Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk

2 min read

Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk

Jenis virus yang muncul pada flashdisk memang beragam dan berbeda-beda, mulai dari seperti virus shortcut, malware dan lain sebagainya.

Munculnya berbagai virus ini bisa merusak fungsi atau bahkan sistem kerja flashdisk tersebut, untuk itu diperlukan cara menghilangkan virus di flashdisk dengan mudah dan tidak memerlukan banyak langkah.

Untuk menghapus berbagai macam virus ini bisa dibilang gampang-gampang mudah, beberapa cara bisa dipilih karena memang untuk menghapus virus pada flashdisk tak hanya menggunakan satu cara.

Salah satu virus yang biasa ditemui dalam penggunaan media penyimpanan ini adalah virus shortcut, singkatnya flashdisk terinfeksi virus yang didatangkan dari media lain sepert komputer.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

Mudah atau sulit dalam melakukan langkah untuk menghilangkan virus ini terbilang mudah-mudah sulit, tergantung pada sejauh mana virus tersebut menyebar.

Namun demikian, dalam beberapa kasus seseorang membutuhkan waktu yang cukup lama ketika melakukan pengecekan virus seperti scanning.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk melenyapkan virus shortcut di flashdisk

  • Masukan atau colokan Flashdisk pada komputer, kemudian buka Flashdisk tersebut.
  • Setelah itu klik Organize dan pilih Folder and search options.
  • Jika sudah masuk, aktifkan show hidden files, folders, and drives. Kemudian klik unchecklist pada fitur hide protected operating system files (recommended).
  • Jika muncul notice yang menandakan bahwa setuju untuk menghapus file maka langsung klik Yes pada pilihan yang tersedia.
  • Pada umumnya, folder yang disembunyikan oleh virus akan muncul kembali dengan status semi-hidden tetapi dapat terlihat.
  • Untuk membuat normal kondisi tersebut lakukan dengan cara buka CMD (Command Prompt). Kemudian ketikan lokasi dimana Flashdisk berada.
  • Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengetikan attrib -s -r -h /s /d pada CMD kemudian tekan Enter.
  • Setelah itu, lakukan pengecekan pada Flashdisk yang digunakan, cek semua folder apakah sudah kembali normal. Jika sudah, hapus folder yang dirasa tidak penting dan aneh.

Cara di atas bukan satu-satunya metode yang bisa digunakan untuk menghilangkan virus di dalam Flashdisk.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dipakai, tak hanya untuk menghilangkan virus shortcut tetapi juga malware dan virus lainnya.

Selain itu, langkah yang harus dilakukan tentu sudah sangat familiar bagi para pengguna perangkat seperti laptop dan komputer.

Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk Pakai CMD

Command Prompt atau CMD tentunya bukan istilah asing bagi para pengguna perangkat komputer dan laptop atau PC.

Ini merupakan program bawaan dari Windows dengan fungsi untuk menjalankan perintah tertentu. Seperti salah satunya digunakan untuk menghilangkan virus yang terdapat di dalam Flashdisk terutama virus yang berbahaya.

Seperti virus dengan bahaya mampu mengubah eksistensi file dan membuat file tersebut tidak dapat dibuka seperti seharusnya.

Langkah yang harus dilakukan juga tidak rumit, berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan virus pada Flashdisk dengan menggunakan fitur bawaan Command Prompt.

  • Masuk ke Command Prompt, caranya masuk ke kolom pencarian dan ketikan CMD setelah itu langsung dibuka.
  • Kemudian, ketikan Drive Flashdisk, misalnya terdapa di dalam folder G lalu tekan Enter untuk masuk ke dalam Flashdisk tersebut.
  • Jika sudah, masukkan perintah dengan menuliskan attrib -s -h -r -a*.* s/ s/ kemudian klik Enter dan folder dari media penyimpanan yang tidak terlihat akan terbuka.
  • Setelah itu lakukan penghapusan terhadap file yang diduga sebagai sumber virus pada Flashdisk, bisa dengan menekan Shift + Del atau lewat CMD dengan perintah del namavirus.exe.

Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk Pakai Smadav

Berbicara virus tentu tak akan lengkap jika tidak menggunakan antivirus yang berfungsi sebagai pembersih program tidak diketahui di Flashdisk.

Smadav salah satu program antivirus yang diandalkan banyak orang dan patut dijadikan sebagai andalan ketika perangkat komputer diserang virus. Cara yang harus dilakukan pun terbilang mudah dan tidak ribet

  • Setelah program Smadav telah selesai diinstal, lakukan restart komputer, jika Flashdisk sudah tersambung tunggu sampai media penyimpanan tersebut terbaca.
  • Klik kanan pada Drive Flashdisk, kemudian pilih Scan With Smadav setelah itu tinggal menunggu proses program ini menghilangkan virus yang ada.

Mengatasi Virus di Flashdisk yang Tidak Bisa Dihapus

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mematikan Autoplay terlebih dahulu dengan klik Windows + R, ketik gpedit.msc dan masuk ke Administrative Templates, kemudian buka Windows Components dan pilih Autoplay Policies. Pada menu kanan, klik Turn Off Autoplay kemudian ubah menjadi Yes.
  • Selanjutnya nonaktifkan System Restore, dengan cara klik kanan pada This PC (Computer), kemudian klik System Protection yang terdapat pada bagian kiri kolom menu. Lalu klik Configure dan nonaktifkan Restore Point.
  • Langkah terakhir adalah buka Task Manager dengan menekan Ctrl + Shift + Esc, cari proses yang tidak dikenali setelah itu pilih End Task.
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *