Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Laptop Mati Total

2 min read

Laptop Mati Total

Dapat dibilang bahwa laptop adalah salah satu perangkat yang wajib dimiliki, terutama bagi Anda yang berprofesi sebagai pegawai dan pelajar.

Namun, pastinya Anda juga sering mengalami kendala dalam penggunaan laptop ini, salah satunya adalah laptop mati total.

Maka dari itu, Anda perlu untuk mengetahui beberapa informasi mengenai laptop yang mati total sebagai berikut ini.

Penyebab Laptop Mati Total

Ketika laptop Anda mengalami permasalahan berupa mati total, tentunya terdapat berbagai macam faktor penyebab masalah tersebut.

Meskipun terlihat sepele, namun hal-hal kecil yang mungkin tidak Anda sadari dapat menyebabkan permasalahan yang cukup riskan. Untuk itu, langsung saja berikut beberapa penyebab masalah mati total pada laptop yang harus Anda ketahui.

  1. Hal pertama yang dapat menyebabkan laptop yang mati total, yakni terjadi permasalahan pada baterai. Masalah pada baterai yang tidak bisa menyalurkan daya dari adaptor, tentunya mampu menjadi penghambat ketika laptop sedang hendak dihidupkan.
  2. Selain itu, masalah pada power supply di laptop Anda juga dapat menyebabkan kejadian yang sama. Power supply yang tidak bisa bekerja dengan benar, akan membuat penyaluran tenaga menjadi tidak stabil. Ketidakstabilan inilah yang membuat komponen laptop menjadi rusak.
  3. Penyebab lain yang dapat membuat laptop Anda menjadi mati total, yakni berasal dari bagian RAM. Namun, biasanya masalah pada RAM ini dapat Anda deteksi dengan layar laptopnya saja yang tidak mau menyala.
  4. Selain pada bagian RAM, terjadi masalah pada VGA juga dapat menyebabkan laptop tersebut mati. Hal ini dikarenakan VGA merupakan komponen yang menampilkan gambar pada laptop Anda.
  5. Kerusakan pada adaptor dari laptop Anda juga dapat menjadi penyebab laptop total. Ketika daya laptop sudah habis dan adaptor tidak bisa menyalurkan daya, tentunya akan membuat laptop Anda tidak mau dinyalakan.
  6. Hal terakhir yang bisa menjadi penyebab masalah ini adalah prosesornya. Seperti yang telah diketahui, bahwa prosesor ini adalah otak dari laptop. Jadi jika prosesor ini memiliki masalah, tentunya tidak dapat melakukan perintah pada komponen laptop yang lain.

Cara Memperbaiki Laptop Mati Total

Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab dari laptop yang mati total di atas, tentunya Anda dapat melakukan pengecekan mengenai bagian-bagian yang kemungkinan bermasalah.

Jika Anda merasa sudah siap untuk melakukan perbaikan sendiri, maka berikut ini beberapa langkah yang harus Anda perhatikan agar tidak terjadi kesalahan.

  1. Langkah pertama, pastikan terlebih dahulu baterai serta charger laptop Anda terpasang dengan baik. Lalu coba hidupkan laptop tersebut.
  2. Apabila laptop tetap tidak mau menyala, maka Anda dapat mencoba untuk mengganti baterai maupun adaptor lain yang berkondisi baik.
  3. Selain itu, Anda juga dapat mencoba untuk melepas baterai dan hanya menggunakan adaptor sebagai pemasok daya pada laptop ini.
  4. Jika masih tidak mau menyala, maka cobalah untuk memindahkan charger pada stop kontak atau lubang colokan yang lain.
  5. Bila masalah ini belum juga tertangani, maka Anda dapat mencabut baterai serta adaptor yang digunakan.
  6. Setelah itu, tekan tombol power pada laptop selama kurang lebih 30 detik. Hal ini bertujuan untuk mengosongkan daya listrik yang ada pada laptop.
  7. Kemudian pasang kembali adaptor serta baterai dan colokan kembali pada stop kontak.
  8. Langkah terakhir, nyalakan kembali laptop seperti biasanya.
  9. Perlu untuk Anda ketahui, bahwa cara ini merupakan cara menghidupkan laptop Acer yang mati total ataupun merek lain kecuali Macbook. Jadi Anda tidak bisa mengaplikasikan langkah-langkah di atas, jika Anda menggunakan Macbook.

Laptop Mati Total Tapi Lampu Indikator Charger Menyala

Selain laptop dalam kondisi mati total, tidak sedikit para pengguna laptop yang mengalami masalah berupa laptop mati namun lampu indikatornya dapat menyala.

Biasanya hal seperti terjadi karena faktor eksternal dari laptop itu sendiri. Jika Anda mengalami permasalahan seperti ini, maka berikut cara yang dapat Anda coba untuk menanganinya.

  1. Pertama, cobalah untuk hard reset pada laptop. Hard reset ini merupakan cara yang telah dijelaskan sebelumnya, dengan mengosongkan daya listrik pada laptop yang Anda gunakan.
  2. Jika cara berupa hard reset ini tidak berhasil, maka Anda dapat mencoba untuk mencabut baterai laptop dan hanya menggunakan adaptor saja sebagai penopang daya. Anda juga dapat mencoba adaptor lain yang memiliki tegangan yang sama dengan adaptor asli laptop tersebut.
  3. Setelah itu, periksalah bagian RAM. Anda perlu melepas RAM yang digunakan dan membersihkannya dengan menggunakan penghapus karet. Lalu pasang kembali RAM tersebut, dan coba lagi untuk menghidupkan laptop Anda.
  4. Jika tidak mau juga berhasil, Anda dapat menggunakan monitor eksternal dan menancapkannya pada laptop Anda. Apabila layar pada monitor eksternal mau menyala, maka permasalahan ini dikarenakan oleh layar LCD pada laptop Anda yang rusak atau memiliki masalah.

Dengan mengetahui penyebab laptop mati total dan cara untuk memperbaikinya ini, tentunya akan membuat Anda menjadi lebih hemat.

Hal ini dikarenakan Anda tidak perlu membawa laptop yang Anda gunakan ke tukang servis laptop, yang biasanya mematok harga yang cukup mahal.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *