Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

VGA External Laptop

2 min read

VGA External Laptop

Mungkin bagi sebagian orang sudah mengetahui apa itu VGA. VGA ini merupakan perangkat yang terpasang di CPU, dan berguna dalam hal pengolahan visual yang nantinya akan ditampilkan pada monitor.

Jika dalam perangkat PC VGA ini dapat dipasang dan dilepas seperti RAM, namun Anda harus menggunakan VGA external Laptop dalam penggunaan perangkat laptop atau notebook.

Keuntungan Menggunakan VGA External Untuk Laptop

Ketika Anda melakukan upgrade VGA Laptop dengan menambahkan VGA eksternal ini, tentunya akan terjadi perubahan yang menguntungkan dalam laptop Anda.

Berbagai hal yang sebelumnya tidak bisa Anda rasakan, dapat terlihat dan dinikmati setelah menggunakan perangkat keras yang satu ini. Untuk itu, berikut ini beberapa keuntungan dari penggunaan VGA external pada laptop.

  • Hal pertama yang pasti berubah, tentunya adalah tampilan grafis pada gambar yang muncul di monitor laptop Anda. Jika sebelumnya terlihat kurang jernih dan tajam, maka masalah tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan VGA external ini.
  • Selain itu, kinerja dari RAM juga akan menjadi sempurna. Perlu Anda ketahui bahwa pemakaian jenis VGA jenis on board akan memakan beberapa persen dari kapasitas RAM. Jadi membuat RAM tidak bekerja secara maksimal. Dengan VGA external ini, maka kapasotas dari RAM pada laptop Anda akan kembali utuh.
  • Jika sebelumnya laptop Anda lambat atau bahkan tidak dapat digunakan untuk membuka aplikasi yang membutuhkan grafis besar, maka tidak perlu khawatir. Dengan adanya VGA external ini, maka segala macam aplikasi yang membutuhkan grafis tinggi seperti halnya aplikasi desain akan berjalan dengan lancar.
  • Bukan hanya aplikasi grafis ataupun sebagainya, bahkan game berukuran besar pun dapat Anda libas dengan menggunakan bantuan dari VGA external di laptop ini. Jadi Anda tidak perlu ragu lagi untuk menginstal berbagai macam game terbaru pada laptop Anda.

Cara Memilih External VGA Laptop yang Baik dan Benar

Setelah mengetahui beberapa keuntungan dari penggunaan VGA eksternal di laptop ini, tentunya membuat Anda yakin untuk segera menggunakan VGA eksternal pada laptop yang Anda gunakan.

Namun sebelum Anda membelinya, terdapat beberapa tips dan cara untuk memilih VGA eksternal yang baik dan benar agar tidak terjadi kesalahan. Untuk itu, berikut ini penjelasannya.

  • Hal pertama yang perlu Anda perhatikan bukanlah brand atau merek dari VGA eksternal tersebut, melainkan GPU nya. GPU ini merupakan sektor terpenting dalam fungsi kerjadi pada VGA tersebut.
  • Setelah itu, lihatlah pada jumlah Core di kartu grafis. Semakin banyak jumlah core yang ada dalam satu GPU, maka semakin banyak pula tugas atau kegiatan yang dapat dilakukan dalam satu waktu yang sama sehingga menjadi lebih cepat.
  • Lalu pilihlah VGA dengan nilai TDP yang kecil atau kebutuhan power yang kecil. Semakin besar TDP yang dimiliki, tentunya daya panas yang dimiliki oleh VGA ini juga semakin besar. Maka dari itu, alangkah baiknya jika Anda memilih VGA dengan TDP yang kecil.
  • Kemudian perhatikan bagian tipe memori. Beberapa tipe yang dimiliki oleh VGA yakni GDDR2, GDDR3, GDDR4, GDDR5, dan GDDR5X. Jika dilihat dari urutannya, maka angka yang tertinggi mempunyai daya pikir yang lebih cepat.
  • Selain itu, Anda juga perlu untuk memperhatikan bandwith dari VGA yang ingin dibeli. Bandwith ini merupakan jumlah data yang dapat diakses oleh GPU dalam saktu waktu. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika Anda memilih VGA dengan bandwith yang lebih banyak.
  • Hal terakhir dan paling penting, adalah menyesuaikan VGA yang ingin dibeli dengan dana yang Anda miliki. Dengan ini, maka Anda akan memperoleh VGA yang bagus tanpa membuat Anda merasa kerepotan.

Cara Memasang VGA Eksternal di Laptop

Jika Anda sudah menemukan VGA eksternal di laptop yang sesuai, tentunya hal yang perlu untuk dilakukan selanjutnya adalah memasangnya.

Apabila Anda belum tahu cara untuk memasang VGA eksternal yang satu ini, maka tidak perlu khawatir lagi. Berikut ini beberapa tahapan yang dapat Anda ikuti agar tidak terjadi kesalahan dalam pemasangannya.

  1. Tahapan pertama yang perlu dilakukan adalah menyalakan laptop.
  2. Ketika laptop sudah menyala secara normal, Anda perlu mengatur agar laptop tersebut berada pada mode sleep atau stan by.
  3. Kemudian persiapkan modul EXP GDC, lalu pasangkan kabel 8 pin dari PSU AT / ATX.
  4. Setelah itu, hubungkan kabel Express card ataupun mini PCIe pada modul EXP GDC.
  5. Lalu hubungkan kabel power dengan modul EXP.
  6. Pasangkan piranti GPU desktop, dan pasang juga kabel power pada GPU desktop.
  7. Pasang kabel yang ada di unit Express card atau mini PCIe pada laptop.
  8. Setelah itu, hubungkan adaptor Express card, VGA card, serta kabel power supply ke slot PCIe yang disediakan.
  9. Hubungkan ujung kabel power supply dari adaptor PCIe pada power supply PC desktop.
  10. Lalu hubungkan port video card exertenal pada LCD.
  11. Langkah selanjutnya adalah menancapkan adaptor Express card ke slot Express card yang ada pada laptop.
  12. Terakhir, Anda hanya perlu menyesuaikan pengaturan output display pada sisi laptop.

Dengan penggunaan dari VGA external Laptop ini, maka laptop Anda yang sebelumnya hanya menggunakan VGA on Board, akan memiliki kemampuan seperti VGA external di PC. Berbagai aplikasi yang tidak dapat dibuka pun, akan menjadi lancar.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *