Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

CCTV Wireless

2 min read

CCTV Wireless

Perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti saat ini, tentunya mempengaruhi berbagai bidang dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tidak terkecuali dalam meningkatkan keamanan di lingkungan masyarakat.

Pengaruh teknologi dalam bidang tersebut seperti penggunaan CCTV. Jenis CCTV yang banyak digunakan untuk saat ini adalah CCTV wireless atau tanpa kabel.

Sesuai dengan namanya yakni wireless atau tanpa kabel, jenis CCTV ini merupakan sebuah kamera pengintai yang dipasangkan pada sudut-sudut tertentu tanpa menggunakan kabel dalam operasionalnya.

Penggunaan kabel dari jenis CCTV yang satu ini telah digantikan dengan jaringan bluetooth ataupun internet yang cakupannya sekarang sudah sangat luas.

Baca Juga : Mouse Wireless

Kelebihan CCTV Wireless

Tentunya banyaknya penggunaan dari jenis CCTV tanpa kabel ini bukan karena tanpa sebab.

Jenis CCTV ini pastinya mempunyai beberapa kelebihan atau keunggulan jika dibandingkan dengan jenis CCTV biasa atau yang masih menggunakan kabel.

Jika Anda penasaran, maka berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh CCTV tanpa kabel.

  • Rekaman yang dihasilkan oleh CCTV ini akan disalurkan melalui jaringan internet. Jadi Anda dapat melihat hasil rekaman tersebut dari mana saja. Anda tidak perlu menyediakan sebuah tempat khusus untuk memantau. Hanya saja, Anda perlu menyediakan jaringan internet yang memadai agar dapat terkoneksi dengan kamera CCTV tersebut.
  • Beberapa versi pada sistem kamera CCTV tanpa kabel ini, dapat memberi Anda pesan secara instan baik itu melalui SMS ataupun email ketika terdapat suatu pergerakan ataupun kehadiran orang ataupun benda. Jadi Anda tidak perlu mengawasi CCTV tersebut setiap saat.
  • Kelebihan yang paling utama yang dimiliki oleh jenis CCTV tanpa kabel ini, yakni bersifat fleksibel. Anda dapat meletakkan kamera CCTV tersebut di mana saja, tanpa perlu memikirkan panjang kabel yang digunakan. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Anda hanya perlu menyediakan jaringan internet atau bluetooth.
  • Masalah yang sering terjadi pada jenis CCTV biasa yakni terdapat pada kabel yang digunakan. Tentunya masalah tersebut tidak akan timbul pada penggunaan jenis CCTV tanpa kabel atau wireless, karena sistem operasionalnya tidak menggunakan kabel.

Kekurangan Wireless CCTV

Meskipun CCTV tanpa kabel memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan jenis CCTV biasa, akan tetapi jenis CCTV yang satu ini juga mempunyai beberapa kekurangan yang perlu untuk Anda pertimbangkan.

Maka dari itu, langsung saja berikut ini beberapa kekurangan dari penggunaan jenis CCTV tanpa kabel atau wireless.

  • Jika dibandingkan dengan jenis CCTV biasa, konfigurasi serta pengaturan yang harus dilakukan pada CCTV tanpa kabel ini lebih sulit. Hal ini dikarenakan tidak semua orang dapat melakukan konfigurasi pada jenis CCTV tersebut. Untuk itu, Anda membutuhkan orang yang benar-benar paham mengenai konfigurasi CCTV tanpa kabel.
  • Untuk masalah gambar yang dihasilkan, rata-rata kualitas gambar dari CCTV tanpa kabel ini masih di bawah CCTV biasa. Tentunya hal ini akan berdampak pada kejelasan dari objek gambar yang akan terlihat. Namun, beberapa produk CCTV tanpa kabel sudah mampu menyediakan kualitas gambar yang bagus.
  • Apabila Anda membandingkan harga dari CCTV tanpa kabel dengan harga CCTV biasa, sudah pasti harga CCTV tanpa kabel relatif lebih mahal. Meskipun terdapat beberapa pabrikan yang menyediakan produk kamera CCTV tanpa kabel dengan harga yang murah, namun kualitas dari produk tersebut masih di bawah rata-rata.
Baca Juga : Kamera Vlog

Cara Memasang CCTV Weirless Jarak Jauh

Jika Anda sudah mengetahui beberapa kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh jenis CCTV kabel ini, tentunya Anda sudah memiliki keputusan untuk menggunakannya atau tidak.

Apabila iya, tentunya Anda juga harus tahu cara untuk memasangnya agar dapat berfungsi dengan baik.

Untuk itu, berikut ini tahapan yang perlu dilakukan dalam memasang CCTV tanpa kabel.

  1. Hal pertama yang perlu untuk Anda lakukan adalah menangani tentang alamat IP dari kamera CCTV tersebut. Anda dapat menyalakan alamat IP melalui DVR dan menghubungkannya dengan perangkat yang akan digunakan untuk memantau, baik itu komputer ataupun laptop.
  2. Setelah itu, Anda perlu untuk menyesuaikan alamat IP dari komputer atau laptop yang berada pada Control Panel sesuai dengan alamat IP yang ada di CCTV atau DVR.
  3. Apabila urusan alamat IP sudah selesai, maka lanjut dengan menginstal driver dari kamera CCTV tersebut pada perangkat yang akan digunakan untuk mengintai.
  4. Jika sudah, maka alangkah lebih baik jika Anda melakukan uji coba terlebih dahulu. Anda dapat masuk ke dalam browser yang ada pada perangkat, lalu masuk ke pengaturan menu security. Pada menu tersebut, masukkan alamat IP yang tadi sudah diatur.
  5. Apabila kamera CCTV sudah dapat digunakan, maka tahapan terakhir yang perlu dilakukan adalah memasang CCTV tersebut. Anda dapat memasangnya pada beberapa sudut tertentu dengan cakupan gambar yang baik.

Dengan mengetahui cara untuk memasang CCTV tanpa kabel seperti yang telah dijelaskan di atas, tentunya Anda sudah tidak khawatir lagi jika ingin menggunakan CCTV tersebut.

Namun jika Anda merasa kurang yakin untuk memasangnya sendiri, maka dapat menggunakan jasa pasang CCTV.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *