Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Cara Flash Oppo R1001

2 min read

Cara Flash Oppo R1001

Bagi sebagian besar pengguna smartphone Oppo R1001 mungkin sudah tak asing dengan kondisi dimana ponsel mengalami penurunan performa, terutama jika ponsel tersebut sudah digunakan dalam kurun waktu cukup lama.

Salah satu cara untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan cara flash Oppo R1001 yang sangat ampuh.

Dengan menggunakan cara tersebut, segala macam masalah smartphone seperti sistem operasi berjalan sangat lemot, kemudian aplikasi tidak berjalan dengan semestinya.

Lalu serangan virus dan terjadinya bootloop atau gagal booting bisa diatasi dengan melakukan flash pada smartphone tersebut. Lantas, bagaimana cara melakukannya.

Cara Flash Oppo R1001

Ketika ponsel mengalami masalah seperti lemot dan aplikasi yang tidak berjalan sesuai dengan fungsinya, satu-satunya cara yang bisa digunakan adalah dengan melakukan factory reset.

Namun, ketika ponsel mengalami kegagalan fungsi seperti bootloop, jika ponsel Anda mengalami kondisi seperti ini satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan flashing.

Secara umum terdapat dua cara flash untuk Oppo R1001 dengan mudah dan bisa dilakukan tanpa menggunakan banyak langkah. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan flashing dengan memakai SP Flash Tool.

Kedua adalah melakukan flashing menggunakan SD card atau juga disebut dengan kartu memori.

Download mt66xx USB Driver menggunakan perangkat komputer atau laptop, install juga aplikasi lain seperti firmaware Oppo R1001 serta aplikasi Sp Flashtool.

Inilah bahan yang harus dipersiapkan sebelum melakukan flashing terhadap ponsel Oppo R1001 milik Anda.

Flash Oppo R1001 SP Flash Tool

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah ekstrak semua file yang telah Anda download sebelumnya.
  • Lakukan proses instalasi driver Oppo R1001, kemudian jalankan SD Flash Tool. Kemudian, pada scater loading lakukan load file Oppo R1001 dan lakukan ekstrak di komputer.
  • Klik pada tombol untuk download dan memulai proses flashing ROM ponsel. Gunakan tombol volume up, fungsinya adalah sebagai tombol boot.
  • Setelah itu sambungkan ponsel Anda ke komputer memakai kabel USB, psoses akan mulai berjalan selama beberapa menit.
  • Ketika flashing ponsel Anda telah selesai, muncul kotak dialog Download OK dengan ikon tanda centang.
  • Langkah terakhir adalah proses flash ponsel Anda menggunakan SP Flash Tool telah selesai. Namun, hal ini belum selesai.
  • Dalam beberapa kasus akan muncul permasalahan yang terjadi saat Oppo R1001 ketika melakukan flash memakai SP Flash Tool.
  • Masalah yang kerap kali ditemui adalah ketika klik pada tombol download, pada momen ini akan muncul pesan yang menandakan error dan proses flashing tidak berjalan.
  • Untuk mengatasi dengan cara mengisi file UBOOT dengan uboot.bin lalu USER DATA pakai userdata_nvram_only.ext4.
  • Ketika proses flash masih belum bisa dijalankan, bisa dengan mengganti pilihan yang muncul pada kolom Download Only, lalu diubah menjadi Firmware Update atau juga Formal All + Download.
  • Setelah itu klik tombl download guna melanjutkan proses flashing, setelah itu ketika ponsel dinyalakan kembali akan muncul Encryption unsuccessful, lalu klik reset phone setelah itu tunggu proses selesai.

Flash Oppo R1001 via SD Card

  • Lakukan ekstraksi rar terlebih dahulu, kemudian ambil file zip yang terdapat di dalam folder hasil ekstraksi.
  • Salin zip tersebut ke dalam kartu SD, kemudian masukkan kartu SD ke dalam ponsel. Lalu matikan ponsel dan masuk ke mode recovery.
  • Setelah itu, Anda hanya tinggal menekan tombol power + volume down, untuk bahasa gunakan pilihan bahasa Inggris.
  • Sebelum melakukan flash menggunakan SD Card, perlu dilakukan wipe data cache terlebih dahulu, dengan cara memilih opsi wipe data and cache.
  • Kemudian pilih install from SD. Langkah yang harus dilakukan setelahnya adalah menunggu proses, selama kurang lebih lima menit.
  • Pilih reboot jika telah selesai, proses flash selesai, ponsel Oppo R1001 milik Anda sukses dilakukan flash.
Baca Juga : Cara Flash Xiaomi

Flashing bisa menjadi jawaban bagi Anda pemilik ponsel ini yang mengalami kendala seperti bootloop atau gagal booting.

Flash ini terbukti sebagai solusi jitu mengatasi permasalahan tersebut karena ponsel yang mengalami bootloop sudah tidak bisa lagi di otak-atik menggunakan berbagai cara apapun selain flashing.

Penggunaan firmware Oppo R1001 bertujuan untuk menjadikan normal kembali ponsel ketika mengalami masalah. Tak hanya bootloop tetapi juga softbrick dan hadbrick yang menyusahkan bagi para pengguna ponsel ini.

Ketika melakukan download firmware original alias secara resmi dapat dilakukan dengan recovery atau flash tool.

Bagi yang memiliki dan sudah mengunduh firmware Oppo R1001 tanpa perantara PC. Anda bisa melakukan recovery update pada perangkat yang digunakan, untuk PC ditujukan agar para pengguna ponsel yang mengalami kegagalan aplikasi dengan tanda kata-kata yang muncul di layar.

Bila ponsel Oppo R1001 Anda mengalami masalah, dengan tampilan layar menunjukkan tulisan Oppo dan tidak hilang, maka bisa dipastikan ponsel milik Anda mengalami kegagalan booting atau bootloop.

Gunakan stock rom Oppo R1001, Anda bisa menormalkan kembali ponsel Anda dengan memakai flash tool.

Demikian cara flash oppo r1001 smartphone kesayangan Anda. Semoga bermanfaat, salam hangat dari kami, semoga sukses. Salam Action!

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *