Cara Membuat Kartu Nama

2 min read

Pastinya Anda sudah asing lagi dengan yang namanya kartu nama. Ataupun Anda juga pernah mendapatkan sebuah kartu nama dari suatu instansi atau seseorang secara personal.

Kartu nama ini merupakan sebuah kartu yang berfungsi untuk memberikan informasi dari pihak terkait guna memperkenalkan diri. Biasanya kartu nama digunakan personal branding hingga profesionalitas.

Di dalam kartu nama tersebut, biasanya berisikan nama, nomor telepon, alamat, dan juga hal lain yang patut untuk dipublikasikan. Tentunya bagi Anda yang memiliki kebutuhan tertentu seperti promosi ataupun yang lain, membuthkan sebuah kartu nama.

Jika Anda masih bingung dan tidak tahu bagaimana untuk membuatnya, maka dapat mengetahui cara membuat kartu nama berikut ini.

Membuat Kartu Nama Menggunakan Template di Microsoft Word

Cara Membuat Kartu Nama

Cara pertama yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word. Aplikasi yang satu ini, memang sudah menyediakan template kartu nama yang siap untuk Anda gunakan.

Jadi Anda hanya perlu memilih salah satu dari beberapa template yang disediakan. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini tahapan-tahapan yang perlu untuk Anda ikuti.

  1. Tahapan pertama, tentunya Anda perlu membuka aplikasi Microsoft Word yang sudah terinstal di PC atau laptop Anda.
  2. Setelah itu, klik pada menu file yang posisinya terletak di bagian sudut kiri atas.
  3. Lalu klik pada opsi New untuk membuat sebuah dokumen yang baru.
  4. Perhatikan pada kolom pencarian. Anda perlu menulis kata “business card” di dalam kolom tersebut, lalu klik enter pada keyboard.
  5. Nantinya akan muncul beberapa template untuk kartu nama yang dapat Anda pilih. Untuk itu, Anda dapat memilih salah satu template yang sekiranya diminati.
  6. Selanjutnya klik pada opsi Create untuk memulai proses pembuat kartu nama itu.
  7. Kemudian Anda dapat mengganti semua informasi atau data yang berada di dalam template tersebut, mulai dari nama, alamat rumah, nomor telepon, dan juga alamat email.
  8. Terakhir, klik Save untuk menyimpan kartu nama yang sudah Anda buat. Anda juga dapat langsung mencetak kartu nama tersebut.

Membuat Kartu Nama Menggunakan Tabel di Microsoft Word

Selain menggunakan template yang telah disediakan, Anda juga dapat memanfaatkan fitur tabel yang ada di Microsoft Word untuk membuat sebuah kartu nama.

Dengan menggunakan tabel, Anda dapat membuat desain kartu nama yang sederhana hingga seperti yang Anda inginkan seperti menambahkan logo perusahaan. Untuk itu, berikut ini langkah-langkah yang perlu untuk diikuti.

  1. Langkah pertama, Anda dapat membuka aplikasi Microsoft Word yang sudah ada di PC atau laptop Anda.
  2. Setelah itu, Klik pada tab Instert. Perhatikan pada sub menu bernama Table, dan klik pada sub menu tersebut.
  3. Kemudian Anda dapat menentukan seberapa kolom dan juga baris yang hendak diterapkan untuk membuat kartu nama sesuai dengan jumlah yang diinginkan.
  4. Lalu perbesar ukuran tabel yang tadi sudah dibuat untuk menentukan ukuran kartu nama yang diinginkan.
  5. Lanjut dengan mengisi tabel kosong tersebut dengan data diri Anda seperti nama, alamat, nomor telepon, alamat email, dan juga berbagai informasi yang diperlukan.
  6. Anda juga dapat memasukan kombinasi dari gambar, shape, maupun logo yang dinilai mendukung informasi yang terkandung di dalam kertu nama tersebut.
  7. Ketika satu kolom sudah tersisi dengan data dan desain yang Anda inginkan, Anda dapat menyalin semua data yang ada di dalam kolom tersebut ke dalam kolom berikutnya. Lakukan penyalinan data ini pada semua kolom hingga semuanya penuh.
  8. Jika sudah, Anda dapat mengklik Save untuk menyimpan hasil pembuatan kartu nama tersebut. Anda juga dapat langsung mencetak desain kartu nama yang sudah dibuat.
✅ TRENDING :  Cara Download Video di Facebook

Membuat Desain Kartu Nama Online Melalui Canva

Cara berikutnya yang dapat Anda coba untuk membuat sebuah kartu nama yakni dengan menggunakan web Canva secara online.

Canva memang sudah terkenal dengan kegunaannya dalam membuat berbagai macam desain, termasuk juga dengan kartu nama.

Jika Anda belum tahu cara untuk membuatnya, maka berikut ini beberapa tahapan yang perlu untuk Anda ikuti.

  1. Tahapan pertama, bukalah web browser yang ada di laptop atau PC Anda. Lalu masuk ke dalam web Canva terlebih dahulu.
  2. Jika Anda belum memiliki akun, maka perlu mendaftar lebih dulu. Namun jika sudah memilikinya, maka tinggal langsung masuk.
  3. Ketika sudah berada di halaman web Canva, Anda dapat memilih menu Create Design.
  4. Lalu pilih lagi opsi Business Card.
  5. Nantinya akan muncul halaman baru berisikian berbagai template untuk kartu nama yang dapat Anda pilih.
  6. Setelah itu, Anda dapat mengedit template dari kartu nama yang sudah dipilih sesuai dengan keinginan. Anda juga dapat membuat kartu nama dua sisi.
  7. Jika Anda sudah selesai dalam proses pengeditan, Anda dapat menyimpan desain kartu nama tersebut dengan mengklik opsi Download. Selain itu, Anda juga dapat langsung mencetaknya secara langsung dari web.

Meskipun terlihat sepele, namun kartu nama ini sudah terbukti memiliki efektifitas yang tinggi dalam memajukan sebuah bisnis terutama untuk media promosi.

Jadi, dengan mengetahui cara membuat kartu nama di atas, Anda dapat lebih mudah memperkenalkan diri ataupun bisnis yang dimiliki