Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

USB OTG

2 min read

USB OTG

Kabel USB OTG atau On The Go adalah jenis alat yang digunakan untuk melakukan transfer data yang dilakukan dari flashdisk secara langsung ke bagian smartphone.

Untuk OTG ini bisa memindahkan berbagai jenis file yang berukuran kecil. Misalnya saja seperti video, gambar, maupun lagu. Dengan menggunakan OTG ini maka proses mentransfer atau memindahkan data jauh lebih mudah.

Ada banyak sekali jenis OTG USB yang akan Anda jumpai di pasaran. Untuk OTG USB dan USB biasa tentunya memiliki perbedaan, terutama pada bagian kabel.

USB biasa akan menghubungkan USB type micro B dengan tipe A. Sedangkan untuk OTG USB menghubungkan port USB type A pada type micro B.

Manfaat USB OTG

Perlu diketahui bahwa untuk perangkat OTG USB ternyata tidah hanya berfungsi untuk membuka dan membaca data flashdisk saja.

Namun ternyata OTG USB ini mempunyai manfaat lain yang mampu memudahkan para penggunanya untuk mengetahui apa saja manfaat dari kabel USB OTG ini. Berikut ini penjelasannya:

1. Dapat digunakan untuk Memainkan Game

Untuk Android ataupun tablet yang telah dibekali OTG USB ini bisa digunakan untuk bermain game melalui controller yang bisa bekerja dengan sangat baik.

Dengan perangkat controller inilah yang menjadikan permainan lebih menyenangkan dan seru. Terlebih lagi para penggunanya juga dapat menghubungkan Xbox 360 controller ke bagian perangkat.

2. Melakukan Print Dokumen

Melakukan print dokumen tidak harus dengan cara yang ribet, karena dengan menggunakan OTG USB, Anda pun juga bisa mencetak gambar maupun dokumen secara langsung dari tablet, Android maupun smartphone.

Untuk cara yang dilakukan yaitu cukup dengan menghubungkan Android pada perangkat printer menggunakan bantuan OTG USB.

3. Menghubungkan Keyboard

Untuk semua perangkat smartphone telah disediakan fitur Microsoft Office. Akan tetapi ternyata Anda juga dapat menggunakan perangkat OTG USB supaya dapat menghubungkan bagian keyboard pada perangkat smartphone.

Dengan begitu Anda bisa mengetik dokumen dengan cepat tanpa mengandalkan keyboard Smartphone.

4. Melakukan Pengontrolan Pada Kamera DSLR

Bagi para fotografer akan lebih menyukai dengan penggunaan OTG USB ini karena bisa digunakan untuk menghubungkan bagian kamera DSLR ke bagian tablet atau smartphone.

Hal ini memiliki tujuan supaya fotografer dapat melihat secara jelas hasil jepretannya tanpa harus menggunakan laptop.

Fungsi USB OTG

Berbicara mengenai fungsi dari OTG USB ini, ternyata tidak hanya satu fungsi saja yang bisa diandalkan dari USB ini. Akan tetapi ada banyak sekali fungsinya yang dimilikinya, misalnya seperti berikut:

1. Dapat Menyimpan File Lebih Cepat

Para pengguna dari OTG USB ini bisa melakukan penyimpanan file yang lebih cepat. Khususnya dari hp ke flashdisk.

Cukup dengan mencolokan kabel OTG USB pada bagian smartphone, maka secara otomatis memori akan bertambah.

Tentu hal ini lebih memudahkan ketika Anda ingin mentransfer beberapa file di Smartphone ke flashdisk.

2. Bisa Menggunakan Mouse Pada Handphone

Ternyata mouse tidak hanya digunakan untuk komputer atau laptop saja. Akan tetapi juga dapat mengoperasikan Android menggunakan mouse.

Meskipun terkesan aneh, namun hal ini akan sangat membantu diri Anda pada saat ingin mengoperasikan Android tanpa menggunakan layar sentuh.

3. Menyalakan USB pada Android

Untuk cara ini sangat cocok ketika sedang dalam darurat atau mati lampu. Untuk USB ini bisa Anda manfaatkan, terlebih lagi jika mempunyai power bank, maka dapat mencolokan nya melalui USB OTG tersebut.

Baca Juga : Flashdisk 64 GB

Cara Menggunakan USB OTG Android

Anda perlu mencoba menghubungkan kabel OTG USB pada beberapa perangkat yang memang sedang Anda butuhkan.

Untuk cara menggunakan OTG USB pada Android bisa mengikuti tutorial ini:

  • Anda harus mempersiapkan USB terlebih dahulu.
  • Pastikan USB sudah berisi data, misalnya lagu, foto, video, ataupun yang lainnya.
  • Silahkan menghubungkan USB flash drive pada kabel OTG USB yang telah terkoneksi pada bagian perangkat Android.
  • Silakan membuka aplikasi file manager yang tersedia di perangkat Android. Apabila tidak ada, maka Anda harus menginstalnya terlebih dahulu melalui Google Play Store.
  • Anda dapat mencari nama file dari USB flash drive di bagian file manager. Untuk nama USB juga dapat berbeda-beda, karena hal ini tergantung pada bagian perangkat yang digunakan.
  • Silahkan mencoba menyalin atau membuka file yang terdapat pada USB tersebut kebagian tablet atau smartphone.
  • Jika sudah selesai jangan asal mencabut, karena dapat menimbulkan kerusakan.
  • Untuk mencabutnya silakan masuk ke bagian menu setting, kemudian pilih storage dan klik pada bagian “Unmount External Storage” setelah itu tunggulah sampai proses selesai dan baru Anda mencabut OTG USB.

Perkembangan zaman seperti saat ini memang lebih banyak memudahkan para penggunanya, terutama untuk kalangan milenial yang selalu memimpikan segala sesuatunya bisa dilakukan dengan cara yang instan.

Salah satunya yaitu dengan kehadiran OTG USB yang mampu memberikan banyak manfaat dan kegunaan seperti yang telah diutarakan pada penjelasan di atas.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *