Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Harga Modem

2 min read

Harga Modem

Pada saat ini, internet merupakan salah satu kebutuhan yang wajib untuk dipenuhi, terutama bagi Anda yang memiliki kegiatan dengan mobilitas tinggi.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan dalam menyediakan layanan internet ini, adalah dengan menggunakan modem.

Untuk itu, Anda dapat mengetahui cara memilih, cara menggunakan, dan juga harga modem.

Dapat dikatakan bahwa, penggunaan modem ini terbilang lebih simpel dan mudah jika dibandingkan dengan penyediaan Wifi ataupun mencari area Wifi.

Selain itu, penggunaan dari perangkat yang satu ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan juga biaya yang Anda miliki.

Maka dari itu, tidak sedikit orang yang memilih untuk menggunakan modem dalam menyediakan jaringan internet.

Cara Memilih Modem yang Baik

Modem 4G

Perlu untuk Anda ketahui, bahwa saat ini banyak produsen yang telah menyediakan modem.

Dengan banyaknya jenis dan merek modem yang ada di pasaran tersebut, tentunya juga membuat Anda perlu memilih salah satu modem yang paling tepat.

Untuk itu Anda tidak usah khawatir, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan satu modem yang terbaik.

  1. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan, yakni menentukan salah satu operator penyedia layanan internet. Anda perlu memlih salah satu operator sesuai dengan lokasi Anda. Pastikan bahwa operator tersebut memiliki sinyal yang kuat. Jangan sampai Anda merasa rugi karena konektifitas yang tidak stabil.
  2. Selain itu, Anda juga perlu untuk memilih merek modem yang hendak digunakan. Dapat dibilang bahwa, memilih merek modem ternama akan jauh lebih aman. Dengan banyaknya orang yang sudah membuktikan kualitas dari merek modem tersebut, maka hal ini dapat Anda jadikan sebagai salah satu acuan dalam memilih modem terbaik.
  3. Selanjutnya, Anda perlu memilih modem sesuai dengan jenis operator dan jaringan yang digunakan. Seperti yang telah diketahui, saat ini terdapat dua jenis operator meliputi GSM dan CDMA, dan jaringan 2G, 3G, serta 4G. Sebagai saran jenis operator dan jaringan yang bagus, Anda dapat memilih modem GSM 4G.
  4. Anda juga perlu menyesuaikan modem yang akan digunakan, dengan sistem operasi pada perangkat PC atau laptop Anda. Mungkin untuk sistem operasi Windows, sudah banyak modem yang support. Namun berbeda halnya dengan sistem operasi Linux ataupun Mac OS. Anda perlu memperhatikan agar modem tersebut dapat digunakan.
Baca Juga : Modem Wifi Terbaik

Cara Menggunakan Modem yang Benar

Setelah Anda menentukan satu modem yang paling bagus, maka Anda juga perlu tahu cara untuk menggunakannya.

Sebelum itu, Anda juga sudah harus menyiapkan sebuah kartu SIM yang sesuai dengan modem tersebut.

Jika sudah, maka Anda dapat langsung mengikuti beberapa tahapan sebagai berikut ini.

  1. Tahapan pertama yang perlu untuk Anda lakukan, yakni memasang kartu SIM pada modem. Lalu tancapkan modem tersebut pada USB yang ada di PC atau laptop. Ketika modem sudah terpasang, maka Anda membutuhkan driver untuk menggunakannya. Anda tidak usah khawatir, karena biasanya driver sudah ada pada modem tersebut.
  2. Setelah itu, Anda dapat langsung menginstal driver dari modem tersebut. Cara untuk menginstal driver ini juga cukup mudah. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang diberikan, sama seperti ketika Anda menginstal driver untuk suatu aplikasi. Jika driver sudah diinstal, maka modem tersebut akan terdeteksi pada device manager.
  3. Selanjutnya, Anda dapat membuat koneksi sesuai pengaturan yang disediakan oleh operator seluler yang Anda guanakan. Ketika proses pengaturan ini selesai, maka Anda sudah dapat langsung mengaktifkan koneksi melalui modem tersebut.
  4. Untuk mengaktifkan koneksi melalui modem ini, Anda hanya perlu mengklik pada kotak bertuliskan “Connect” yang tersedia pada halamanan modem. Dengan ini, maka PC atau laptop Anda sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Anda sudah dapat melakukan aktivitas melalui koneksi internet yang ada.

Kisaran Harga Modem di Pasaran

Dengan cara memilih modem yang tepat dan cara menggunakan modem yang baik seperti yang telah dijelaskan di atas, tentunya Anda sudah tidak khawatir jika membutuhkan koneksi di rumah atau di mana saja.

Namun, mungkin Anda masih bingung untuk menentukan satu merek modem yang tepat.

Untuk itu, berikut ini beberapa merek modem yang direkomendasikan beserta harganya.

  • Advance DT-100, sebuah modem 4G yang mendukung pada jaringan GSM, CDMS, TDD-LTE, dan FFD-LTE. Modem ini memiliki kecepatakn download hingga 100 Mbps dan upload 50 Mbps. Harga dari modem satu ini, yakni berkisar 310 ribu rupiah.Modem 4G
  • Sierra Aircard 320U, sebuah modem yang sudah mendukung jenis jaringan 4G. Kecepatan download yang mampu disediakan, yakni hingga 100 Mbps. Harga dari modem ini, berkisar 425 ribu rupiah.Modem GSM 4G
  • Huawei E8372, meruapakan salah satu modem terbaik untuk saat ini. Dengan kecepatan download hingga 150 Mbps dan juga upload hingga 50 Mbps, modem yang satu ini dibanderor dengan harga sekitar 555 ribu rupiah.Harga Modem

Mungkin masih banyak lagi merek modem yang menarik untuk Anda coba. Akan tetapi, ketiga modem di atas merupakan rekomendasi bagi Anda yang menginginkan sebuah modem dengan harga relatif terjangkau, namun memiliki kualitas terbaik.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *