Faizatun Ngafifah Seorang Publisher yang Hobi Membaca dan Menulis serta Menyukai Dunia Teknologi

Cara Screenshot Samsung

2 min read

Cara Screenshot Samsung

Sangat mudah bagi Anda untuk mengambil screenshot tampilan ponsel Android Anda dan ada beberapa contoh di mana tangkapan layar dapat bermanfaat dengan baik, entah apakah Anda ingin mendiskusikan layar beranda dengan kolega atau mendapatkan bukti visual dari hasil peningkatan kinerja baru-baru ini. Intinya, karena manfaatnya yang cukup baik, Anda perlu mengetahui mengenai cara screenshot Samsung dengan benar.

Cara Screenshot Samsung Dengan Berbagai Metode

Screenshot mulai ramai digunakan sejak awal berkembangnya smartphone dalam bidang teknologi komunikasi. Dengan adanya screenshot, pengguna dapat mengabadikan tampilan layarnya untuk kemudian disimpan atau dibagikan kepada pengguna lainnya. Sejak itu, screenshot menjadi suatu fitur yang dirasa wajib ada dalam setiap perkembangan gadget baru, termasuk pada brand kenamaan Korea Selatan yaitu Samsung.

Cara Screenshot HP Samsung Dengan Menggeser Layar Pada Samsung Galaxy

Samsung Galaxy terkenal dengan kecanggihannya. Metode ini digunakan pada sebagian besar perangkat ponsel Samsung yang telah dirilis setelah 2013. Berikut cara screenshotnya:

  1. Untuk mengambil tangkapan layar dengan “Palm Swipe,” pertama-tama taruh tangan ke atas di tepi layar.
  2. Kemudian usap tangan Anda pada layar, dari kiri ke ujung kanan.

Secara ringkas, atur telapak tangan Anda secara vertikal, dan bentuklah seperti gerakan karate memotong perangkat di kedua sisi monitor. Geser melalui layar secara horizontal, seperti tangan Anda adalah sebuah pemindai foto. Shutter kamera akan berbunyi, tangkapan layar harus ditampilkan di seluruh panel dan aka nada notifikasi bahwa gambar telah disimpan di galeri. Mungkin perlu beberapa kali upaya.

Anda mungkin harus mengecek pengaturan Anda jika Anda tidak bisa berfungsi dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka Pengaturan Buka> Fungsi lanjutan. Pengaturan> Gerakan dan gerakan (dalam bagian gerakan).
  2. Aktifkan kotak dengan mencentang Palm Swipe. Kemudian tutup panel dan temukan tampilan yang Anda inginkan. Screenshot!

Cara Screenshot Samsung Tipe J

Samsung Tipe J termasuk di bawah Samsung Galaxy, sehingga dapat dikatakan bahwa cara screenshot Samsung J5 akan sama dengan cara screenshot Samsung J7 Prime. Hal tersebut tentu saja karena kedua smartphone tersebut berada pada rilisan yang sama.

Tidak semua orang adalah penggemar kontrol gerakan. Untungnya, sebagian besar perangkat Android memberikan teknik tangkapan layar yang lebih taktil. Tempatkan ibu jari Anda pada tombol daya dan beranda untuk mengambil tangkapan layar menggunakan tombol tersebut.

  1. Tekan secara bersamaan tombol Daya dan tombol Home.
  2. Pegang kedua tombol per detik hingga Anda mendeteksi bunyi shutter atau melihat grafik foto tampil di layar.

Hal ini bisa sulit dicapai. Sebelum menekan tombol Home, Anda perlu menekan tombol Power secara moderat dan menjaga keduanya tertekan secara bersamaan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, metode ini beroperasi sebagai cara screenshot Samsung J5 dan cara screenshot Samsung J7 Prime.

Cara Screenshot HP Samsung Dengan S Pen Pada Note

Metode ini dapat digunakan pada Galaxy Note 8, Galaxy Note 5 hingga 3, dan pada Samsung yang terpasang sistem pena Samsung S lainnya. Berikut caranya:

  1. Anda harus masuk ke Menu Perintah Udara untuk mengambil tangkapan layar dengan cara ini, baik dengan mengeluarkan S Pen Stylus atau dengan memegang ibu jari di atas Window dan menekan tombol pada layar.
  2. Untuk mengambil tangkapan layar, pilih Tulis layar dari pilihan Perintah Udara. Kemudian Anda dapat mengetik catatan di atas gambar. Anda dapat mengubah warna dan ukuran pena Anda jika ingin dibuat di bilah alat atas. Anda juga dapat menghapus atau membatalkan goresan, dan opsi pemotongan gambar tersedia di bawah.
  3. Ketuk Bagikan atau Simpan di bagian atas ketika Anda selesai.

Cara untuk mengambil tangkapan layar dari perangkat Android lainnya seperti misalnya di perangkat yang bukan Samsung juga terbilang cukup sederhana. Teknik ini berbeda secara signifikan dari satu versi ke versi berikutnya. Namun, teknik sebelumnya dapat beroperasi pada semua perangkat Android yang tidak mengoperasikan Samsung Android 4.0. Berikut caranya:

  1. Tekan tombol daya dan tombol volume bawah secara bersamaan.
  2. Tahan keduanya hingga mendengar suara shutter untuk tangkapan layar. Animasi tangkapan kecil juga akan ditampilkan pada layar.
  3. Anda akan diberi tahu bahwa tangkapan layar Anda telah ditangkap dan dapat dibagikan atau dihapus.

Tangkapan layar Anda akan disimpan di direktori berbeda di aplikasi Foto atau Galeri Anda. Anda juga dapat mengklik tombol Daya di Android 9.0 Pie, yang memungkinkan tangkapan layar muncul di monitor. Dengan demikian, screenshot yang telah diambil dapat diolah lebih lanjut.

Dengan berbagai metode mengenai cara screenshot pada smartphone Samsung yang sudah dijelaskan di atas, diharapkan tidak ada kesulitan yang berarti bagi para pengguna Samsung baik pengguna edisi lama maupun baru. Akhir kata, selamat mencoba! Salam TeknoAksi!

Avatar
Faizatun Ngafifah Seorang Publisher yang Hobi Membaca dan Menulis serta Menyukai Dunia Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *