Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Aplikasi Edit Audio

2 min read

Aplikasi Edit Audio

Mungkin terkadang Anda merasa bingung mengapa para penyanyi mampu menghadirkan suara yang bagus di setiap lagunya.

Selain memang memiliki suara yang bagus, hal ini terjadi karena mereka sudah mengeditnya terlebih dahulu. Tentunya Anda juga dapat melakukan hal tersebut dengan bantuan dari aplikasi edit audio yang ada saat ini.

Kini memang banyak aplikasi edit suara yang dapat Anda gunakan. Bahkan Anda juga dapat mengeditnya melalui smartphone Android.

Namun pastinya tidak semua aplikasi tersebut mampu memberikan hasil yang terbaik. Untuk itu Anda tidak perlu khawatir.

Berikut ini rekomendasi mengenai beberapa aplikasi pengedit audio yang dapat membuat suara Anda menjadi lebih jernih dan bagus.

• WavePad Audio Editor Free

Aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengedit audio pertama adalah WavePad Audio Editor Free. WavePad Audio Editor Free dapat Anda gunakan melalui smartphone Android.

Jika dilihat dari namanya saja, sudah jelas bahwa aplikasi tersebut bersifat gratis. Meskipun terdapat embel-embel gratis, namun kualitas dari aplikasi ini tidak boleh dianggap remeh.

Selain itu, WavePad Audio Editor Free ini juga datang dengan membawa beberapa fitur menarik untuk melakukan rekaman suara.

Bahkan Anda juga dapat menambahkan berbagai macam efek di dalamnya. Efek yang disediakan oleh aplikasi yang satu ini di antaranya seperti Reverd, Echo, Flanger, Phaser, Vibrato, dan masih banyak lagi yang lainnya.

• Timbre

Timbre merupakan salah satu aplikasi pengedit suara yang memiliki banyak sekali pengguna. Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut mampu menghasilkan suara yang berkualitas.

Hal yang dimaksud dengan kualitas ini, yakni berupa suara yang tetap terjaga ketika proses pengeditan sehingga tidak menjadi pecah dan tetap bersih sehingga enak untuk didengarkan.

Timbre hadir dengan membawa segudang fitur yang berfungsi untuk mengedit audio.

Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, Anda dapat melakukan eksplorasi seperti menggabungkan file, memotong file, mengonversi file, membalik audio, mengubah bitrate, dan lain sebagainya.

Tidak hanya audio, ternyata Timbre juga dapat Anda gunakan untuk mengedit video secara sederhana.

• Lexis Audio Editor

Dapat dikatkan bahwa Lexis Audio Editor merupakan sebuah aplikasi pengedit suara yang memiliki tampilan antarmuka profesional.

Bahkan aplikasi yang satu ini sudah digunakan ileh lebih dari 5 juta pengguna di Google Play Store.

Fitur yang dibawa oleh Lexis Audio Editor ini juga sangat mumpuni. Salah satunya adalah equaizer yang dapat membuat suara menjadi lebih merdu.

Tidak hanya melakukan rekaman audio secara langsung, Anda juga dapat mengimpor lagu yang berada di memori smartphone Anda kemudian diedit dengan menggunkan aplikasi ini.

Untuk jenis format audio yang didukung, Lexis Audio Editor sudah mendukung berbagai macam format seperti WAV, MP3, ACC, M4A, WMA, dan juga FLAC.

• BandLab

BandLab merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk membuat lagu secara lengkap, baik itu dari gitar, bass, drum, dan tentunya vokal hanya dengan menggunakan sebuah smartphone Android saja.

Dalam urusan hasil merekam suara, Anda tidak usah khawatir karena aplikasi ini membawa fitur AutoPitch yang dapat menyesuaikan nada.

Nah, ketika Anda selesai dengan urusan merekam suara, maka Anda hanya perlu melakukan mixing pada audio dengan menggunakan berbgai macam efek instrumen yang ada di dalam aplikasi tersebut.

• Audacity

Bagi Anda yang sudah terbiasa mengedit suara melalui PC, pasti sudah tidak asing lagi dengan sebuah aplikasi yang bernama Audacity.

Aplikasi pengedit suara yang satu ini memang bersifat open source, tersedia untuk lintas platform, dan pastinya dapat Anda gunakan secara gratis.

Audacity ini sangat cocok digunakan oleh semua orang terutama bagi Anda yang tergolong masih pemula.

Di dalam aplikasi yang satu ini, Anda akan menemukan berbagai macam fitur yang menarik seperti menggabungkan musik, memotong suara, menghilangkan vokal, dan masih banyak lagi yang lain.

Keunggulan yang dimiliki oleh Audacity ini yakni tersedianya berbagai macam efek dan juga plugin lainnya.

Hal ini membuat Audacity sering digunakan sebagai salah satu aplikasi untuk edit suara.

• VirtualDJ

Bagi Anda yang menyuaki musik dengan genre elektronik atau yang lebih sering disebut dengan EDM, maka dapat menjadikan aplikasi VirtualDJ ini sebagai aplikasi untuk melakukan mixing atau editing audio yang lain.

Aplikasi ini juga telah menyediakan berbagai macam plugin serta efek yang dapat Anda gunakan untuk membuat audio terdengar menjadi lebih keren.

Dengan pengalaman selama lebih dari 20 tahun dan memiliki jumlah pengguna lebih dari 117 juta, maka aplikasi yang satu sangat cocok untuk Anda andalkan sebagai pengedit audio terbaik.

Untuk aplikasi VirtualDJ ini, dapat Anda gunakan pada platform Windows dan MacOS. Anda juga dapat menggunakan versi berbayar yakni VirtualDJ Bussiness dan VirtualDJ Pro dengan keunggulan lebih.

Sebenarnya masih ada banyak lagi aplikasi edit audio yang dapat Anda gunakan di smartphone ataupun laptop.

Namun beberapa aplikasi yang telah disebutkan di atas merupakan rekomendasi aplikasi pengedit suara terbaik dan tentunya mudah untuk digunakan.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *