Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Windows 10 Education

2 min read

Windows 10 Education

Dapat dikatakan sistem operasi yang banyak digunakan untuk saat ini adalah Microsoft Windows. Dalam generasi terbarunya yakni Windows 10, Microsoft juga memberikan beberapa versi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya. Salah satu versi yang cukup menarik untuk dicoba adalah Windows 10 Education.

Keunggulan Windows 10 Education

Windows 10 versi Education ini dibuat dalam Windows Enterprise, serta menawarkan berbagai macam kemudahan untuk dikelola dan juga keamanan tingkat perusahaan yang diinginkan oleh banyak sekolah.

Windows 10 ini memang didesain secara khusus untuk kebutuhan dalam lingkup pendidikan. Selain itu, masih ada kelebihan dari Windows 10 versi Education sebagai berikut ini.

  • Anda bisa melakukan upgrade ke versi Profesional Windows 10 untuk memperoleh berbagai macam fitur yang canggih, seperti halnya enkripsi BitLocker. Akan tetapi banyak fitur yang tidak disediakan untuk para pengguna Windows normal.
  • Anda bisa memilih LTSB atau sering juga disebut dengan “cabang layanan jangka panjang”. Dengan ini, maka sistem operasi yang Anda gunakan akan didukung dengan pembaruan dalam waktu yang cukup lama.
  • Memungkinkan Anda untuk melakukan instalasi Windows ke dalam USB flash drive maupun hard drive eksternal. Instalasi tersebut dapat Anda lakukan ke komputer mana saja.
  • Adanya AppLocker yang memungkinkan Anda agar dapat menetapkan aturan untuk akun pengguna yang dapat menjalankan program tertentu. Anda juga dapat membuat aturan AppLocker ini menggunakan editor dari Kebijakan Keamanan Lokal.
  • Microsoft telah membatasi pengaturan kebijakan grup tertentu. Pengaturan kebijakan grup ini dibatasi untuk fungsi-fungsi yang dinilai kurang optimal.
  • Adanya fitur yang berguna untuk menonaktifkan pengunduhan berbagai macam aplikasi dari pihak ketiga ketika Anda sedang membuat akun yang baru.
  • Anda juga dapat untuk tidak menampilkan layar kunci. Dengan ini, maka laptop ataupun komputer yang digunakan akan lebih aman dari kemungkinan peretasan yang dilakukan.

Keunggulan Windows 10 Pro Education

Selain Windows 10 versi Education, Microsoft juga merilis versi pro dari Windows 10 ini. Tentunya perilisan Windows 10 ini bertujuan agar para penggunanya dapat merasa semakin nyaman.

Sama halnya dengan 10 Education, 10 Pro Education ini juga didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan pendidikan. Untuk itu, berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Windows 10 versi Pro Education.

  • Sistem operasi ini dapat diinstal pada semua perangkat komputer.
  • Terdapat sebuah fitur bernama “Set Up School PCs” app. Fitur ini mampu memungkinkan penyediaan pengaturan dengan menggunakan USB flash drive, serta tidak termasuk dengan Windows Spotloght, Contana, dan juga Windows Store Suggestion.
  • Memiliki tampilan yang lebih ringan, jadi semua pengguna versi Windows lain tetap dapat menikmati versi Windows 10 yang satu ini.
  • Anda tetap dapat menjalankan aplikasi yang dinilai kurang aman dalam Windows ini secara aman.
  • Adanya fitur Contana yang dibuat menjadi lebih fokus sebagai asisten dengan integrasi pada berbagai macam aplikasi, seperti halnya Outlook dan juga To-Do.
  • Perlu untuk Anda ketahui, bahwa Windows 10 versi Pro Education ini juga membawa semua fitur yang ada di Windows 10 Pro. Jadi semua kelebihan yang dimiliki oleh Windows 10 Pro, dapat Anda temukan di dalam versi Windows yang satu ini.
  • Jika pada Windows Home terdapat beberapa aplikasi bawaan yang tidak bisa di uninstall, maka Anda dapat melakukan uninstall pada setiap aplikasi bawaan yang di Windows 10 versi Pro Education ini.

Perbandingan Windows 10 Education vs Pro

Setelah Anda mengetahui beberapa kelebihan yang dimiliki oleh dua versi Windows 10 di atas, maka kemungkinan besar Anda sudah tahu versi mana yang cocok untuk digunakan.

Akan tetapi jika Anda masih bingung, Anda dapat mengetahui perbandingan antara Windows versi 10 Education dan Pro. Langsung saja, berikut penjelasan yang perlu untuk Anda ketahui.

  • Baik itu Windows 10 versi Education ataupun Pro, keduanya mempunyai fitur utama yang sama. Fitur tersebut antara lain, User Experience, User Interface, Start Menu, dan berbagai macam fitur pendukung lain seperti Windows Hello, Contana, Virtual Desktop, Continuum, dan juga browser Edge.
  • Dalam versi Pro, Anda dapat melakukan penundaan terhadap update yang dilakukan Windows maksimal selama 8 bulan. Sedangkan dalam versi Education, Anda dapat mematikan perintah update tersebut.
  • Jika versi Education diciptakan lebih untuk lingkup pendidikan, maka Windows Pro ini memiliki lingkup yang lebih besar. Jadi jika penggunaan Windows 10 ini dilakukan untuk keperluan berbagai macam pekerjaan dan juga bisnis, tentunya akan lebih efektif jika Anda menggunakan Windows versi Pro.
  • Meskipun begitu, namun Windows 10 versi Education tersebut mempunyai keunggulan yang lebih dalam kegunaan pendidikan. Versi Windows ini memiliki beberapa fitur tambahan khusus untuk pendidikan yang tidak dimiliki oleh versi Pro atau bahkan versi Windows yang lain.

Apabila Anda telah memahami sedikit informasi di atas, tentunya Anda sudah tahu versi Windows 10 mana yang layak untuk digunakan.

Namun tentunya, pemilihan versi Windows ini tetap harus Anda sesuaikan dengan penggunaannya agar dapat berfungsi secara lebih efektif.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *