Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Aplikasi Keluarga Sehat

2 min read

Aplikasi Keluarga Sehat

Kesehatan merupakan salah satu faktor paling penting di dalam kehidupan. Setiap orang tentunya menginingkan sebuah hidup yang sehat dan terbebas dari berbagai macam penyakit.

Dengan adanya perkembangan teknologi seperti saat ini, kesehatan Anda dapat dibantu dengan menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Aplikasi Keluarga Sehat.

Keluarga Sehat merupakan sebuah aplikasi yang diluncurkan secara resmi oleh pemerintah.

Tujuan dari keberadaan aplikasi ini, yakni agar setiap masyarakat mendapatkan bantuan dalam memperoleh layanan kesehatan secara maksimal.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga berskala nasional. Jadi, Anda dapat menentukan salah satu wilayah yang Anda tempati untuk mendapat petunjuk yang lebih jelas.

Apa Sih yang Menarik dari Fitur Aplikasi Keluarga Sehat?

Sebagai salah satu aplikasi yang bertujuan untuk membantu setiap orang dalam mewujudkan sebuah kehidupan yang sehat dan terbebas dari berbagai macam penyakit, tentunya akan terasa tidak lengkap jika tidak ada dukungan dari fitur-fitur yang mumpun.

Namun Anda tidak usah khawatir, karena aplikasi yang satu ini telah membawa beberapa fitur menarik sebagai berikut ini.

• Fitur Tahun Aktif

Fitur Aplikasi Keluarga Sehat

Fitur pertama yang ada di dalam Keluarga Sehat app adalah fitur tahun aktif. Fitur yang satu ini, hanya dapa digunakan secara khusus oleh admin pusat.

Hal ini juga merupakan menajemen tahunan dari pelaporan data survei bagi semua penggunanya.

Aplikasi ini bisa Anda gunakan dan akan ditentunkan mengenai periode aktif untuk melakukan input pada tahun yang sedang berjalan.

• Fitur Transfer Wilayah Kerja

Aplikasi Keluarga Sehat Terbaru

Fitur menarik yang dapat Anda peroleh selanjutnya adalah fitur transfer wilayah kerja.

Fitur yang satu ini, dapat digunakan untuk memindahkan data dari suatu keluarga pada wilayah desa atau kelurahan pada puskesmas awal menuju ke puskesmas tujuan.

Namun, fitur yang satu ini hanya dapat digunakan oleh adin pusat secara khusus setelah pengguna melakukan permohonan.

• Fitur Wilayah Kerja

Aplikasi Keluarga Sehat Terupdate

Fitur ketiga dari Keluarga Sehat app yakni fitur wilayah kerja. Fitur yang satu ini dapat diguanakn oleh admin PKM secara khusus.

Fungsi dari fitur wilayah kerja ini, yakni untuk melakukan pemetaan terhadap kelurahan atau desa pada suatu wilayah kerja puskesmas.

Caranya yakni dengan menginput atau mendaftarkan wilayah kerja di setiap kelurahan atau desa dalam kecamatan.

• Fitur Rukun Warga

Keluarga Sehat 4

Fitur Rukun Warga merupakan fitur yang digunakan oleh admin PKM secara khusus untuk melakukan input serta pendaftaran RT dan RW sesuai dengan yang terdapat pada wilayah kerja di setiap kelurahan atau desa.

Jika ada sebuah daerah yang tidak memiliki RT atau RW, maka puskesmas harus menginventariskan daerah itu lalu melakukan penomoran secara mandiri.

• Fitur Sasaran Wilayah

Keluarga Sehat 5

Fitur yang dibawa oleh Keluarga Sehat app selanjutnya, adalah fitur sasaran wilayah.

Fitur sasaran wilayah ini digunakan oleh admin PKM guna menentukan jumlah sasaran atau target pendaftaran di dalam suatau wilayah kerja dari puskesmas.

Pendaftaran tersebut didasari oleh jumlah keluarga sasaran di dalam wilayah kerjanya untuk setiap keluarahan atau desa di dalam satu lingkup tertentu.

• Fitur Target Surveyor

Keluarga Sehat 6

Fitur selanjutnya bernama target surveyor. Fitur yang satu ini dapat digunakan oleh admin PKM untuk menentukan target kinerja dari surveyor.

Nantinya, target yang sudah ditetapkan tersebut akan dimasukkan guna meningkatkan rasa tanggung jawab dan juga kepedulian oleh para surveyor pada data dari keluarga yang termasuk ke dalam kewajiban serta tanggung jawab surveyor tersebut.

• Fitur Monitor Wilayah

Keluarga Sehat 7

Fitur yang bernama monitor wilayah ini, merupakan sebuah fitur yang dapat digunakan untuk melakukan pemantauan kinerja pencapaian dari pihak puskesmas atau surveyor.

Hal ini dilakukan dengan memabdingkan antara sasaran atau target yang sudah ditetapkan dengan reaslisasi dari data keluarga yang sudah diinput oleh admin yang bersangkutan di dalam satu wilayah atau lebih.

• Fitur IKS Puskesmas

Keluarga Sehat 8

Fitur menarik yang dibawa oleh Keluarga Sehat app selanjutnya, yakni bernama fitur IKS Puskesmas.

Sesuai dengan namanya, fitur yang satu ini memiliki fungsi untuk melihat atau memantau IKS atau Indeks Keluarga Sehat berdasarkan pada wilayah kerja dari puskesmas di setiap indikator.

Hal ini bertujuan agar setiap keluarga terdaftar dapat dipantau perkembangan dan kemajuannya.

• Fitur Crosstab

Keluarga Sehat 9

Fitur terakhir yang dibawa oleh aplikasi ini bernama Crosstab. Fitur ini bisa digunakan untuk melakukan analisis data dengan menggunakan data mentah yang sudah diunduh dari akun admin PKM.

Nantinya, data tersebut akan diolah secara mandiri dan kemudian diunggah lagi ke dalam aplikasi. Lalu, data akan melalui proses kustomisasi dalam bentuk crosstab analisis data.

Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, tentunya Anda akan lebih mudah dalam menerapkan gaya hidup sehat.

Selain itu, Anda akan lebih mudah dalam memperoleh layanan kesehatan secara resmi.

Hidup menjadi lebih nyaman, Anda juga akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *