Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

2 min read

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Hampir semua orang terutama yang berprofesi sebagai pegawai kantoran, mahasiswa dan juga pelajar, memiliki laptop sebagai prasarana dalam menyelesaikan tugas yang dimilikinya.

Akan tetapi banyak permasalahan yang sering terjadi pada laptop tersebut, seperti keyboard yang error. Jika Anda memiliki masalah ini, maka perlu mengetahui cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak.

Penyebab dari Keyboard Laptop Error

Sebelum masuk ke dalam pembahasan utama, alangkah baiknya jika Anda mengetahui beberapa hal yang dapat menyebabkan keyboard pada laptop Anda menjadi error atau rusak.

Untuk informasi lebih lengkapnya, langsung saja berikut ini beberapa faktor yang mampu menjadi penyebab dari error atau rusaknya keyboard pada laptop.

  • Hal pertama yang dapat menjadi penyebab error pada keyboar laptop, yakni terjadi masalah pada setelan dari keyboard itu sendiri.
  • Selain itu, Driver keyboard yang error ataupun out of date juga dapat menjadi penyebab masalah dalam keyboard. Hal ini membuat keyboard laptop menjadi tidak dapat digunakan sama sekali.
  • Hal yang sering menjadi penyebab rusak atau error pada keyboard, adalah adanya kotoran atau debu yang menghalangi key. Masalah ini sering terjadi biasanya karena pemilik laptop yang terlalu jarang untuk membersihkannya.
  • Yang terakhir dapat berasal dari kerusakan pada hardware keyboard ataupun motherboard. Tentunya masalah yang satu ini sangat riskan jika tidak segera ditindak lanjuti.
Untuk cara melihat spesifikasi, tipe dan RAM laptop bisa dibaca disini

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Sebagian

Perlu untuk Anda ketahui bahwa terdapat beberapa jenis kerusakan yang terjadi pada keyboard laptop. Masalah pertama yang sering dialami oleh para pengguna laptop adalah keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian.

Apabila Anda mengalami masalah ini, maka berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah merestart laptop.
  2. Setelah itu, periksalah driver yang digunakan untuk keyboard laptop tersebut. Apakah harus diperbarui atau tidak.
  3. Jika kedua cara di atas belum juga mampu menangani masalah ini, maka Anda harus memeriksa num lock. Kebanyakan keyboard tidak berfungsi ketika num lock ini aktif.
  4. Apabila tetap tidak berhasil, maka Anda dapat mencoba untuk menginstal ulang OS pada laptop Anda. Perlu diingat bahwa penginstalan ulang ini akan menghapus semua data di Local Disk C. Jadi sebelum melakukannya, sebaiknya Anda melakukan back up data terlebih dahulu.
  5. Setelah laptop Anda diinstal ulang, maka Anda dapat mencoba untuk memeriksa kabel konektor keyboard. Dalam tahapan ini, Anda perlu membongkar secara manual komponen laptop dan mencari apakah ada kabel konektor yang putus atau tidak.
  6. Selanjutnya Anda dapat mengosongkan tegangan pada laptop. Cara yakni dengan melepaskan baterai laptop tersebut, dan menekan tombol power beberapa saat. Lalu pasang baterai dan hidupkan laptop kembali.
  7. Jika belum juga berhasil, maka Anda perlu mencoba membersihkannya dari debu dan kotoran. Dalam langkah ini, Anda perlu membuka lagi komponen laptop untuk membersihkan debu yang ada di key.
  8. Tinggi kemungkinan jika cara terakhir tersebut berhasil. Jika tidak juga berhasil, maka Anda harus mengganti komponen keyboard pada laptop tersebut. Hal ini dikarenakan keyboard laptop yang terpasang memang sudah harus diganti dengan yang baru.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error

Selain permasalahan mengenai keyboard laptop yang error pada sebagian tempat, masalah keyboard yang tidak sesuai ketika dipencet juga sering terjadi.

Jika Anda menemui masalah seperti ini, jangan tergesa-gesa untuk membawa ke tukang servis laptop. Ada baiknya jika Anda mengikuti beberapa tahapan sebagai berikut ini.

  1. Tahapan pertama, tekan pada tombol Fn + F11 secara berasama. Lalu Anda perlu mengetes lagi apakah keyboard sudah kembali normal ataukah belum.
  2. Apabila cara yang sebelumnya tidak berhasil, maka Anda perlu untuk mencari tombol numlock yang ada pada laptop Anda. Jika sudah ketemu, maka tekan tombol tersbut bersamaan dengan tombol Fn.
  3. Jika belum juga berhasil, maka Anda dapat mencoba cara yang terakhir. Yakni dengan menekan tombol F11 + Fn + Shift secara bersamaan dan tahapan hingga selama beberapa detik lalu lepaskan secara bersamaan pula.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Sama Sekali Tidak Berfungsi

Tidak hanya dua permasalahan di atas, masalah keyboard laptop yang sama sekali tidak dapat berfungsi juga sering dialami oleh para pengguna laptop.

Untuk itu, Anda tidak usah khawatir. Terdapat beberapa cara yang dapat Anda coba dan memiliki kemungkinan keberhasilan yang cukup tinggi. Langsung saja, berikut cara-caranya.

  1. Pertama Anda harus mencoba menyambungkan keyboard eksternal pada laptop Anda. Jika keyboard eksternal tersebut tidak dapat digunakan, berarti masalahnya terdapat pada drivernya. Untuk itu, Anda perlu menginstal ulang atau memperbarui driver dari keyboard tersebut.
  2. Akan tetapi jika keyboard eksternalnya dapat berfungsi, berarti masalahnya ada pada keyboard laptop Anda.
  3. Hal yang dapat Anda lakukan adalah membuka laptop Anda.
  4. Setelah itu, bersihkan komponen pada keyboard dari kotoran dan debu.
  5. Jangan lupa untuk mengecek kabel konektor pada keyboard tersebut apakah ada yang rusak atau tidak.
  6. Jika sudah, maka pasang kembali dan nyalakan laptop seperti biasa.

Dengan mengetahui beberapa cara dalam memperbaiki masalah pada keyboard laptop, tentunya akan lebih membantu Anda dalam menangani permasalahan tersebut.

Selain itu, Anda juga tidak perlu repot-repot mengeluarkan biaya tambahan untuk biaya reparasi laptop. Salam Teknologi!

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *