Faizatun Ngafifah Seorang Karyawati di Salah Satu Perusahaan Nasional

Harga Modem

7 min read

Harga Modem

Pada saat ini, internet merupakan salah satu kebutuhan yang wajib untuk dipenuhi, terutama bagi Anda yang memiliki kegiatan dengan mobilitas tinggi.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan dalam menyediakan layanan internet ini, adalah dengan menggunakan modem.

Untuk itu, Anda dapat mengetahui cara memilih, cara menggunakan, dan juga harga modem.

Dapat dikatakan bahwa, penggunaan modem ini terbilang lebih simpel dan mudah jika dibandingkan dengan penyediaan Wifi ataupun mencari area Wifi.

Selain itu, penggunaan dari perangkat yang satu ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan juga biaya yang Anda miliki.

Maka dari itu, tidak sedikit orang yang memilih untuk menggunakan modem dalam menyediakan jaringan internet.

Cara Memilih Modem yang Baik

Modem 4G

Perlu untuk Anda ketahui, bahwa saat ini banyak produsen yang telah menyediakan modem.

Dengan banyaknya jenis dan merek modem yang ada di pasaran tersebut, tentunya juga membuat Anda perlu memilih salah satu modem yang paling tepat.

Untuk itu Anda tidak usah khawatir, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan satu modem yang terbaik.

  1. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan, yakni menentukan salah satu operator penyedia layanan internet. Anda perlu memlih salah satu operator sesuai dengan lokasi Anda. Pastikan bahwa operator tersebut memiliki sinyal yang kuat. Jangan sampai Anda merasa rugi karena konektifitas yang tidak stabil.
  2. Selain itu, Anda juga perlu untuk memilih merek modem yang hendak digunakan. Dapat dibilang bahwa, memilih merek modem ternama akan jauh lebih aman. Dengan banyaknya orang yang sudah membuktikan kualitas dari merek modem tersebut, maka hal ini dapat Anda jadikan sebagai salah satu acuan dalam memilih modem terbaik.
  3. Selanjutnya, Anda perlu memilih modem sesuai dengan jenis operator dan jaringan yang digunakan. Seperti yang telah diketahui, saat ini terdapat dua jenis operator meliputi GSM dan CDMA, dan jaringan 2G, 3G, serta 4G. Sebagai saran jenis operator dan jaringan yang bagus, Anda dapat memilih modem GSM 4G.
  4. Anda juga perlu menyesuaikan modem yang akan digunakan, dengan sistem operasi pada perangkat PC atau laptop Anda. Mungkin untuk sistem operasi Windows, sudah banyak modem yang support. Namun berbeda halnya dengan sistem operasi Linux ataupun Mac OS. Anda perlu memperhatikan agar modem tersebut dapat digunakan.
Baca Juga : Modem Wifi Terbaik

Cara Menggunakan Modem yang Benar

Setelah Anda menentukan satu modem yang paling bagus, maka Anda juga perlu tahu cara untuk menggunakannya.

Sebelum itu, Anda juga sudah harus menyiapkan sebuah kartu SIM yang sesuai dengan modem tersebut.

Jika sudah, maka Anda dapat langsung mengikuti beberapa tahapan sebagai berikut ini.

  1. Tahapan pertama yang perlu untuk Anda lakukan, yakni memasang kartu SIM pada modem. Lalu tancapkan modem tersebut pada USB yang ada di PC atau laptop. Ketika modem sudah terpasang, maka Anda membutuhkan driver untuk menggunakannya. Anda tidak usah khawatir, karena biasanya driver sudah ada pada modem tersebut.
  2. Setelah itu, Anda dapat langsung menginstal driver dari modem tersebut. Cara untuk menginstal driver ini juga cukup mudah. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang diberikan, sama seperti ketika Anda menginstal driver untuk suatu aplikasi. Jika driver sudah diinstal, maka modem tersebut akan terdeteksi pada device manager.
  3. Selanjutnya, Anda dapat membuat koneksi sesuai pengaturan yang disediakan oleh operator seluler yang Anda guanakan. Ketika proses pengaturan ini selesai, maka Anda sudah dapat langsung mengaktifkan koneksi melalui modem tersebut.
  4. Untuk mengaktifkan koneksi melalui modem ini, Anda hanya perlu mengklik pada kotak bertuliskan “Connect” yang tersedia pada halamanan modem. Dengan ini, maka PC atau laptop Anda sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Anda sudah dapat melakukan aktivitas melalui koneksi internet yang ada.

Kisaran Harga Modem di Pasaran

Dengan cara memilih modem yang tepat dan cara menggunakan modem yang baik seperti yang telah dijelaskan di atas, tentunya Anda sudah tidak khawatir jika membutuhkan koneksi di rumah atau di mana saja.

Namun, mungkin Anda masih bingung untuk menentukan satu merek modem yang tepat.

Untuk itu, berikut ini beberapa merek modem yang direkomendasikan beserta harganya.

  • Advance DT-100, sebuah modem 4G yang mendukung pada jaringan GSM, CDMS, TDD-LTE, dan FFD-LTE. Modem ini memiliki kecepatakn download hingga 100 Mbps dan upload 50 Mbps. Harga dari modem satu ini, yakni berkisar 310 ribu rupiah.Modem 4G
  • Sierra Aircard 320U, sebuah modem yang sudah mendukung jenis jaringan 4G. Kecepatan download yang mampu disediakan, yakni hingga 100 Mbps. Harga dari modem ini, berkisar 425 ribu rupiah.Modem GSM 4G
  • Huawei E8372, meruapakan salah satu modem terbaik untuk saat ini. Dengan kecepatan download hingga 150 Mbps dan juga upload hingga 50 Mbps, modem yang satu ini dibanderor dengan harga sekitar 555 ribu rupiah.Harga Modem

Pada saat ini, bisa dikatakan bahwa kebutuhan akan akses internet semakin meningkat.

Untuk mengakomodasikan hal ini, Huawei yang merupakan salah satu raksasa elektronik dari Cina telah membuat produk berupa modem guna menyediakan koneksi internet.

Produk Modem Huawei ini, juga mulai banyak beredar di pasaran dan siap untuk digunakan.

Tipe Modem Huawei

Dalam memproduksi perangkat modem, saat ini Huawei tidak hanya memiliki satu tipe produk saja.

Huawei sudah memiliki beberapa perangkat modem yang siap untuk memberikan layanan berupa jaringan internet bagi para penggunanya.

Jika Anda belum mengetahuinya, maka berikut ini beberapa tipe modem dari Huawei yang sudah beredar di pasaran.

  • Huawei E5186S, sebuah Modem 4G yang memiliki kecepatan akses melebihi 150 Mbps. Bahkan modem yang satu mampu memberikan akses download hingga 300 Mbps serta upload 50 Mbps. Selain itu, modem ini bisa terhubung pada 64 perangkat.
  • Huawei E5577, Modem GSM 4G yang telah mendukung semua jaringan. Selain jaringan 4G, dengan modem ini Anda dapat melakukan koneksi dengan jaringan 3G dan juga 2G. Modem ini dapat terhubung sekaligus dengan 10 perangkat.
  • Huawei E3372, sebuah modem yang diperuntukan bagi perangkat laptop, PC, dan juga notebook. Hal ini dikarenakan modem tersebut, merupakan sebuah modem USB. Modem satu ini juga dapat melakukan akses pada jaringan 2G, 3G, dan 4G.
  • Huawei E5573, merupakan sebuah modem Wifi atau Mi-Fi yang bersifat portabel. Modem ini, sangat mendukung kebutuhan internet dari berbagai macam perangkat. Selain itu, daya baterai yang dimiliki juga cukup tangguh, bahkan mampu bertahan sampai 6 jam.
  • Huawei E353, merupakan sebuah perangkat modem yang cocok bagi Anda yang menginkan sebuah modem USB dengan harga terjangkau. Modem ini juga memiliki bentuk yang simpel dan praktis, sehingga akan memudahkan dalam penggunaannya.
  • Huawei E5673, sebuah modem Wifi dengan bentuk yang elegan. Hal ini tentunya akan membantu Anda dalam membangun penampilan. Modem ini dapat digunakan untuk 10 perangkat sekaligus.
  • Huawei E3276, modem USB dengan harga yang terjangkau. Dalam hal jaringan, modem ini telah mendukung dua jenis jaringan yakni 3G dan juga 4G. Selain itu, modem ini juga bersifat praktis ketika digunakan dan tidak akan mengganggu pernagkay yang lain.
  • Huawei HG8245A, sebuah modem Wifi yang sudah terintegrasi pada jenis jaringan fiber optic. Jika Anda mengalami masalah dengan Wifi yang ada di rumah, maka penggunaan modem yang satu ini adalah pilihan paling tepat.
  • Huawei E8372, sebuah modem USB unggulan dari Huawei. Tidak hanya pada PC ataupun laptop, modem ini juga dapat terhubung dengan smartphone. Modem ini juga dapat diisi dengan memori Sdcard, sehingga juga dapat digunakan sebagai pengganti flashdisk.
  • Huawei B660, modem Wifi yang cocok bagi Anda yang sedang mencari modem untuk PC dan smartphone dengan harga murah. Secara umum, dapat dikatakan bahwa seri ini memiliki kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan seri yang lain.

Cara Memilih Modem dari Huawei

Jika Anda sudah mengetahui beberapa tipe modem dari Huawei di atas, tentunya Anda sudah mengetahui tipe modem dari Huawei yang cocok untuk digunakan.

Akan tetapi sebelum Anda memutuskannya, alangkah baiknya jika Anda mengetahui beberapa tips dalam memilih modem dari Huawei sebagai berikut ini.

  • Hal pertama, Anda perlu memperhatikan jenis konektifitas yang didukung. Beberapa jenis jaringan yang dikenal masyarakat saat ini, yakni 2G, 3G, dan juga 4G. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan modem yang kompatibel dengan jaringan yang Anda gunakan. Hal ini bertujuan untuk menghindari berbagai macam masalah pada konektifitas.
  • Setelah itu, Anda juga perlu memperhatikan akan kebutuhan internet Anda. Jenis modem besar, biasanya digunakan untuk rumah, cafe, dan berbagai tempat lainnya. Sedangkan untuk penggunaan pribadi yang mudah digunakan dan dibawa kemana-mana, maka jenis modem portabel lebih cocok.
  • Hal terakhir yang perlu Anda pertimbangkan adalah budget yang dimiliki. Jangan sampai Anda telah membeli modem dengan harga mahal, namun jaringan yang digunakan tidak cocok. Untuk itu, harga dari modem tersebut tidak bisa Anda jadikan sebagai acuan untuk memilih modem yang terbaik.

Cara Melihat Tipe Modem dari Huawei

Sesuai dengan informasi yang telah dijelaskan di atas, bahwa penggunaan dari modem Huawei tersebut sangat tergantung dari tipe atau seri mode Huawei yang digunakan.

Untuk itu, tentunya Anda perlu tahu tipe dari modem tersebut. Jika Anda belum tahu, maka berikut ini cara yang dapat Anda lakukan.

  • Cara pertama, Anda dapat memeriksa label produk yang berada di bagian luar kemasan. Label tersebut, berisikan semua informasi mengenai produk yang bersangkutan termasuk dengan tipe atau serinya.
  • Cara yang kedua, yakni dapat Anda lakukan dengan melihat informasi produk yang berada di bagian dalam. Hal ini dapat Anda lakukan dengan melepas tutup baterai, maka Anda akan mendapat sebuah label yang berisikan informasi mengenai produk termasuk dengan serinya.

Memang banyak sekali produsen yang menyediakan produk berupa modem. Akan tetapi, tidak semua produsen tersbut mampu untuk membuat modem yang baik.

Dengan banyaknya pengguna, maka modem Huawei merupakan salah satu modem yang direkomendasikan.

Jaringan internet yang paling mutakhir sejak tahun 2015 adalah jaringan 4G.

hal ini dibuktikan dari banyaknya operator telepon yang telah menawarkan paket internet 4G dengan memberikan berbagai jenis promo menarik.

Bahkan hal ini juga telah bermunculan modem USB 4G yang bisa dinikmati oleh para pengguna internet supaya menjelajahi internet lebih lancar dan menyenangkan.

5 Daftar Modem USB 4G Paling Cepat

Modem memang dapat digunakan untuk para pengguna laptop atau PC supaya proses browsing dapat berjalan lebih baik.

Sementara untuk modem yang dijual di pasaran juga sudah sangat beragam. Terlebih lagi modem juga sudah dilengkapi dengan jaringan 4G.

Sebagai hahan pertimbangan sebelum memutuskan melakukan pembelian USB modem 4G, Anda bisa menyimak 4 daftar modem 4G paling cepat berikut ini:

1. Huawei E8372

Untuk modem USB Huawei ini telah dibekali dengan adanya chipset wi-fi, dengan begitu dapat terhubung dalam 10 perangkat sekaligus.

Dengan hal ini maka untuk Huawei ini benar-benar memiliki fungsi untuk dapat dijadikan sebagai wi-fi.

Bahkan hal ini seperti layaknya modem MIFI. Untuk kecepatan download yang ditawarkan dapat mencapai hingga 150 mbps.

2. ZTE MF831

Jika dilihat dari segi desainnya, untuk modem 4G USB ZTE ini memang memiliki tampilan yang biasa dan tidak ada yang spesial.

Akan tetapi jika berbicara mengenai kecepatan, tentunya modem ini bisa diunggulkan, karena mampu mendukung frekuensi 800 hingga 2600 mhz.

Untuk penggunaan sinyal 4G bisa mendapatkan kecepatan mendownload mencapai 150 mbps.

3. Advance DT-100

Untuk modem Advan ini sudah mendapatkan dukungan koneksi pada jaringan FDD-LTE/TDD-LTE/WCDMA/GSM.

Dengan adanya dukungan tersebut, maka Anda dapat menikmati kecepatan mendownload mencapai 100 mbps serta kecepatan dalam mengupload kisaran 50 mbps.

Perangkat modem ini juga dapat dijadikan sebagai wi-fi hotspot dengan 8 pengguna.

4. Sierra Aircard 320U

Modem yang satu ini sudah terkenal mempunyai kecepatan download dan upload kurang lebihnya seperti Advan DT-100.

Selain itu modem ini juga mampu bekerja dalam frekuensi 1800/2600 MHz.

Tidak hanya itu saja, karena untuk produk modem ini juga telah tersedia slot micro sd card, sehingga dapat digunakan pada kapasitas mencapai 32 GB.

Tips Memilih Modem 4G Terbaik

Salah satu jenis alat yang memiliki fungsi sebagai penerima sinyal supaya dapat berinternet adalah modem.

Untuk itu melakukan pemilihan modem USB 4G terbaik menjadi alasan yang membuat Anda harus teliti sebelum menentukan pilihan.

Berikut ini ada tips yang bisa membantu Anda ketika ingin memilih modem 4G terbaik, yaitu:

1. Lihat Kecepatan Akses

Untuk kecepatan akses harus dipertimbangkan dan dilihat dengan sebaik mungkin untuk memastikan bahwa modem 4G yang Anda pilih tersebut benar-benar memiliki kecepatan maksimal.

Ada baiknya apabila Anda memilih 4G LTE pada GSM atau EVDO pada CDMA atau bisa juga dengan memilih keduanya. Jika semakin tinggi, maka akan semakin bagus pula.

2. Pemilihan Merek

Untuk pemilihan merek disarankan bagi Anda untuk memilih modem yang sudah ternama.

Anda bisa mencari tahunya melalui beberapa rekomendasi dari teman atau juga bisa mencari di toko online yang paling banyak diminati.

Jangan sampai Anda memilih merk yang tidak terkenal hanya karena menawarkan harga yang lebih murah.

Lebih baik membeli lebih mahal namun berkualitas.

3. Perhatikan Plug and Play

Di dalam modem fitur plug-and-play ini sangat penting sekali, karena berkat adanya fitur inilah Anda tidak perlu repot.

Anda tidak membutuhkan cd-rom pada saat ingin melakukan penginstalan driver.

Namun modem akan melakukan proses instalasi driver ketika dimasukkan dalam port USB.

4. Sesuaikan Pada Sistem Operasi

Untuk setiap produk modem tentunya akan diberikan keterangan mengenai kompabilitas dari sistem operasi.

Untuk Anda pengguna sistem operasi Windows 7 maupun Windows XP, tentunya sangat beruntung karena hampir semua produk modem USB yang ada di pasaran sudah kompatibel pada OS Microsoft.

5. Sesuaikan Pada Sinyal dan Operator di Daerah Anda

Produk modem memang terbagi pada dua jenis, yaitu CDMA dan GSM. Ada juga modem yang mensupport keduanya.

Sebelum melakukan pembelian Anda harus tahu jenis operator dan juga sinyal sesuai di daerah Anda.

Jangan memilih operator yang di daerah Anda susah sinyal karena hal ini sama saja modem tidak bisa memiliki kecepatan yang sempurna.

6. Budget

Cara terakhir yang harus Anda perhatikan sebelum membeli sebuah modem yaitu menentukan budget yang Anda miliki.

Pilihlah modem yang sesuai dengan budget. Jangan hanya asal memilihnya saja, karena untuk modem yang murah belum tentu memiliki kualitas yang bagus.

Meskipun Anda memiliki budget pas-pasan, namun Anda tetap disarankan untuk lebih teliti.

Penggunaan modem saat ini memang dianggap jauh lebih mudah dan praktis, terutama bagi para pengguna laptop ataupun PC.

Akan tetapi seiring berkembangnya zaman para pengguna ndroid juga banyak yang sudah menggunakan modem.

Ditambah lagi dengan banyaknya pemilihan modem yang ada di pasaran, maka membuat jumlah peminat semakin meningkat.

Mungkin masih banyak lagi merek modem yang menarik untuk Anda coba.

Akan tetapi, jenis – jenis modem di atas merupakan rekomendasi bagi Anda yang menginginkan sebuah modem dengan harga relatif terjangkau, namun memiliki kualitas terbaik.

Faizatun Ngafifah Seorang Karyawati di Salah Satu Perusahaan Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *