Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

2 min read

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Perangkat pada laptop yang paling banyak digunakan oleh penggunanya yaitu bluetooth. Fitur inilah yang dapat menghubungkan perangkat yang dimilikinya dengan perangkat lain, baik itu laptop, smartphone, komputer maupun perangkat yang lainnya.

Fitur Bluetooth memang jauh lebiih efektif, praktis dan untuk cara mengaktifkan bluetooth di Laptop juga tidak terlalu ribet.

Namun sayangnya tidak semua laptop akan dibekali dengan fitur bluetooth. Namun Anda tidak perlu sedih, karena ada cara memasang bluetooth di laptop yang tidak ada bluetooth.

Dengan cara inilah maka Anda tidak perlu merasa khawatir ketika ingin berbagi dengan perangkat yang lain meskipun laptop Anda tidak dilengkapi dengan bluetooth.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 7

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 7

Untuk mengaktifkan bluetooth pada Windows 7 Anda bisa mengikuti langkah praktis yang ada di bawah ini supaya lebih memudahkan Anda, di antaranya yaitu:

  • Langkah pertama Anda harus melakukan pengecekan pada laptop untuk memastikan apakah sudah ada perangkat Bluetooth di laptop atau harus menggunakan bluetooth portable.
  • Anda bisa melihat dari segi lampu indikator bluetooth untuk mengetahui apakah bluetooth tersebut aktif atau tidaknya.
  • Setelah itu Anda dapat membuka bagian control panel yang ada di bagian menu Search.
  • Kemudian silahkan klik tulisan control panel dan Anda diarahkan pada halaman control panel.
  • Jika sudah Anda dapat mengklik bagian Device Manager.
  • Selanjutnya Anda dapat masuk pada halaman device manager lalu silahkan cari menu bluetooth.
  • Kemudian Anda dapat langsung mendownload aplikasi Bluetooth dengan cara search pada internet sesuai nama perangkat bluetooth. Karena setiap laptop tentu memiliki nama perangkat yang tidak sama.
  • Jika Anda sudah mencarinya melalui search Google, maka Anda dapat mengklik bagian url atau alamat website tersebut.
  • Sebelum Anda mengklik pada website tersebut pastikan terlebih dahulu bahwa untuk laptop yang Anda gunakan tersebut 32 bit maupun 64-bit. Hal ini dikarenakan perbedaan bit memiliki pengaruh yang cukup.
  • Setelah itu Anda dapat memperhatikan dari segi nama aplikasinya yang harus sesuai pada perangkat bluetooth Anda.
  • jika sekiranya Anda telah menemukan aplikasi yang sesuai, Anda dapat mengklik bagian tombol anak panah bulat ke arah bawah kemudian klik tombol yang sesuai pada bit Windows Anda.
  • Setelah itu halaman download aplikasi akan Anda temukan lalu klik tombol download sekali lagi.
  • Apabila telah terdownload Anda dapat langsung menginstalnya di laptop.
  • Apabila sudah terinstal, maka Anda dapat melakukan pengecekan pada bagian pop-up menu bluetooth.
  • Jika sudah Anda dapat langsung mengklik tombol ”add a device” pastikan bahwa Anda telah mengaktifkan Bluetooth di Hp kemudian meng sinkronisasikan.
  • Setelah tombol device, Anda klik makan muncul tampilan nama bluetooth.
  • Setelah itu Anda dapat langsung klik tombol next.
  • Kemudian muncul comparing pairing kode, yaitu untuk sinkronisasi antara laptop dan HP Anda. Sementara untuk setiap laptop tentu memiliki kode yang berbeda.
  • Jika Anda sudah mengklik tombol next maka untuk HP Anda tersebut muncul pop-up sinkronisasi yang berasal dari laptop. Anda dapat langsung memilih terima atau aceept.
  • Di bagian toolbar muncul pop up dengan status koneksi bluetooth yang ada di laptop dan di HP.
  • Tunggulah hingga proses sinkronisasi selesai.
  • Apabila telah muncul tampilan successfully maka Anda dapat langsung mengklik tombol close.

Cara Memasang Bluetooth di Laptop yang Tidak dilengkapi dengan Bluetoothnya

Selain cara mengaktifkan bluetooth di laptop Windows 8, Anda pun juga bisa untuk melakukan pemasangan bluetooth pada laptop yang tidak dilengkapi dengan bluetooth bisa dilakukan dengan berbagai langkah, untuk itu Anda bisa mengikutinya sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini penjelasannya:

1. Memasang Motherboard

Melalui motherboard menjadi cara yang paling mudah untuk menggunakan perangkat bluetooth pada laptop. Meskipun dijaminkan keberhasilannya namun untuk resikonya tentu tetap Anda dapatkan.

Sebelum melakukannya maka Anda harus mengetahui pasti langkah-langkah dalam memasang bluetooth. Apabila Anda melakukan kesalahan dalam melakukan pemasangan maka dapat menimbulkan kerusakan pada bagian motherboard laptop.

Perlu untuk diperhatikan bahwa untuk melakukan cara yang pertama ini Anda wajib memperhatikan kecocokan antar motherboard laptop dengan perangkat bluetooth.

Jika kedua perangkat tersebut tidak memiliki kecocokan tentu perangkat bluetooth tidak bisa digunakan dengan baik.

2. Menggunakan Dongle Bluetooth

Untuk cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan melalui dongle Bluetooth. Untuk menemukan perangkat yang satu ini Anda bisa melakukan pembeliannya di toko khusus komputer.

Perangkat ini memang sengaja digunakan sebagai pengiring stall perangkat bluetooth dengan koneksi USB seperti dongle wi-fi.

Kelebihan yang dimiliki dari dongle bluetooth ini yaitu Anda bisa menggunakan bluetooth di mana pun secara fleksibilitas.

3. Menggunakan Perangkat Pendukung dan Instal Driver

Untuk menginstal perangkat bluetooth maka Anda bisa melakukan instalasi driver atau beberapa perangkat pendukung.

Melakukan instalasi dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah yaitu cukup dengan mengklik 2 kali di bagian file Exe yang sudah disediakan perangkat bluetooth.

Cara mengaktifkan bluetooth di laptop Windows 10 dengan Windows 7 tentu langkahnya berbeda, untuk itu Anda harus mengenali Windows yang ada pada laptop Anda.

Dengan beberapa langkah yang ada di atas dapat membantu Anda supaya bisa mengaktifkan bluetooth pada laptop.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *