Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Flashdisk OTG

2 min read

Flashdisk OTG

Saat ini Anda akan menemukan fasilitas berupa USB OTG, yang mana melalui inilah Anda bisa melakukan berbagai transfer data secara langsung dari flashdisk tanpa menggunakan komputer.

Semenjak kehadiran flashdisk OTG ini, lebih memudahkan para penggunanya, karena dianggap jauh lebih menghemat tempat dan waktu ketika melakukan pemindahan data.

Bagi Anda yang seringkali bekerja dan berhubungan dengan pemindahan data, maka fasilitas USB OTG ini akan lebih mempermudahkan pekerjaan.

Cukup dengan menancapkan flashdisk USB OTG ke Android maupun iPhone, maka pengguna pun sudah dapat menyelesaikan pekerjaannya.

Bahkan para penggunanya pun juga bisa mengetik melalui keyboard maupun mouse fisik.

Kelebihan Flashdisk OTG Dibanding Flashdisk Biasa

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa flashdisk adalah perangkat keras yang seringkali digunakan untuk menyimpan data software secara aktif. Untuk ukuran flashdisk juga sangat beragam.

Sementara fungsi utama flashdisk yaitu untuk media penyimpanan eksternal di komputer.

Namun saat ini flashdisk telah menyesuaikan port yang terdapat pada gadget. Tentu hal ini lebih memudahkan para penggunanya.

Jika dibandingkan dengan flashdisk biasa, tentu saja untuk flashdisk USB OTG ini mampu memberikan banyak kelebihan yang lebih menarik perhatian, diantaranya:

1. Dapat Mentransfer File Pada Smartphone

Jika pada flashdisk biasa hanya bisa mentransfer dan menyimpan file melalui media komputer atau laptop, namun hal ini berbeda pada flashdisk USB OTG. OTG flashdisk bisa mentransfer file pada smartphone secara langsung.

Cara ini sangat cocok bagi Anda yang sering kali kehabisan memori smartphone, maka bisa memindahkannya ke flashdisk USB OTG.

2. Mampu Menyimpan 2 In 1

Berbeda dengan flashdisk pada biasanya yang hanya dapat dihubungkan pada laptop atau PC saja. Akan tetapi untuk flashdisk USB OTG ini mempunyai kemampuan penyimpanan yaitu 2 in 1.

Untuk kemampuan yang pertama ini dapat digunakan melakukan penyimpanan data atau mentransfer dari PC ke flashdisk, begitu juga dengan sebaliknya.

Sementara untuk kemampuan keduanya yaitu flashdisk USB OTG dapat digunakan dalam melakukan penyimpanan file maupun data ke smartphone.

Tentunya hal ini menjadikan para penggunanya merasa dimudahkan berkat  adanya Flashdisk USB OTG yang satu ini.

3. Lebih efektif

Keunggulan yang bisa dirasakan para pengguna dari flashdisk USB OTG ini yaitu bisa digunakan lebih efektif, baik itu dari segi tenaga maupun dari segi waktu.

Hal ini dikarenakan untuk smartphone dapat dioperasikan sambil Anda melakukan aktivitas atau kegiatan lain. Dengan hal ini maka Anda pun dapat memanfaatkannya lebih baik.

4. Memiliki performa yang cepat

Performa yang dimiliki oleh flashdisk USB OTG ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan jenis flashdisk pada biasanya.

Untuk keunggulan tersebut yaitu ketika digunakan dalam mengcopy file tidak membutuhkan waktu yang lama, karena flashdisk USB ini siap membantu Anda untuk mengcopy data dalam waktu yang lebih cepat.

Cara Cek Perangkat Flashdisk OTG Kompatibel atau Tidaknya

Pada saat Anda menggunakan flashdisk USB OTG ini pada smartphone, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu untuk memastikan apakah perangkat flashdisk telah kompatibel ataupun tidaknya.

Untuk bisa mengetahuinya bisa melalui cara berikut ini:

  • Untuk cara yang pertama, Anda bisa melihat apakah port yang terdapat pada USB tersebut sama pada bagian perangkat yang akan Anda gunakan, misalnya smartphone.
  • Apabila kedua port tersebut sama, maka Anda dapat mencoba memasukkan, untuk memastikan pas atau tidaknya.
  • Jika bisa masuk, maka Anda dapat melihat di bagian perangkat smartphone. Jika perangkat flashdisk kompatibel, maka akan memunculkan notifikasi sebagai tanda bahwa flashdisk USB OTG terpasang atau kompatibel dan terbaca pada perangkat. Namun jika tidak terdapat notifikasi, berarti perangkat flashdisk USB OTG Anda tidak kompatibel pada perangkat yang Anda gunakan.
Baca Juga : Mouse Wireless

Tips Memilih Flashdisk USB OTG

Ada beberapa cara dan langkah yang tepat supaya memudahkan Anda dalam menemukan flashdisk OTG terbaik dan berkualitas tinggi seperti berikut ini:

1. Perhatikan kapasitas

Sama seperti pada ada flash disk biasanya, bahwa untuk setiap flash disk akan memiliki kapasitas yang berbeda, baik itu dari 1 GB hingga 64 GB.

Apabila kapasitas flashdisk USB OTG lebih besar tentunya harga flashdisk OTG juga lebih mahal pula.

Sebaiknya Anda menyesuaikannya dengan kebutuhan agar tidak menghambur-hamburkan uang.

2. Perhatikan bahan material

Jenis material yang berkualitas akan menjadikan flashdisk bertahan lebih lama.

Hal ini juga berlaku apabila Anda memilih jenis flashdisk dengan bahan material yang tidak berkualitas bagus.

Tentunya akan cepat membuat flashdisk USB OTG mengalami kerusakan.

Pilihlah bahan kabel yang elastis dan tebal. Sebaiknya jangan terkecoh dari segi penampilan flashdisk nya saja.

Perkembangan teknologi saat ini memang berhasil menjadikan flashdisk semakin berkembang dikalangan masyarakat.

Flashdisk ternyata tidak hanya digunakan dalam perangkat komputer saja, akan tetapi juga sudah bisa digunakan pada perangkat smartphone.

Sebab itulah para masyarakat juga tertarik untuk mengikuti perkembangan zaman untuk bisa membuat segala aktivitas lebih mudah.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *