Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Modem Wifi Terbaik

2 min read

Modem Wifi Terbaik

Untuk saat ini, dapat dikatakan bahwa internet merupakan salah satu kebutuhan yang wajib dimiliki oleh kebanyakan orang.

Hampir semua pekerjaan manusia, dapat dibantu dengan adanya internet. Salah satu cara menyediakan internet tersebut, yakni melalui jaringan Wifi dengan menggunakan modem.

Untuk itu, Anda dapat mengetahui informasi beberapa modem Wifi terbaik dalam artikel ini.

Perlu untuk Anda ketahui, bahwa saat ini sudah terdapat banyak sekali produsen yang memproduksi modem Wifi.

Tentunya setiap produk yang dimiliki oleh setiap produsen tersebut, memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing.

Maka dari itu, berikut ini penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari beberapa produk modem Wifi terbaik di pasaran.

Modem Indihome

Pastinya Anda sudah tahu, jika Indihome merupakan sebuah layanan dari Telkom yang menyediakan jaringan internet.

Jika Anda menggunakan layanan tersebut, maka Anda juga harus menggunakan modem Wifi produk dari Indihome.

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya, maka berikut kelebihan dan kekurangan dari modem Wifi Indihome.

Kelebihan

  • Modem dari Indihome ini bersifat gratis. Hal ini berarti Anda tidak perlu membayar biaya sepersenpun untuk pembelian modem dari Indihome. Anda hanya perlu membayar paket internet tiap bulannya. Di dalam paket tersebut, sudah termasuk dengan modem Wifi yang digunakan.
  • Modem yang memiliki sifat multifungsi. Modem dari Indihome ini, mempunyai banyak fungsi dalam satu perangkat yang meliputi router, modem, dan wireless. Jadi, Anda tidak perlu menambahkan berbagai macam perangkat lainnya untuk memperoleh berbagai fungsi dari beberapa perangkat tersebut.

Kekurangan

  • Kekurangan pertama yang dimiliki oleh modem dari Indihome ini, yakni keberadaan dari fitur blokir website atau situs yang kadang kala tidak berfungsi. Jadi, berbagai macam situs yang sudah diblokir masih dapat terbuka. Padahal, banyak situs diblokir tersebut yang mampu membahayakan perangkat Anda.
  • Biasanya jika Anda hendak mengubah jenis Modem ONT GPON menjadi Brige, Anda dapat melakukannya sendiri. Namun berbeda halnya dengan modem dari Indihome. Anda harus meminta bantuan dari pihak telkom untuk mengubah jenis modem tersebut.
  • Masih ada beberapa fitur default atau asli bawaan dari modem ini yang tidak dapat berfungsi seperti seharusnya, atau bahkan fitur tersebut tidak muncul. Jadi, modem ini tidak bisa digunakan secara maksimal.

Modem Andromax

Modem Wifi Terbaik Andromax

Dengan banyaknya kebutuhan akan internet yang semakin meningkat, membuat Smartfren turut memanfaatkan kejadian ini.

Hal ini dilakukan dengan merilis sebuah modem Wifi portabel, atau yang lebih sering disingkat dengan Mi-Fi.

Untuk saat ini, Andromax sudah memiliki dua seri Mi-Fi yakni M2Y dan M2P.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari kedua modem tersebut.

Kelebihan

  • Bersifat portabel, yang berarti Anda dapat membawa dan menggunakan modem tersebut di mana saja tanpa perlu terdiam pada satu tempat saja.
  • Memiliki antena LTE pada perangkat ini. Hal ini membuat modem dari Andromax mampu untuk memancarkan dan juga menangkap sinyal secara lebih kuat sehingga akan membuat proses konektifitas mampu berjalan dengan lancar.
  • Dengan teknologi yang bernama LTE Cat.4, akan membuat proses upload serta download data pada jaringan 4G menjadi lebih cepat.
  • Menggunakan prosesor Chipset Qualcomm MDM 930, yang membuat modem ini dapat bekerja secara maksimal dengan daya minimal. Jadi akan membuat penggunaan baterai menjadi lebih hemat.
  • Kinerja dari prosesor tersebut juga didukung dengan daya baterai sebesar 2000mAh. Kedua hal tersebut, tentunya akan membuat penggunaan dari modem ini menjadi cukup lama. Bahkan mampu mencapai 9 jam.

Kekurangan

  • Penggunaan dari jenis modem ini, sangat tergantung dengan baterai. Jadi jika daya baterai yang tersedia sudah habis, maka Anda sudah tidak dapat mengakses internet dengan mengandalkan modem tersebut.
  • Seperti yang telah diketahui, bahwa Andromax merupakan salah satu produk dari Smartfren. Maka dari itu, Anda hanya dapat menggunakan kartu Smartfren saja untuk mengaktifkan modem tersebut.

Modem Huawei

Huawei Modem Wifi Terbaik

Selain Indihome dan juga Andromax, salah satu jenis modem Wifi yang memiliki banyak pengguna untuk saat ini adalah produk dari Huawei.

Tentunya banyaknya pengguna dari modem tersebut, bukan karena sebab.

Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, maka berikut ini kelebihan dan kekurangan modem Huawei yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu.

Kelebihan

  • Modem Huawei ini sudah mendukung konektifitas jaringan 4G yang saat ini marak digunakan. Bahkan, kecepatan yang dihasilkan mampu mencapai 150 Mbps.
  • Dengan menggunakan modem yang satu ini, Anda dapat berbagi konektifikas hingga ke 10 perangkat secara bersamaan.
  • Memiliki desain yang keren dan elegan. Jadi dapat digunakan untuk mendukung penampilan Anda ketika berada di luar.

Kekurangan

  • Jenis baterai yang digunakan yakni Li-Polymer 1500 mAh. Dengan daya baterai sebesar itu, maka penggunaan dari modem Wifi ini hanya mampu bertahan sekitar 4 sampai 6 jam saja.

Jika Anda sudah mengetahui dan memahami mengenai kelebihan serta kekurangan dari beberapa modem Wifi yang terbaik saat ini, tentunya Anda sudah dapat menentukan salah satu merk modem Wifi yang akan digunakan.

Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Salam Aksitekno, Semoga bermanfaat!

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *