Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Rakit PC

2 min read

Rakit PC

Terkadang ketika Anda membeli sebuah paket PC lengkap secara langsung, Anda akan merasa masih terdapat kekurangan yang dirasakan terutama dalam hal performa.

Hal ini dikarenakan paket PC tersrbut masih menggunakan perangkat dasar, yang kadang tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Untuk mengatasi hal tersebut, cara yang terbaik adalah dengan rakit PC sendiri.

Dengan merakit PC sendiri, tentunya Anda dapat menentukan segala macam komponen yang akan digunakan pada PC Anda, mulai dari hardware hingga desain dari PC tersebut.

Akan tetapi, dapat dikatakan bahwa merakit sebuah PC ini bukanlah hal yang mudah, terutama bagi Anda yang belum pernah melakukannya. Oleh sebab itu, Anda dapat mengetahui beberapa informasi sebagai berikut.

Kelebihan Merakit Sebuah PC Sendiri

Sebelum Anda memulai proses perakitan sebuah PC, ada baiknya jika Anda mengetahui mengenai kelebihan dari merakit komputer dibandingkan dengan membeli paket komputer secara langsung terlebih dahulu.

Terdapat beberapa kelebihan atau keuntungan yang akan Anda peroleh dari perakitan komputer tersebut. Berikut ini penjelasannya.

  • Harga yang dapat Anda sesuaikan dengan keperluan dan keinginan. Anda dapat merakit sebuah komputer dengan budget yang terbilang minim hingga yang mahal.
  • Spesifikasi yang dikendaki sesuai dengan selera.
  • Sparepart atau periperal yang mudah untuk didapatkan apabila Anda hendak mengganti berbagai bagian tertentu apabila mengalami suatu kerusakan.
  • Menentukan desain atau bentuk PC sesuai dengan keinginan. Dengan memilih hardware sendiri, tentunya Anda juga dapat menentukan desain untuk setiap hardware yang akan digunakan.
  • Dapat melakukan upgrade pada semua komponen sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Upgrade ini dapat Anda lakukan untuk setiap komponen dan juga hardware yang digunakan.
  • Anda akan memperoleh garansi dari setiap komponen yang digunakan. Jadi tidak perlu melakukan penggantian komponen yang tidak diperlukan apabila hanya terjadi masalah pada komponen tertentu.

Bagian Bagian Komputer

Ketika Anda sudah mengetahui beberapa kelebihan dari merakit sebuah PC, tentunya Anda sudah dapat memastikan apakah perakitan komputer perlu untuk Anda lakukan atau tidak.

Jika memang Anda ingin melakukannya, maka Anda juga perlu tahu bagian-bagian yang ada pada sebuah komputer terlebih dahulu.

Berikut ini bagian-bagian pada komputer yang perlu untuk Anda ketahui.

  • Casing komputer atau CPU, merupakan bagian yang berfungsi sebagai wadah atau tutup di mana berbgai komponen akan diletakkan.
  • Harddisk, sebuah hardware yang memiliki fungsi sebagai media penyimpanan semua data dan sistem operasi pada komputer.
  • Motherboard, sebuah hardware berbentuk papan yang berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan atau mengkombinasikan hampir semua komponen pada sebuah komputer.
  • Processor, adalah hardware yang memiliki peranan sangat penting. Dapat dikatakan bahwa hardware ini merupakan otak dari komputer.
  • Kipas komputer dan Heatsink, merupakan komponen hardware yang mempunyai peran untuk mendinginkan suhu pada setiap hardware yang berada di atas motherboard.
  • Memory Komputer, adalah hardware yang berperan untuk menyimpan dan mejalankan proses dari sistem operasi. Memory komputer ini terdiri dari RAM dan juga VGA.
  • CD Driver, merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk membaca sebuah kepingan CD atau DVD di dalam komputer.
  • Power Supply, perangkat yang mengubah arus listrik menuju pada komputer.
  • Monitor, perangkat yang memungkinkan Anda untuk melihat tampilan sistem operasi pada sebuah layar.
  • Speaker, hardware yang berfungsi menyalurkan atau mengeluarkan suara dari dalam komputer.
  • Mouse dan Keyboard, dua hardware yang berfungi untuk melakukan perintah pada komputer.
Baca Juga : Keyboard Wireless

Cara Merakit Sebuah Komputer

Setelah Anda mengetahui berbagai macam bagian-bagian yang terdapat dalam sebuah komputer, maka langkah selanjutnya adalah merakit semua bagian tersebut agar dapat digunakan.

Meskipun caranya terbilang mudah, namun Anda tetap perlu memperhatikan cara berikut agar tidak terjadi kesalahan.

Langsung saja, berikut ini langkah-langkah yang perlu untuk Anda ikuti.

  1. Pertama, perhatikan tanda petunjuk yang ada di processor. Anda perlu menyamakan tanda yang berada pada processor dan motherboard untuk memasangnya.
  2. Jika sudah, maka angkat pengunci soket pada CPU agar terbuka sesuai dengan tanda. Kemudian pasang kembali tuas atau kunci pengaman soket.
  3. Setelah itu, pasang motherboard ke dalam casing. Pasang sesuai dengan posisi port dengan casing.
  4. Kemudian pasang heatsink dengan menghubungkan konektor heatsink tersebut pada bagian port yang sudah disediakan. Posisinya biasanya berada pada sekitar processor. Masukkan 4 penguncinya lalu putar dan tekan sesuai dengan arah jarum jam.
  5. Lanjut dengan memasang RAM. Buka kunci slot RAM, lalu masukkan RAM tersebut.
  6. Lalu pasang Power Supply pada casing yang mempunyai lubang paling besar di bagian belakang.
  7. Setelah itu pasang kabel motherboad pada casing sesuai dengan fungsi dari masing-masing kabel.
  8. Kemudian pasang CD Drive dari depan casing, dan menghubungkan kabel data pada motherboard serta Power Supply.
  9. Jangan lupa untuk memasang harddisk di bagian belakang, dan sambungkan kabel pada Power Supply dan juga motherboard.
  10. Lalu pasang VGA pada bagian atau slot VGA pada motherboard.
  11. Terakhir, tutup casing dan pasangkan kabel dari speaker, mouse, keyboard, dan juga monitor.

Apabila Anda sudah mengetahui beberapa bagian komputer dan juga cara rakit PC seperti yang telah dijelaskan di atas, tentunya perakitan sebuah komputer ini bukanlah hal yang sulit lagi.

Ketika semua perangkat terpasang, Anda hanya perlu menginstal driver dari semua perangkat tersebut.

Semoga bermanfaat!

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *