Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Samsung Wireless Charger

2 min read

Samsung Wireless Charger

Seperti yang telah diketahui, bahwa Samsung merupakan salah satu produsen smartphone terbaik untuk saat ini.

Untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya, tentunya Samsung selalu melakukan pengembangan pada semua produknya.

Salah satu hasil dari pengembangan tersebut, yakni adanya sebuah perangkat baru yang bernama Samsung Wireless Charger.

Sesuai dengan namanya, wireless charger merupakan sebuah teknologi baru yang diusung dalam hal pengisian daya.

Penggunaan kabel yang sebelumnya menghubungkan antara adaptor dan smartphone, kini sudah digantikan dengan jaringan atau wireless.

Jadi, Anda tidak akan menemukan kabel penghubung pada perangkat yang satu ini.

Kelebihan Samsung Wireless Charger

Wireless Charger Samsung

Hadirnya perangkat baru dari Samsung ini, tentunya bukan karena tanpa sebab.

Hal ini bertujuan untuk menyempurnakan perangkat generasi sebelumnya.

Banyak hal yang sudah berubah hingga menjadi sebuah perangkat yang baru.

Untuk itu, berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh wireless charger dari Samsung.

  • Dapat dikatakan bahwa, penggunaan dari wireless charger ini lebih simpel dan tidak ribet jika dibandingkan dengan charger biasa. Hal ini dikarenakan keberadaan jaringan wireless, sebagai pengganti dari kabel yang menjadi penghubung antara perangkat smartphone dengan adaptor.
  • Dalam hal keawetan, perangkat ini dinilai lebih awet jika dibandingkan dengan jenis charger biasa. Hal ini karena Anda tidak perlu mencabut ataupun mencolokkan kabel, baik itu pada adaptornya ataupun pada smartphone. Dengan menggunakan perangkat ini, maka masalah yang biasanya tejadi pada kabel dapat dihindari.
  • Mampu menghidarkan dari resiko terjadinya konsleting listrik. Jika Anda melakukan pengisian daya melalui charger biasa yang memiliki masalah baik itu pada adaptor ataupun pada kabelnya, biasanya akan terjadi konsleting. Konsleting listrik tersebut dapat membuat smartphone yang terhubung menjadi rusak.
  • Wireless charger dari Samsung ini, akan lebih mudah untuk dibawa kemana saja. Dengan bentuknya yang simpel, maka Anda tidak perlu khawatir dengan lipatan kabel ketika dimasukkan ke dalam tas. Anda juga tidak perlu khawatir akan terjadi kerusakan pada kabel yang membuatnya tidak dapat berfungsi.

Kekurangan Wireless Charger Samsung

Seperti yang telah diketahui, bahwa hampir semua alat atau perangkat yang dibuat oleh manusia pasti memiliki kekurangan. Hal ini juga berlaku untuk wireless charger dari Samsung.

Meskipun memiliki beberapa kelebihan dan keunggulan, namun perangkat yang satu ini juga mempunyai beberapa kekurangan yang perlu untuk Anda pertimbangkan sebagai berikut ini.

  • Jika dibandingkan dengan jenis charger biasanya, perangkat yang satu ini memiliki sifat yang kurang efisien. Pengisian daya yang Anda lakukan menggunakan wireless charger ini, terbilang lebih lambat dikarenakan menggunakan jaringan wireless. Jadi daya yang dikeluarkan akan relatif lebih kecil.
  • Kebanyakan wireless charger yang ada di pasaran akan membuat smartphone Anda menjadi panas. Hal ini juga terjadi pada wireless charger dari Samsung. Meskipun tidak sepanas wireless charger merk lain, namun jika dibandingkan dengan charger biasanya, perangkat ini akan membuat smartphone Anda menjadi lebih panas.
  • Penggunaan case merupakan salah satu cara yang akan membantu Anda dalam melindungi bodi dari smartphone. Akan tetapi, penggunaan case yang terlalu tebal hanya akan membuat pengisian daya melaui wireless charger ini terganggu.
  • Jika dibandingkan dengan jenis charger biasa, tentunya harga wireless charger Samsung ini lebih mahal. Hal ini dikarenakan wireless charger telah menggunakan teknologi yang cukup rumit, bahkan jauh lebih rumit jika dibandingkan dengan jenis charger yang masih menggunakan kabel.

Cara Menggunakan Wireless Charger dari Samsung

Samsung Wireless Charger

Selain keuntungan dan juga kekurangannya, tentunya Anda juga perlu tahu cara untuk menggunakan wireless charger dari Samsung ini.

Meskipun terlihat cukup mudah, namun Anda tetap harus melakukannya dengan hati-hati agar tidak ada kessalahan yang dapat berakibat fatal.

Untuk itu, berikut ini beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan.

  • Langkah pertama yang perlu untuk Anda lakukan, yakni tentunya menyiapkan wireless charger dari Samsung dan juga smartphone yang dayanya hendak diisi.
  • Setelah itu, tancapkan wireless charger tersebut pada stopkontak. Meskipun bersifat wireless atau tanpa kabel, perangkat ini tetap membutuhkan listrik dalam sistem operasionalnya.
  • Ketika wireless charger sudah terhubung dengan listrik, maka letakkan smartphone Anda di atas charger tersebut. Pastikan agar pengisian daya dari smartphone tersebut berhasil dilakukan.
  • Jika pengisian daya dari smartphone tidak dapat dilakukan, maka Anda perlu untuk mengatur posisinya agar menjadi benar. Posisi yang terlalu ke kiri ataupun kanan, akan membuat proses pengisian daya tidak dapat berjalan.
  • Langkah terakhir, Anda hanya perlu untuk menunggu sampai proses pengisian daya selesai dan daya baterai pada smartphone Anda sudah penuh. Jika sudah penuh, maka Anda dapat langung mengangkat smartphone yang dayanya sudah terisi secara penuh.
  • Dengan ini, maka pengisian daya yang dilakukan dengan menggunakan wireless charger dari Samsung sudah berhasil dilakukan.

Selain beberapa informasi yang telah dijelaskan di atas, Anda juga perlu tahu harga dari wirelss charger dari Samsung tersebut.

Harga Charger Samsung original di Samsung Center cukup mahal, yakni berkisar antara 600 hingga 750 ribu rupiah.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *