Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Cara Instal Windows 7

2 min read

Cara Instal Windows 7

Bagi orang awam, instalasi sistem operasi seperti Windows mungkin terdengar menakutkan dan sulit.

Nyatanya, Anda dapat mengikut cara instal Windows 7 dengan mudah lewat berbagai tutorial yang tersebar di internet.

Karenanya, saat ini instalasi sistem operasi seperti ini tidak memerlukan kemampuan pengetahuan teknologi komputer yang tinggi.

Cara Instal Windows 7

Instalasi sistem operasi diperlukan agar dapat menggunakan suatu perangkat PC atau laptop dengan maksimal. Hal ini biasanya dilakukan di awal produksi sebelum sebuah perangkat dipasarkan.

Di lain kasus, instalasi sistem operasi juga dilakukan apabila sistem operasi yang sudah ada mengalami kendala, seperti misalnya kadaluarsa atau perlu pembaharuan. Hal ini kemudian disebut dengan instalasi ulang atau instal ulang.

Untuk menurunkan resiko terjadinya error, Anda perlu mengetahui cara instal ulang Windows 7. Perlu diketahui bahwa Windows 7 merupakan sistem operasi dari Windows yang paling mudah untuk diinstal.

Clean Install” atau instal ulang dari awal (dari nol) merupakan cara terbaik untuk mengatasi berbagai kendala yang terjadi pada suatu sistem operasi, termasuk masalah-masalah yang tidak dapat diselesaikan dengan troubleshooting.

Selain menggunakan CD atau DVD, instalasi Windows 7 dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan flashdisk.

Untuk itu, Anda perlu menyiapkan sebuah perangkat flashdisk yang nantinya akan diisi dengan file bertipe .iso dari installer Windows.

Tanpa banyak basa-basi lagi, simak cara instal Windows 7 dengan flashdisk di bawah ini.

Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk

Sebelum melakukan instalasi, sangat disarankan untuk melakukan back up terhadap semua data yang Anda miliki di dalam PC atau laptop Anda. Hal ini disebabkan karena seluruh data yang ada akan hilang saat instalasi ulang dilakukan.

Langkah tersebut dapat Anda lakukan dengan menyiapkan DVD, CD, Hard Drive External, atau bahkan Flash Disk, semua tergantung dari seberapa besar ukuran file-file Anda secara total. Setelah itu, ikuti langkah berikut:

  1. Masukan flashdisk berisi file installer Windows 7. Pastikan bahwa flashdisk tersebut bersih dari virus dan hanya berisi file installer tersebut saja.
  2. Restart PC atau laptop Anda.
  3. Selama proses booting, tekan tombol yang sesuai untuk masuk ke dalam menu boot. Tombol ini berbeda-beda pada setiap merk. Namun, umumnya tombol yang berkaitan adalah F1, F2, atau F8.
  4. Setelah berhasil, pada menu boot device, naikkan pilihan flashdisk yang berisi file installer tadi menjadi opsi booting yang pertama, sehingga komputer akan memprioritaskan proses booting dari perangkat tersebut.
  5. Apabila berhasil, umumnya layar akan menampilkan tulisan berupa “press any key to boot off flashdrive” atau sejenisnya. Apabila Anda melihat ini, tekan tombol mana saja di keyboard untuk masuk dalam proses instalasi.
  6. Apabila langkah awal yaitu langkah 1 – 5 telah berhasil, maka jendela instalasi Windows akan muncul. Klik pada tanda panah yang tersedia di layar.
  7. Klik pada kotak “I accept the license terms” kemudian klik Next. Hal ini selalu dilakukan oleh berbagai pihak developer untuk memastikan bahwa pihak pengguna menyetujui berbagai syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pihak developer.
  8. Pilih Custom (advanced) karena Anda tidak sedang melakukan upgrade sistem operasi Windows.
  9. Pada jendela berikutnya, pilih partisi disk tempat Anda ingin meletakkan file-file instalasi Windows 7. Pastikan Anda memiliki kapasitas partisi kosong minimal 10GB. Setelah itu, klik Next.
  10. Apabila ada jendela warning yang muncul, silakan klik OK. Proses instalasi Windows akan berjalan dan Anda dapat memonitornya lewat jendela Installing Windows yang muncul.
  11. Apabila proses instalasi telah selesai, PC atau laptop akan kembali restart dengan sistem operasi yang baru saja diinstal.

Bagaimana, mudah bukan? Langkah-langkah yang dijelaskan di atas merupakan salah satu dari sekian banyak cara instal ulang Windows 7 dengan flashdisk.

Dengan mengikuti cara instal ulang Windows 7 yang sudah diberikan tersebut, Anda dapat memperbaharui Windows 7 Anda tanpa perlu biaya dan kesulitan tambahan.

Perlu dicatat bahwa sangat direkomendasikan untuk menggunakan produk asli dari Microsoft.

Sebelum dapat menggunakannya dengan maksimal, beberapa hal yang perlu Anda atur sesaat setelah mengikuti cara instal ulang Windows 7 dengan flashdisk di atas adalah sebagai berikut:

  • Atur Windows Updates.
  • Atur nama komputer sesuai dengan keinginan Anda pada akun utama
  • Input zona waktu dan tanggal
  • Pilih jenis network yang akan digunakan
  • Masukkan product key yang sesuai dengan produk Microsoft yang Anda gunakan.
  • Apabila ada jendela pemberitahuan yang muncul, Anda dapat meng-klik tombol Next.

Apabila langkah-langkah tersebut sudah Anda ikuti dengan benar, Anda dapat bernafas lega karena sistem operasi Windows 7 Anda sudah dapat digunakan.

Sebagai penutup, Anda diharapkan untuk menjaga sistem operasi ini sebaik-baiknya, sehingga terhindar dari error yang tidak diinginkan. Selamat mencoba, Salam Aksi!

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *