Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Keyboard Wireless

2 min read

Keyboard Wireless

Dengan adanya perkembangan bidang teknologi dan informasi, tentunya akan berefek pada berbagai perangkat yang biasa Anda gunakan.

Salah satu efek dari perkembangan ini, yakni berupa hilangnya penggunaan kabel pada berbagai hardware seperti keyboard.

Dengan banyaknya keuntungan yang akan diperoleh dari keyboard wireless ini, maka keyboard tersebut sudah mulai banyak digunakan.

Kelebihan Keyboard Wireless

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa jenis keyboard tanpa kabel ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan jenis keyboard lama yang masih menggunakan kabel.

Jika kamu belum mengetahuinya, maka berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh keyboard tanpa kabel yang perlu untuk Anda ketahui.

  • Keuntungan utama yang dimiliki oleh jenis keyboard ini, tentunya tanpa adanya penggunaan kabel. Jadi faktor mobilitas sangat didukung oleh keyboard ini. Anda dapat menggunakannya di mana saja tanpa perlu kerepotan untuk menyesuaikan panjang kabel.
  • Jenis keyboard yang satu ini, juga bersifat simpel dan juga rapi. Dengan keyboard ini, Anda tidak akan melihat kabel yang berantakan pada meja yang digunakan. Anda hanya perlu mencari posisi yang tepat asalkan sudah terhubung dengan PC atau laptop yang digunakan.
  • Jika pada umunya keyboard biasa hanya dapat digunakan pada perangkat PC atau laptop, namun lain halnya dengan jenis keyboard tanpa kabel. Kebanyakan jenis keyboard ini dapat digunakan untuk berbagai macam perangkat, termasuk dengan smartphone.

Kekurangan Wireless Keyboard

Dari beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh dari penggunaan keyboard tanpa kabel di atas, tentunya juga terdapat kekurangan yang akan dirasakan.

Kekurangan ini biasanya menjadi hal yang perlu dipikirkan sebelum beralih untuk menggunakan jenis keyboard yang satu ini.

Untuk itu, berikut beberapa kekurangan dari penggunaan keyboard tanpa kabel atau wireless.

  • Kekurangan yang sangat terlihat dari keyboard tanpa kabel pertama adalah sifatnya yang kurang responsif. Pada umunya, reaksi yang akan ditampilkan dari jenis keyboard ini akan lebih lama jika dibandingkan dengan keyboard biasa.
  • Jika Anda menggunakan jenis keyboard biasanya, maka Anda dapat langsung menggunakannya setelah kabelnya tertancap pada perangkat. Namun berbeda dengan keyboard tanpa kabel. Anda perlu melakukan konfigurasi pada perangkat yang digunakan.
  • Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa keyboard biasa dapat langsung Anda gunakan Selama kabel sudah menancap pada perangkat. Jika kamu menggunakan keyboard tanpa kabel, maka Anda juga harus memikirkan daya baterai yang digunakan.
  • Mungkin Anda dapat menemukan berbagai macam model pada jenis keyboard lama. Akan tetapi, model yang dimiliki oleh jenis keyboard tanpa kabel ini masih terbatas. Selain itu, fitur yang disediakan belum sebanyak jenis keyboard lama yang menggunakan kabel.
  • Hal terakhir yang mungkin menjadi kekurangan dari keyboard tanpa kabel ini yaitu tentang harga. Bisa dibilang bahwa harga jenis keyboard yang satu ini masih cukup mahal. Bahkan harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis keyboard biasa.

Rekomendasi Merk Keyboard Tanpa Kabel

Jika Anda sudah mengetahui dan memahami beberapa kelebihan dan juga kekurangan jenis keyboard tanpa kabel seperti yang sudah dijelaskan di atas, tentunya Anda sudah dapat memutuskan untuk menggunakan jenis keyboard ini ataupun tidak.

Apabila Anda memutuskan untuk menggunakannya, maka berikut ini rekomendasi beberapa merk keyboard tanpa kabel yang terbaik.

  • Logitech K480 Multi-Device, sebuah keyboard yang bisa Anda hubungkan secara langsung pada perangkat yang sudah memiliki bluetooth ataupun reciever wireless. Keyboard wireless logitech ini, bisa membuat hingga tiga profil sesuai dengan pengeturannya.
  • Arteck HB030B Universal Slim Portable Wireless Keyboard, sebuah keyboard portable wireless yang berukuran kecil dan berbentuk simple. Keyboard ini juga memiliki dua level cahaya dengan tujuh warna berbeda yang dihasilakn oleh lampu LED backlit.
  • Logitech K70 Multi-Device, sebuah keyboard tanpa kabel yang dirancang untuk digunakan pada berbagai macam perangkat. Keyboard ini memiliki ukuran yang cukup besar, karena menyediakan tombol numerik. Dudukan smartphone yang tersedia di bagian atasnya.
  • iClever Ultra Slim Bluetooth Keyboard, sebuah keyboard yang membawa konsep lipat sehingga akan terasa lebih compact. Di dalamnya, tersemat lampu LED backlit yang mampu menghasilakn tiga warna berbeda dari dua tingkat cahaya.
  • Logitech K380 Bluetooth Keyboard, merupakan produk dari Logitech yang memiliki bentuk paling simple di antara produk dari Logitech yang lain. Meskipun begitu, namun keyboard ini menyediakan tombol numerik dan juga dapat digunakan pada tiga perangkat bersamaan.
  • Microsoft Surface Keyboard, sebuah keyboard yang disarankan bagi para pengguna produk dari Microsoft. Akan tetapi, keyboard ini masih bisa digunakan untuk produk non-Microsoft. Keyboard ini juga menyediakan tombol numberik pada bagian sebelah kanan.
  • Anker Ultra-Compact Bluetooth Wireless Keyboard, Sebuah keyboard tanpa kabel yang memiliki ukuran cukup kecil, ringan, dan juga bertampilan simpel. Keyboard yang satu ini, memang sengaja dibuat untuk Anda yang suka bepergian.
Baca Juga : Mouse Wireless

Dengan mengetahui sedikit informasi mengenai keyboard tanpa kabel di atas, tentunya membuat Anda sudah dapat menentukan merk keyboard yang akan digunakan.

Anda hanya perlu menyesuaikan pemilihan keyboard tersebut dengan keperluan dan kebutuhan Anda.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *