instalasi aplikasi sudah selesai, maka Anda dapat segera membuka aplikasi Google Maps yang ada di smartphone Anda. Jika aplikasi Google Maps tidak ada, maka Anda dapat juga mendownload dan menginstalnya terlebih dahulu.
  3. Setelah itu, buka aplikasi Google Maps. Cari lokasi yang hendak dibuat barcode-nya. Anda dapat mencarinya melalui peta yang tersedia, ataupun menuliskan lokasi yang dituju pada kolom kosong secara manual.
  4. Jika alamat yang Anda maksud sudah ditemukan, maka buka alamat tersebut. Scroll ke bawah hingga Anda menemukan beberapa menu yang dapat digunakan. Pada menu tersebut, Anda perlu memilih opsi “Share” untuk berbagai Maps.
  5. Ketika Anda mentap pada opsi “Share” ini, maka akan muncul beberapa pilihan aplikasi yang dapat digunakan. Maka dari itu, cari dan pilih aplikasi Barcode Generator yang tadi sudah Anda download.
  6. Nantinya, secara otomatis aplikasi Barcode Generator ini akan memunculkan sebuah barcode yang berisikan alamat tersebut. Untuk menyimpannya, Anda dapat menggunakan fitur screenshot pada smartphone Anda.

Saran

  • Teliti dan berhati-hatilah dalam membuat barcode lokasi, cek sekali lagi, pastikan anda membuatnya sudah benar dan tepat, jika tampilan pada barcode tersebut salah ataupun rusak sehingga menjadi berbeda, maka Google Maps dapat menunjukkan arah yang salah. Tentunya hal ini sangat fatal jika terjadi.
  • Walaupun sudah tercantum barcode lokasi, alangkah baiknya jika Anda tetap menggambarkan denah dari lokasi yang dituju.
  • Jika ada seseorang yang tidak Anda kenal mengirimkan alamat yang dituju melalui barcode, Abaikan saja! Hal tersebut bertujuan untuk menghindari sesuatu yang tidak kita inginkan, main-main atau iseng dari orang yang tidak bertanggung jawab maupun tindak kejahatan.

Dengan menggunakan cara membuat barcode seperti yang telah dijelaskan di atas, tentunya Anda sudah dapat mewujudkan sebuah efektifitas dan juga keakuratan dalam menunjukan alamat.

Anda dapat menempelkan barcode yang tadi sudah disimpan pada undangan yang disiapkan.

Semoga bermanfaat. Salam Aksitekno!

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *