Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Daftar HP Terbaru

10 min read

Daftar Hp Terbaru

Menjadi salah satu produsen smartphone atau ponsel pintar kenamaan asal China, Lenovo memiliki deretan ponsel anyar meski jarang melakukan promosi.

Namun demikian, HP Lenovo terbaru justru laris manis di pasaran ketimbang produk lain, meskipun tidak mengherankan karena produsen ini merupakan pemain lama.

Daftar HP Lenovo Terbaru

Tidak perlu khawatir dalam menentukan pilihan smartphone Lenovo tipe mana yang harus digunakan, karena kebanyakan produk Lenovo hampir memiliki cara penggunaan yang sama.

Namun, tentu kualitas dapur pacu dan fitur masing-masing ponsel berbeda. Berikut ini beberapa daftar ponsel keluaran terbaru Lenovo.

HP Lenovo Menengah ke Bawah

• Lenovo K10 Plus

Ponsel Lenovo K10 Plus menjadi salah satu ponsel yang masuk kategori produk terbaru yang ditawarkan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah.

Ponsel pintar ini dibanderol dengan harga yang relatif murah, namun bukan berarti spesifikasi yang ada di dapur pacu jelek alias abal-abal, bisa dibilang spesifikasinya luar biasa.

Smartphone ini memiliki layar seluas 6,22 inci dan sudah dilengkapi dengan chipset Qualcomm SDM632 Snapdragon 632 (14 nm).

Ponsel ini juga memiliki RAM sebesar 4 GB, ponsel ini juga telah disematkan beberapa buah kamera belakang.

Terdapat tiga buah kamera utama dengan kualitas 13 MP, 8 MP dan 5 MP, sementara untuk kamera depan memiliki 16 MP.

• Lenovo K10 Note

Tidak semua ponsel merek terkenal dengan embel-embel Note dibanderol dengan harga mahal dan tidak terjangkau oleh masyarakat.

Lenovo K10 Note merupakan salah satu smartphone yang dibanderol dengan harga murah, termasuk menjadi salah satu ponsel Lenovo terbaru dijual dengan harga di bawah tiga juta.

Meski terbilang murah, ponsel ini telah dibekali dengan spesifikasi yang terbilang lumayan dengan dua pilihan kapasitas penyimpanan internal, 64 GB dan 128 GB.

Ponsel ini memiliki kamera belakang berjumlah tiga buah, dengan resolusi 16 MP, 8 MP dan 2 MP. Untuk kamera depan, ponsel ini didukung dengan sensor 16 MP.

• Lenovo A6 Note

Jika dilihat dari model yang dimiliki, Lenovo A6 Note bagi kebanyakan orang mungkin tidak termasuk dalam ponsel level entry.

Ponsel ini memiliki desain dengan layar 6.09 inci yang kekinian, kemudian chipset yang disematkan juga terbilang biasa, Mediatek MT6761 Helio P22 (12 nm).

Ponsel ini dibanderol dengan harga terjangkau untuk masyarakat luas.

Terdapat dua pilihan Lenovo A6 Note yang diperjualbelikan di pasaran, yakni ponsel dengan ROM 16 GB dan RAM 2GB, kemudian ROM 32 GB dan RAM 3B.

Meski terbilang biasa, ponsel ini sudah disematkan dua kamera dengan kualitas cukup baik, yakni 13 MP dan 2 MP. Sementara, daya baterai ponsel ini mencapai 4000 mAh.

HP Lenovo Terbaru

• Lenovo Z6

Ponsel ini memiliki luas layar 6,39 inci dan masuk ke dalam kategori smartphone kelas menengah dari Lenovo.

Ketika awal dirilis, ponsel ini dibanderol dengan harga di bawah 4 juta rupiah, spesifikasi yang ditawarkan juga sangat menarik, siapa sangka ponsel dengan harga terjangkau ini sudah disemati Super Amoled.

Lenovo Z6 memiliki tiga buah kamera belakang dengan masing-masing resolusinya 24 MP, 8 MP, dan 5MP.

Sementara itu kamera depan ponsel ini berkualitas 16 MP, chipser ponsel ini Qualcomm SDM730 Snapdragon 730 (8 nm).

Terdapat dua jenis pilihan ponsel, karena tersedia dalam RAM 6 GB dengan ROM 64 dan RAM 128 GB dengan ROM 8 GB.

• Lenovo Z6 Pro

Lenovo Z6 Pro merupakan salah satu ponsel terbaru keluaran Lenovo yang diklaim memiliki performa kencang.

Smartphone ini sudah disematkan chipset Snapdragon 855 pada dapur pacu, didukung RAM berkapasitas besar dan tersedia beberapa pilihan 6 GB, 8 GB dan 12 GB.

Ponsel ini bisa digunakan untuk menjalankan beberapa jenis aplikasi.

Salah satu yang menjadi favorit adalah game, para pengguna smartphone ini bisa memainkan game dengan pengaturan grafis tertinggi.

Ponsel ini memili layar 6,39 inci dengan panel Amoled yang resolusinya full HD+ 1080 X 2340 piksel dan empat lensa kamera berkualitas tinggi. Salah satu lensanya berkualitas 48 MP.

Kemudian satu lensa lain berkualitas ultra-wide 16 MP, dengan kualitas lensa tersebut ponsel ini bisa digunakan memotret gambar dengan jangkauan lebih luas.

Satu lensa telefoto dengan kualitas 8 MP, bisa digunakan untuk memotret gambar jarak dekat tanpa merusak kualitas. Kamera depan ponsel ini memiliki kualitas 32 MP dengan dukungan fitur HDR.

Harga HP Lenovo

Produk beragam yang ditawarkan Lenovo membuat masyarakat bisa memilih tipe ponsel yang sesuai dengan dana yang dimiliki.

Sebagian ponsel dengan kualitas mumpuni tidak dijual mahal dan bahkan dibanderol dengan harga relatif terjangkau, khususnya untuk masyarakat menengah ke bawah.

Rata-rata ponsel yang dijual Lenovo dengan kualitas bagus tidak lebih dari dua juta rupiah.

Tentunya ini menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan Lenovo, menyediakan produk smartphone dengan harga terjangkau tetapi memiliki spesifikasi berkelas.

Masyarakat hanya perlu memilih ponsel yang sesuai dengan kebutuhan.

Daftar HP Oppo di Bawah 2 Juta

Smartphone menjadi salah satu kebutuhan yang tidak dapat terpisahkan bagi semua masyarakat dalam berbagai tingkatan.

Namun, tidak semua ponsel dengan kualitas bagus dibanderol dengan harga yang mahal. HP Oppo di bawah 2 juta menjadi pilihan banyak masyarakat, salah satunya sebagian besar masyarakat Indonesia.

Oppo menjadi salah satu produsen merek yang cukup populer di Indonesia, bahkan berada di peringkat ketiga dari sisi penjualan.

Hal ini dikarenakan, merek ponsel ini banyak menjual ponsel dengan harga yang tercukup terjangkau.

Tidak hanya itu, beberapa ponsel dengan harga murah memiliki spesifikasi yang terbilang memiliki kualitas tinggi.

HP Oppo di Bawah 2 Juta

Meski dibanderol dengan harga yang cukup miring atau termasuk murah di balik kualitas yang dimiliki.

Oppo telah menyematkan beberapa unggulan pada ponsel yang hanya dijual dengan harga dua jutaan, tak lepas dari jargon yang digunakan yakni Potrait Master.

Dengan harga yang termasuk murah, ponsel ini memiliki keunggulan Selfie Expert.

Tak hanya itu, dengan harga dua jutaan banyak masyarakat khususnya para penggemar game Android memakai ponsel ini.

Ponsel dengan harga di bawah dua juta keluaran Oppo tak hanya memiliki keunggulan dalam hal kamera, tetapi juga spesifikasi di dalamnya, khususnya dapur pacu yang sangat memuaskan ketika digunakan untuk bermain game.

Daftar HP Oppo Harga 2 Jutaan

• Oppo F7 Youth (Rp2,1 juta)

Tidak berbeda jauh dengan F7 asli soal kinerja yang dimiliki, Oppo F7 Youth menggunakan chipset MediaTek Helio P60 2Ghz dan kapasitas RAM 4GB.

Hal ini dibuktikan dengan kemampuan multitasking yang bisa digunakan setiap harinya. Seperti bermain game dan mengoperasikan aplikasi lain.

Jika dilihat dalam berbagai sumber, performa ponsel ini tidak jauh berbeda dengan F7, F7 Youth sangat direkomendasikan bagi mereka yang suka bermain game.

Sementara tersempat spesifikasi yang berkualitas, ponsel ini hanya dibanderol dengan harga tidak lebih dari dua setengah juga atau kurang dari tiga juga.

• Oppo F1 Plus (Rp2,8 juta)

Jika banyak orang yang menginginkan sebuah ponsel dengan tampilan berbeda, Oppo F1 Plus memiliki tampilan serba logam.

Total pada keseluruhan desain ponsel ini, sekilas tampak seperti iPhone. Salah satu ponsel keluaran Oppo yang disematkan RAM 4GB, layar yang dipakai menggunaklan Amoled 5.5 inci.

Resolusi ponsel ini Full HD dengan bezel hitam tipis, untuk kamera depan memiliki dibekali kamera dengan resolusi 16MP.

Selain itu, terdapat pula panel IPS LCD yang bisa diletakkan pada F1 Plus, dengan spesifikasi mumpuni, ponsel ini hanya dibanderol dengan harga yang kurang dari tiga juta rupiah.

• Oppo A83

Ponsel berkualitas ini termasuk salah satu yang dirilis pada tahun 2018 yang lalu, tidak seperti dua ponsel di atas.

Oppo A83 dibanderol dengan harga di bawah dua juta, dengan spesifikasi mumpuni ponsel ini masih bisa diandalkan ketika memasuki tahun 2020. Desain Oppo A83 memiliki kemiripan dengan Oppo F5 Youth.

Memiliki layar 5.7 inci namun lebih kecil karena hanya memiliki resolusi 1440 x 720 tetapi sama 282 ppi dan rasio aspek 18:9.

Ponsel ini juga tersemat bezel atas dan bawah, bisa dibilang sangat ramping. Pihak Oppo menyebutnya sebagai tampilan dengan layar penuh.

Daftar Harga HP Oppo 2 Jutaan

• Oppo A5s (Rp1,7 juta)

Ponsel Oppo yang satu ini termasuk keluaran terbaru karena baru saja rilis di tahun 2019.

OPPO A5s menjadi salah satu pesaing yang masuk dalam kelas entry level, salah satu keunggulan ponsel dengan harga dua jutaan ini terdapat pada kapasitas baterai yang dimiliki cukup besar sehingga cocok digunakan bermain game.

Oppo A5s memiliki kapasitas daya baterai yang mencapai 4230 mAh, Anda bisa menggunakan ponsel ini seharian tanpa perlu mengisi daya baterai dalam beberapa kali.

Bisa dibilang awet sekali daya baterai pada ponsel ini, smartphone ini memiliki chipset mediatek helio P35 octa-core, hal ini masih memungkinkan Anda nyaman bermain game.

• Oppo A3s (Rp1,2 juta)

Ponsel Oppo A3s dirilis pada 2018 lalu, namun banyak keunggulan yang dimiliki ponsel ini yang harus menjadi pertimbangan.

Memiliki material komposit seperti kaca, HP sangat terlihat mirip dengan ponsel flagship Oppo keluaran terbaru.

Ponsel ini memiliki lebar ukuran layar 6,2 inci tentunya sangat nyaman digunakan menyaksikan video.

Ponsel ini masih menggunakan notch jenis poni lebar, sementara kamera sudah tersemat AI Beautification.

Hasil dari lensa fitur kamera ini adalah gambar yang diambil lebih tajam dan fokus, AI bahkan diklaim mampu membuat wajah seseorang yang berfoto menggunakan ponsel ini terlihat ganteng dan cantik.

• Oppo A1K (Rp1,5 juta)

Ponsel ini bersaing di kalangan harga kelas menengah, karena keunggulan yang dimiliki OPPO A1K bahkan mampu menyaingi penjualan Oppo A3s.

Namun, kekurangan ponsel ini terdapat pada kamera yang dimiliki, ponsel ini hanya tersemat satu kamera di bagian belakang dengan resolusi 8MP.

Namun demikian, game ini sangat direkomendasikan bagi para pecinta game Android karena dibekali dengan chipset mediatek MT6762 Helio P22.

Tentunya aktivitas bermain game sangat ditunjang dengan kenyamanan yang terjamin.

Layar ponsel ini memiliki kerapatan 282 pixel per inci, hal ini memberikan pengalaman menonton video yang berbeda.

Baca Juga : Cara Flash Hp Oppo

Daftar HP Acer

Pada umumnya Acer lebih dikenal sebagai perusahaan produsen laptop, meski demikian seiring berkembangya teknologi, muncul produk smartphone.

Acer memiliki beberapa macam pilihan smartphone android, beragam produk hp Acer ini tak kalah canggih dan berkualitas dengan produk merek lain yang terkenal di pasaran.

Saking seriusnya memandang pasar smartphone, produsen asal Taiwan ini telah mengeluarkan beberapa produk baru.

Produk-produk baru Acer ini bisa dibilang membuat banyak orang penasaran akan spesifikasi yang disematkan.

Salah satu hal yang membuat produsen ini menjadi salah satu merek yang dipandang di Indonesia.

HP Acer Terbaru

• Acer Liquid Z6 Plus

Acer Liquid Z6 Plus merupakan salah satu produk smartphone canggih milik produsen asal Taiwan ini, memiliki layer seluas 5.5 inci dan telah menggunakan SoC Mediatek MT6753 dengan GPU Mali-T720MP3.

Ponsel canggih terbaru milik Acer ini telah dibelaki RAM berkapasitas 3 GB dan ROM berkapasitas 32 GB.

Ponsel ini dibekali daya baterai mencaoa 4080 mAh, salah satu keunggulan yang dimiliki berada di bagian belakang.

Kamera belakang dengan kualitas 13 MP, menggunakan fitur autofocus LED flash. Sementara untuk kamera depan, dibekali lensa bekualitas 5 MP. Salah satu smartphone andalan Acer ini dibanderol dengan harga tiga jutaan.

• Acer Liquid Z6

Salah satu ponsel unggulan Acer dirilis pada 2016 lalu, memiliki layar dengan lebar 5.0 inci, Acer Liquid Z6 menjadi salah satu idola banyak masyarakat.

Di dalam dapur pacu ponsel ini disematkan SoC Mediatek MBT6737 dengan GPU Mali-T720MP2. Namun, ponsel ini memiliki kekurangan pada bagian RAM dan ROM.

Acer Liquid Z6 hanya dibekali ROM sebesar  8GB dan RAM yang sangat minim, yakni 1 GB. Dengan kapasitas RAM yang terbilang sedikit ini, Anda tidak dapat menampung terlalu banyak aplikasi ke dalam ponsel.

Namun demikian, ponsel ini memiliki keunggulan yakni pada memori eksternal yang bisa mencapai 256 GB.

• Acer Liquid X2

Bisa dikatakan bahwa ponsel ini merupakan salah satu yang terbaik dan terbaru keluaran Acer, smartphone Acer Liquid X2 memiliki layar selebar 5.5 inci.

Telah tersemat SoC Mediatek MT6753 dengan GPU Mali-T720MP4, sementara untuk ROM dan RAM. Ponsel ini dibekali memori internal dengan kapasitas 32 GB dan RA, 3 GB.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan ponsel ini adalah kamera dengan kualitas terbaik. Untuk kamera belakang dan depan memiliki resolusi 13 MP.

Kedua kamera ini sama-sama dibekali fitur autofocus dan LED Flash. Keunggulan lainnya adalah, video yang dihasilkan dengan kualitas 1080p sangat memanjakan mata penggunanya.

• Acer Liquid Jade 2

Jika Anda memiliki hobi berfoto atau bergaya di depan kamera, Acer Liquid Jade 2 menjadi smartphone yang sangat direkomendasikan untuk dipakai.

Ponsel ini dibekali kamera belakang dengan resolusi 21 MP, selain itu pada kamera belakang telah tersemat fitur berupa autofocus dan LED flash. Dengan adanya fitur ini tentu sangat memanjakan mata para pengguna.

Sementara itu ketika Anda ingin bergaya dengan selfie, ponsel ini memiliki kamera depan dengan resolusi 8MP.

Untuk kualitas video yang direkam, ponsel terbaru unggulan Acer ini mampu merekam video dengan kualitas 2160p.

Untuk dapur pacu, sistem operasi ponsel ini sudah dilengkapi dengan SoC Snapdragon 808.

HP Acer Z220

Merupakan produk Acer dengan ukuran mini namun berkualitas mumpuni dan menjadi pesaing banyak produsen smartphone lainnya. Acer Z220.

Ponsel ini diperuntukan bagi Anda yang Anda yang suka dengan ponsel ukuran mini dengan spesifikasi berkualitas.

Ponsel ini memiliki sistem Android Lollipop versi 5.0, menggunakan processor dual core 1.2 GHz.

Sementara kapasitas RAM 1 GB, ponsel ini hanya bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi standar dan ringan.

Namun demikian, kapasitas data penyimpanan pada ponsel ini terbilang sangat besar. Dibekali kamera berukuran 4 inci, tipe layar TFT Capacitive Touchscreen dengan resolusi 480 x 800 p dan tingkat kerapatan 233 ppi.

HP Acer Predator

HP Acer unggulan yang lain adalah Acer Predator, ponsel ini memiliki bodi yang kuat dan kokoh, seusai dengan label predator yang disematkan pada Namanya.

Di bagian belakang ponsel ini terdapat sebuah lekukan elegan beserta logo predator. Memiliki layar IPS LCD dengan ukuran 6 inci beresolusi full HD 1080 X 1920 p.

Prosesor yang disematkan di dapur pacunya adalah MediaTek MT6796 Helio X20 Deca-Core (10 Inti), kemudian GPU Mali-T880 mp4.

Sistem operasi ini mampu memberikan kinerja yang sangat berkualitas, terutama ketika menjalankan multitasking game. Dapat berjalan secara responsive dan tanpa mengalami kendala.

Ponsel ini dibelaki RAM 4GB dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar yakni 32 GB dan masih dapat ditambah dengan menggunakan kartu micro SD hingga 64 GB.

Kamera utama ponsel ini memiliki resolusi 21 MP dengan dukungan LED flash, autofocus, panorama dan lain sebagainya. Sementara untuk kamera depan memiliki resolusi 8MP.

Baca Juga : Hp Lipat

Daftar HP Huawei Terbaru

Menjadi salah satu produsen smartphone asal Tiongkok yang terbilang sukses dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia.

Berbagai produk andalan termasuk HP Huawei terbaru menarik minat masyarakat, tak hanya karena penasaran dengan spesifikasi yang dimiliki.

Namun juga karena harga yang ditawarkan produsen ini terjangkau bagi semua masyarakat.

Nama Huawei memang tidak terlalu familiar alias banyak terdengar di kuping masyarakat Indonesia, namun berbagai produk merek ini sangat disayangkan untuk dilewatkan banyak masyarakat.

Untuk mempermudah masyarakat dalam memilih ponsel Huawei dengan spesifikasi berkualitas tetapi dibanderol dengan harga relatif murah.

Huawei HP

Terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki vendor asal Tiongkok yang sedang banyak peminat ini, keunggulan yang dimiliki bahkan terdapat pada berbagai bagian ponsel.

Mulai dari kamera, desain hingga spesifikasi dapur pacu ponsel ini.

Berikut ini beberapa kelebihan ponsel Huawei yang jarang diketahui banyak orang.

Smartphone keluaran Huawei memiliki satu keunggulan yang tidak dimiliki produk smartphone keluaran merek lain.

Yakni terdapat pada chipset yang digunakan, ponsel ini memakai chipset yang dikembangkan sendiri, berbeda dengan produk smartphone merek lain yang kebanyakan memakai Snapdragon pada umumnya.

Keunggulan Huawei

• Kamera Berkualitas

Huawei smartphone pada umumnya memiliki keunggulan di sector kamera yang dimiliki, merek ini bekerja sama dengan LEICA dalam produksi dan pemasangan kamera dengan lensa berkualitas pada ponsel kelas atas hingga kelas menengah.

Seperti pada seri Huawei P10 hingga ponsel Huawei seri Huawei Mate 20 yang beredar di pasaran.

• Chipset Sendiri

Berbeda dengan ponsel merek lain, vendor ponsel yang satu ini mampu mengembangkan chipset tersendiri, chipset yang dikembangkan vendor ini dinamakan HiSilicon Kirin.

Hal ini juga sekaligus menjawab mengapa kebanyakan ponsel keluaran Huawei menggunakan chipset Kirin.

Namun bukan berarti semua ponsel menggunakan chipset ini.

Terdapat beberapa tipe ponsel Huawei yang menggunakan chipset Snapdragon baik itu Mediatek yang memang dalam jumlah yang tidak banyak.

Salah satu chipset terbaik dari Kirin adlaah GPU Tubo. Fitur ini memungkinkan optimalisasi jika digunakan untuk bermain game. Seperti memberikan kualitas gambar terbaik.

• SuperChange

Kesuksean R&D pada ponsel Huawei dikarenakan adanya teknologi pengisian yang sangat cepat, teknologi ini disebut dengan SuperChange.

Salah satu fitur dengan fungsi memungkinkan ponsel mampu mengisi daya dengan lebih cepat, beberapa pihak bahkan mengklaim teknologi ini lebih cepat ketimbang teknologi VOOC Flash Charge.

Salah satu ponsel Huawei yang memiliki teknologi super ini adalah Huawei Mate 20 Seri, seperti di antaranya Huawei Mate 20 RS, Huawei Mate 20 Pro dan Huawei Mate 20 X.

Dengan menggunakan teknologi ini, ponsel Huawei milik Anda bisa mengisi daya hingga 70 persen hanya dalam waktu 30 menit saja.

Harga HP Huawei Terbaru

• Huawei Mate 30 Pro

Huawei Mate 30 Pro merupakan salah satu ponsel terbaru yang dikeluarkan produsen smartphone asal Tiongkok.

Ponsel ini memiliki tampilan yang elegan, seperti ponsel flagship pada umumnya memakai lebar layar lengkung 6.53 inci ditambah panel OLED dengan kualitas jempolan.

Memiliki RAM 8GB dengan nama Horizon Display perlindungan Corning Gorilla Glass 6 berteknologi HDR10.

HP Huawei terbaru ini memiliki performa yang berkualitas dengan adanya chipset HiSilicon Kirin 990, dengan menggunakan spesifikasi ini Huawei Mate 30 Pro bisa dipakai untuk menyaksikan video hingga bermain game tanpa adanya hambatan atau masalah.

Dengan spesifikasi begitu canggih ponsel ini dibanderol dengan harga mencapai 13 jutaan.

• Huawei Nova 5T

Meski performa yang dimiliki tak sekencang Huawei P30 Pro karena ponsel Huawei Nova 5T hanya menggunakan HiSilicon Kirin 980.

Memiliki layar 6.26 inci, ponsel ini sangat nyaman jika digunakan untuk memainkan game Android.

Huawei P30 Pro punya kamera dengan lensa 48 MP, ultra-wide 16 MP, lensa makro 2 MP dan lensa depth sensor 2 MP.

Terdapat kamera depan atau selfie 32 dengan bentuk yang sangat unik pada bagian depan layar HP, ponsel ini juga disematkan baterai dengan daya 3750 mAh.

Namun demikian, performa terbaik yang dimiliki HP ini tidak mampu untuk mengakses Google.

Di pasaran ponsel ini dijual dengan harga empat jutaan kebanyakan tidak dijual di atas lima juta.

• Huawei P30 Lite

Huawei P30 Liite dibekali layar sebesar 6.15 inci berpanel dengan teknologi IPS LCD.

Layar yang digunakan memiliki kualitas bagus untuk dipandang mata.

Memiliki resolusi video full HD + 1080 X 2312 p dengan kerapatan layar di atas 400 ppi.

Dapur pacu ponsel ini dibekali chipset HiSilicon Kirin 710, RAM sebesar 6 GB dan 128 GB memori internal.

Meski chipset yang dimiliki tergolong menengah, ponsel ini bisa dikatakan memiliki performa yang sangat kencang.

Seperti saat digunakan untuk menjalankan beberapa aplikasi di saat yang sama, sementara untuk kamera ponsel ini dibekali tiga lensa utama dan satu kamera selfie 32 MP.

Di pasaran, ponsel ini dibanderol dengan kisaran harga tiga jutaan.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *